WordPress sangat mudah digunakan, sehingga banyak yang menggunakan platform ini. Meskipun sangat mudah untuk digunakan, terkadang pengguna WordPress tetap menemukan permasalahan pada website. Permasalahan yang terjadi bisa anda perbaiki sendiri.

Berikut beberapa error yang terjadi pada WordPress, antara lain:

1. Internal Server Error

Penyebab: Error ini umumnya terjadi karena adanya script website yang hilang atau tidak kompatibel dengan WordPress yang dimiliki anda, kesalahan coding, terserang virus, atau memori PHP terbatas.

Solusinya: Anda periksa apakan terjadi kerusakan pada file .htaccess,  ubah nama filenya, kemudian refresh situs anda. Dapat pula dilakukan dengan cara upgrade hosting ke paket yang menyediakan memori PHP lebih banyak.

2. Connection Timed Out Error

Penyebab: Error ini disebabkan oleh server yang overload atau konfigurasi yang tidak sesuai.

Solusinya: Menonaktifkan sementara  semua plugin yang tersedia. Plugin yang menyimpan statistic atau yang melakukan tracking yang akan menghabiskan resource cukup besar.

3. Syntax Error pada WordPress

Penyebab: Terjadi karena adanya tanda baca yang hilang pada plugin atau tema/script, misalnya tag penutup, tanda petik, dan lainnya.

Solusinya: Periksa line atau baris yang disebutkan untuk mencari tahu bagian tag/script mana yang hilang. Anda dapat memeriksa urutan baris yang error menggunakan text editor seperti Dreamweaver atau Notepad++.

4. White Screen Error (Layar Putih)

Penyebab: Memori yang telah melebihi batas atau ketidaksesuaian tema dan plugin. Biasanya masalah ini muncul sesaat setelah update WordPress versi baru.

Solusinya: Cobalah untuk menonaktifkan tema atau plugin yang bermasalah atau mencoba menaikkan limit PHP WordPress.

5. Error Establishing a Database Connection

Penyebab: Pengaturan koneksi database yang belum benar.

Solusinya: Cek pengaturan wp-config.php dan pastikan isi user database, database name, dan password sudah benar. Apabila semua sudah sesuai, maka pesan tersebut akan hilang dan website anda sudah bisa diakses dengan normal.

6. Tampilan Tata Letak Website Tidak Teratur

Penyebab: pengatur site URL yang salah dan adanya tag HTML atau CSS pada postingan anda yang mengacaukan pengaturan tema default. Atau penyebab lainnya karena anda menulis srtikel di Microsoft word kemudian langsung menyalinnya ke halaman postingan WordPress.

Solusinya: Edit postingan anda, kemudian pindahkan postingan tersebut ke Notepad. Kemudian salin kembali ke halaman postingan anda. Style HTML pada menu post anda akan hilang dan tampilan WordPress kembali seperti sebagaimana mestinya.

7. Hilangnya Menu Dan Tombol pada Text Editor WordPress

Penyebab: Adanya plugin atau script yang konflik dengan script TinyMCE Editor bawaan WordPress.

Solusinya: Coba anda matikan semua plugin terlebih dahulu, lalu mengaktifkan kembali satu per satu untuk memeriksa plugin mana yang bermasalah.

8. WordPress Memory Exhausted Error

Penyebab: Memori yang dibutuhkan oleh plugin dan query pada WordPress lebih besar dari limit memori default yang ditentukan oleh WordPress.

Solusinya: Anda dapat memperbesar limit memori WordPress.

9. Gambar yang tidak tampil pada WordPress

Penyebab: Permission folder penyimpanan gambar yang berubah, URL folder penyimpanan gambar salah, mengaktifkan protect directory di cPanel.

Solusinya: Periksa permission folder wp-content/uploads/images dan pastikan permission foldernya 755. Periksa pengaturan URL images di wp-admin lalu settings dan pastikan URL mengarahkan ke folder yang benar. Periksa fitur Protect Directory di cPanel dan anda pastikan telah mematikannya.