Pernahkah anda mendengar kasus pencurian data ketika mengakses internet?

Ya, mungkin sebagian orang sudah mendengar kasus tersebut, sehingga anda harus mengamankan data tersebut agar tidak dicuri oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Saat  anda menggunakan jaringan internet, maka identitas komputer (alamat IP) akan terlihat oleh website yang diminta dan bisa disalahgunakan oleh orang lain. Untuk itu, kita bisa menggunakan proxy yang menghubungkan komputer pribadi dengan jaringan internet.

Definisi Proxy

Proxy merupakan sebuah server komputer yang meneruskan permintaan pengguna ke server lain yang ada di internet. Server akan diletakkan diantara aplikasi server dengan aplikasi client. Proxy server berguna untuk menghubungkan dan mengendalikan lalu lintas data yang melewatinya, sehingga aplikasi client atau server (FTP, web server, web server, dll) dikendalikan oleh proxy server.

Fungsi Proxy

Adapun fungsi dari proxy , yaitu:

  1. Sebagai Connection Sharing

Berperan sebagai pembatas antara jaringan lokal dan jaringan luar atau juga dapat diartikan untuk menghubungkan dan berbagi.  Artinya yaitu alamat IP komputer pengguna dapat terhubung dengan alamat IP lainnya, yang juga berbagi data antar kedua alamat IP tersebut.

  1. Sebagai Filtering

Proxy berperan menscan dan memfilter beberapa paket data yang ditransmisikan oleh sebuah jaringan internet. Alamat IP yang tidak diinginkan dapat disaring dan diblokir untuk mencegah terjadinya kerusakan pada komputer. Selain itu, juga membantu meminimalisir serangan virus dan malware yang dapat merugikan.

  1. Sebagai Caching

Dapat digunakan untuk mendeteksi dokumen/obyek yang sering diakses di komputer. Saat kita membuka website maka data yang telah kita buka akan disimpan oleh proxy dalam bentuk cache dan akan mempermudah pengguna dalam menggunakan website tersebut.

Keunggulan Proxy Server

Beberapa keunggulan proxy server, yaitu:

  1. Keamanan jaringan terjaga, karena adanya pembatasan jaringan lokal dan jaringan luar.
  2. Akses terhadap situ-situs sebelumnya menjadi lebih cepat, karena pengaksesan langsung ke direktori cache proxy.
  3. Dapat mengurangi penggunaan bandwidth
  4. Kinerja jaringan internet meningkat dan memblokir web/situs tertentu.
  5. Memiliki fasilitas filtering baik pengguna, content dan waktu akses.

 

Cara Kerja Proxy

Seperti yang sudah kita bahas diatas, peran proxy sebagai penghubung antara komputer dan internet. Cara kerja user menggunakan layanan pada server proxy dan melakukan permintaan data atau file, yang  akan diteruskan ke internet seolah-olah server yang meminta. Kemudian proxy akan memberi respon ke pengguna. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa server proxy mampu menyembunyikan identitas alamat IP pengguna.

 

Diatas merupakan  artikel mengenai Definisi, Fungsi, Keunggulan dan Cara Kerja Proxy Server. Semoga artikel ini dapat menambahkan wawasan  dan pengetahuan baru untuk Anda.

Terima Kasih

0 Shares