Python? Ular? Bukan kok bukan ular. Tapi mengapa namanya harus Python ya? Apa itu sebenarnya bahsa Python?

Python adalah salah satu bahasa pemrogaman komputer. Bahasa Python adalah bahasa pemrogaman tingakt tinggi yang dirancang oleh Guido van Rossum. Bahasa ini tergolong mudah dipelajari karena memiliki struktur sintaknya rapi dan mudah dipahami, serta dapat dijalankan di beberapa platform maupun melakui interpreter.

Menurut Wikipedia, Python adalah bahasa pemrogaman interpretatif multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Bahasa Python diklaim sebagai bahasa yang menggabungkan kapabilitas, kemampuan, dengan sintaksis kode yang sangat jelas dan dilengkapi dengan fungsionalitas pustaka standar yang besar serta komprehensif.

Python didukung dengan multi paradigm pemrograman utamanya, namun tidak dibatasi pada pemroggraman berorientasi objek, pemrograman imperatif dan pemrograman fungsional.

Salah satu fitur yang tersedia pada Python adlaah sebagai bahasa pemrograman dinamis yan dilengkapi dngan manajemen memori otomatis.

Python banyak digunakan untuk berbagai program seperti program CLI, GUI (desktop), Aplikasi mobile, Web, IoT, Game, Program untuk hacking dll.

Python memiliki dukungan komunitas yang aktif sehingga para developer dapat dengan mudah untuk bertanya jika ada masalah yan sedang dihadapi. Python juga memiliki banyak framework dan library dapat diunduh secara gratis.

Sama halnya bahasa pemrograman lain pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kelebihan Bahasa Python

  1. Mudah dipelajari

Sama dengan kalimat sebelumnya, bahasa Python lebih mudah dipelajari karena memiliki sintaks yang rapi  dan mudah dimengerti. Bahasa ini sangat dinamis dan dibangun berdasarkan tingkat keterbacaan kode yang tinggi.

  1. Fleksibel

Program yang dibuat dengan bahasa Python dapat dijalankan disemua sistem operasi dan perangkat seluler. Kode Python berintegrasi dengan aplikasi yang ditulis dengan bahasa lain seperti kode C/C++, dan .NET Framework.

  1. Mudah Diaplikasikan

Mudah karena bersifat fleksibel. Semakin keterbacaan yang tinggi dan mudah dipahami, bahasa ini memiliki lirabry yang sangat luas dan beragam perlengkapan dan fungsionalitas, sehingga kemudahan membangun program.

  1. Dukungan IoT

Bahasa ini mendukung ekositem Internet of Things (IoT) dengan baik. IoT adalah teknologi yang menghubungkan benda-benda disekitar kita ke dalam sebuah jaringan saling terhubung.

Python sangat populer karena banyak sistem IoT yang menggunakan bahasa ini. Terdapat berbagai macam board yang digunakan menjalankan sistem IoT sebagai basisnya termasuk Raspberry pi.

Kekurangan Bahasa Python

  1. Penugasan terdapat diluar dari jangkauan Python

Bahasa Python merupakan bahasa pemrograman yang dinamis sehingga tidak secepat atau efisien seperti stastis, tidak serupa bahasa pemrogaraman kompilasi serupa bahasa C.

  1. Python merupakan interpreter

Python adalah interpreter bukan perangkat bantu terbaik untuk pengantar komponen performa kritis.

  1. Bukan bahasa pemrograman dasar

Pythoin tidak dapat digunakan sebagai dasar bahasa pemrograman implementasi untuk beberapa komponen, namun masih bisa bekerja dengan baik disebagaian depan skrip bertampilan untuk mereka.

  1. Efisiensi dan fleksibilitas tradeoff by

Memberikan fleksibilitas tradeoff by denngan tidak memberikan secara luas. Python menyiapkan bahasa pemrograman optimasi untuk kegunaan bersama dengan perangkat bantu yang dibutuhkan untuk diintegrasikan dengan bahasa pemrogaman lain.

 

Diatas adalah artikel mengenai kelebihan serta kekurangan bahasa Python. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda dan menambah wawasan mengenai pengetahuan baru yaitu bahasa pemrograman Python.

 

Terimakasih

 

Semoga bermanfaat 😀

0 Shares