Di zaman sekarang ini kemajuan teknologi sangatlah pesat, salah satunya adalah internet. Saat ini internet sudah menjadi salah satu kebutuhan primer seseorang. Hampir semua kalangan kini membutuhkan internet. Para arang tua mudah mencari hiburan untuk anak balitanya menggunakan internet, guru dan siswa serta mahasiswa membutuhkan internetn untuk mendukung proses belajar mengajar, para pekerja kantoran juga memanfaatkan internet untuk keperluan kerjanya, para pelaku bisnis juga memanfaatkan internet untuk kelancaran bisnis/usahanya.

Banyak sekali manfaat yang diperoleh dari adanya internet. Internet dapat membuka cakrawala manusia yaitu sebagai sarana yang mampu memberitahu manusia tentang berbagai hal yang ada di kota lain, Negara lain, bahkan benua lainnya. Manfaat lain dari internet adalah menambah wawasan dan pengetahuan, komunikasi menjadi lebih cepat, memudahkan belanja melalui internet, dapat menjadi sarana mencari hiburan, menjadikan apapun menjadi lebih mudah sehingga dapat menghemat waktu dan biaya, memudahkan mecari lowongan pekerjaan, melancarkan usaha/bisnis.

Dengan kehadiran internet selain memberikan banyak manfaat, internet juga mempunyai dampak positif dan negatif bagi para penggunanya.

Dampak Positif Internet

Cukup banyak dampak positif yang didapatkan pengguna dari adanya internet, antara lain:

  • Memangkas Jarak dan Waktu.

Dengan adanya internet membuat segalanya jadi lebih mudah dan efisien dalam beraktivitas. Sebagai contoh orang tidak perlu menghabiskan waktu telalu banyak untuk membuka kamus karena dapat mendownload aplikasi kamus dan dapat langsung diakses melalui ponsel. Selain itu, dapat menjalin silahturahmi dengan keluarga, saudara,dan teman yang tepaut jarak  menjadi mudah dengan adanya internet jarak menjadi lebih dekat.

  • Mempererat Hubungan Antar Manusia.

Mudahnya berkomunikasi melalui internet, setiap orang pun lebih mudah menjalin pertemanan. Teman yang saudah lama lost contact pun bias ditemukan kembali melalui internet.

  • Mempermudah Urusan Manusia Dalam Berbagai Hal.

Internet berdampak semakin mudahnya urusan manusai, mulai dari menemukan orang-orang yang memiliki hobi sama di suatu komunitas, mengobrol dengan kerabat dan teman, berdagang pun kini dapat dilakukan melalui internet. Kini juga telah tesedia jasa transportasi online yang memudahkan aktivitas manusia di bidang transportasi.

  • Menambah Lapangan Kerja Baru.

Melalui internet seseoarnag dapat berprofesi apapun yang dapat menghasilkan uang, seperti menjadi blogger, vlogger, desainer sebuah website, admin social media online shop, desainer online dan masih banyak lagi. Setiap orang dapat mempromosikan dirinya sendiri untuk direkrut orang lain melalui internet.

  • Individu Yang Lebih Berkembang.

Internet seakan memaksa mausia untuk lebih berkembang. Keterampilan bias didapatkan melalui berbagai macam tutorial yang ada di internet, bgitu pula dengan pembelajaran hal-hal baru. Orang lebih percaya diri untuk berbagi hal0hal yang terjadi dalam hidupnya, pemikiran atau karya-karya tertentu dengan orang lain.

Dampak Negatif dari Internet.

Internet juga memiliki dampak negatif. Ada beberapa dampak negatif dari adanya internet. Berikut ini merupakan dampak negatif dari internet yang perlu dicegah oleh para pengguna internet, hal-hal tersebut antara lain:

  • Mudah Tersebarnya Informasi Palsu.

Melalui internet informasi palsu atau HOAX yang dibuat oleh orang-orang tertentu disebarluaskan dengan tujuan untuk menakut-nakuti orang lain, menjelek-jelekkan pihak/golongan/organisasi lain dan sebagainya.

  • Mudahnya Peredaran Barang-Barang Terlarang.

Barang-barang terlarang seperti narkoba, obat-obatan terlarang, senjata illegal, dan barang-barang illegal lainnya mudah sekali beredar di internet dan mudah untuk ditemui melalui internet.

  • Mengecilnya Ruang Privasi.

Dengan adanya internet, orang semakin mudah untuk mencari tahu urusan orang lain bahkan ikut campur atau menghakimi orang lain. Hal ini berdampak pada semakin kecilnya ruang privasi yang dimiliki seseorang.

  • Meningkatnya Risikio Pertengkaran Dengan Orang Lain.

Adanya internet seseorang mudah sekali untuk mengutarakan pendapat/pemikiran mereka. Hal ini mudah sekali memicu perselisihan dengan orang-orang yang tidak sependapat sehingga dapat menimbulkan pertengkaran diantara mereka.

  • Dampak Pada Kesehatan Manusia.

Saat menggunakan internet, orang bias lupa waktu dan mengabaikan kesehatan. Cukup banyak penyakit yang ditimbulkan dari kebiasaan buruk ini antara lain mata yang bertambah minusnya karena terlalu lama/terlalu dekat menatap monitor, punggu yang tak lagi tegap, hingga sakit badan karena terlalu lama duduk menghadap monitor.

  • Melemahnya Hak Cipta Akan Suatu Karya.

Semakin mudahnya penyebaran informasi, terkadang hak cipta yang ada pada suatu karya pun diabaikan. Mudahnya sebuah karya dibajak dan disebarluaskan tanpa ada ijin dan hak yang didapat oleh sang kreator.

Pencegagah terhadap dampak negatif dari internet.

Meskipun internet mempunyai dampak negatif, namun dampak negatif dapat dicegah. Berikut merupakan pencegahan terhadap dampak negatif pengguna internet, antara lain:

  • Hindari langsung membagikan info yang kurang jelas kebenarannya.
  • Bersosialisasi dengan cerdas di internet.
  • Berhati-hati dalam membeli sesuatu melalui online/internet.
  • Berhenti mengakses internet di jam tertentu, ganti beberapa jam untuk menggerakkan tubuh, berolahraga, atau berjalan-jalan.
  • Usahakan menikmati sesautu yang bukan dari bajakan.