Apa itu Rich Snippet? Apakah anda ingin menambahkan Rich Snippet pada situs WordPress anda? Mengapa anda  harus menggunakannya pada WordPress?

Ya, Rich Snippet dapat diartikan sebagai potongan pada beberapa baris teks yang muncul dibawah setiap daftar hasil pencarian mesin pencari SERP (search engine), sesuai dengan keyword yang ditulis user/pengunjung pada kolom search pencarian.

Dengan menerapkan Rich Snippet pada WordPress, akan memungkinkan anda untuk memiliki daftar pencarian kustom di konten khusus, seperti informasi produk, peristiwa, resep waktu memasak, informasi artikel dan lain lain. Selain itu, situs ini juga memberikan pemilik situs untuk berkomunikasi dengan mesin pencari.

Data terstruktur akan memungkinkan mesin pencari untuk melihat berbagai jenis konten pada situs yang anda miliki, dan adanya Rich Snippet untuk menampilkan informasi tambahan dalam hasil pencarian. Oleh karena itu,  domain website dan daftar artikel anda akan lebih terlihat dalam pencarian dan juga membantu dalam membangun otoritas pada niche.

Cara Menambahkan Rich Snippet di WordPress Menggunakan Plugin

Mengelola sistem ini secara manual akan menjadi hal sulit bagi pemilik situs berpengalaman. Tetapi, beberapa plugin WordPress akan menjadikannya menjadi sangat mudah dalam menambahkan Rich Snippet di WordPress.

Langkah pertama yang perlu anda lakukan yaitu dengan menginstall dan mengaktifkan plug in All In One Schema .org Rich Snippet. Kemudian klik pada menu ikon Rich Snippet di sidebar.

Cara membuat Rich Snippet dengan klik pada bagian yang sesuai dengan jenis konten pada bidang yang tersedia, ketika pengguna menulis artikel atau postingan kustom. Sekarang anda dapat memposting artikel baru atau mengedit yang sudah ada. Pada bagian bawah post editor, anda akan melihat kotak meta baru berlabel Configure Rich Snippet dan anda akan melihat menu drop down dengan memilih jenis konten yang dikerjakan.

Langkah kedua, dengan memilih tipe konten. Anda dapat memilih jenis konten artikel dan berupa nama artikel, penulis, deskripsi singkat dan gambar artikel.

Kemudian, anda dapat mengubahnya ke acara, resep atau jenis konten yang akan anda buat dan diisi. Anda dapat menambahkan beberapa kolom yang diperlukan oleh google untuk menampilkan Rich Snippet. Simpan postingan anda untuk menyimpan data Rich Snippet.

Memasang Rich Snippet Secara Manual di WordPress

Adapun cara memasang Rich Snippet yaitu secara manual. Data markup dapat ditulis dalam tiga kosa kata yaitu microdata, RDFa, dan JSON-LD. Anda dapat menggunakan salah satu diantara ketiga tersebut pada situs anda. Tetapi, kebanyakan pemula menggunakan RDF agar lebih mudah memahami.

Tiap jenis konten terdapat beberapa karakter khusus yang perlu didefinisikan. Schema.org merupakan organisasi yang membantu mengelola standar pada jenis konten yang berbeda.  Anda akan menemukan dokumentasi yang lengkap dan contoh-contoh pada tipe konten pada situs web mereka.

Anda juga harus menggunakan Text Editor agar dapat menulis dengan markup yang diperlukan. Anda juga perlu mengarah pada sumber daya data terstruktur pada Pengembang Google untuk memahami sifat-sifat yang diperlukan pada tiap konten.

Menguji Rich Snippet

Untuk mengujinya, anda hanya perlu mengunjungi Alat Pengujian Struktur Data Google dengan memasukkan URL posting situs anda. Klik pada tombol Fetch dan Validate untuk meninjau markup anda.

Format Penulisan Rich Snippet

Penulisan Rich Snippet bisa menggunakan Microdata, Microformat atau RDFa. Tujuannya yaitu agar bisa dibaca dan ditampilkan oleh Google, Yahoo dan Bing dan biasanya protokol standar yang digunakan pembacaan struktur data web (HTML) adalah schema.org.

Cara membuat Rich Snippet di WordPress didalamnya terdapat scope ‘Review’ yang dapat anda ganti sesuai relevansi isi konten. Seperti people, products, businesses and organization, recipes events, music yang termasuk markup/penandaan pada konten video.

Pemasangan Rich Snippet akan memberi nilai lebih pada internet marketing. Hal ini dikarenakan pemberian warna beda pada tampilan hasil pencarian di SERP.

Meskipun anda sudah memasang Rich Snippet, kekuatan posisi artikel di SERP tetap tergantung pada SEO On Page Artikel itu sendiri.

Diatas merupakan  artikel mengenai Langkah Membuat Rich Snippet pada WordPress. Semoga artikel ini dapat menambahkan wawasan  dan pengetahuan baru untuk Anda.

Terima Kasih

 

 

 

 

0 Shares