Saat kita menggunakan internet, pasti kita akan menemui beberapa istilah yang asing yang belum paham artinya seperti Protokol Jaringan. Lalu apa itu Protokol Jaringan?

Protokol Jaringan adalah suatu aturan yang telah di set untuk bisa mengatur sebuah komunikasi online yang terdiri dari beberapa komputer yang terdapat pada suatu jaringan. Protokol Jaringan merupakan media yang digunakan untuk menghubungkan pengirim dan penerima dalam berkomunikasi serta dalam bertukar informasi agar dapat berjalan dengan baik dan akurat.

Fungsi Protokol Pada jaringan

Secara umum Protokol Jaringan adalah menghubungkan pengirim dan penerima dalam berekomunikasi serta dalam bertukar informasi agar dapat berjalan dengan baik dan akurat. Fungsi Protokol Jaringan adalah sebagai berikut;

  • Encapsulation

Berfungsi sebagai pelengkap informasi yang akan dikirimkan dengan address, kode-kode koreksi, dan lainnya. Paket data ini dinamakan Frame. Ada tiga kategori kontrol dalam enkapsulasi data,yaitu:

  1. Alamat berisi pengirim dan/atau penerima.
  2. Kode pendeteksi kesalahan.
  3. kontrol protocol, informasi tambahan untuk menerapkan fungsi-fungsi protokol.
  • Connection control

Berfungsi untuk membangun hubungan komunikasi dari transmitter ke receiver termasuk dalam pengiriman data dan mengakhiri hubungan. Akan terjadi tiga phase saat koneksi terjadi, yaitu penetapan koneksi, perpindahan data, penghentian koneksi. Selama koneksi terjadi, connection control dapat menyala dan membetulkan koneksi pertahap untuk menangani kesalahan yang mungkin terejadi.

  • Flow control

Berfungsi untuk mengatur perjalanan data dari transmitter ke receiver dilakukan dengan menerima kesatuan untuk membatasi jumlah atau tingkat data yang dikirim. Beberapa protokol yang harus menerapkan flow control, yaitu kontrol lalu lintas jaringan, penyedia gap atau spasi atau spacer, flood network detection atau pendeteksian banjir data di jaringan.

  • Error control

Fungsi error control adalah mengontrol terjadinya kesalahan yang terjadi pada waktu data dikirimkan. Error control dapat dilakukan diberbagai lapisan protocol di dalam jaringan. Adapun alur pendeteksiankesalahan adalah sebagai berikut:

  1. Pengirim memasukkan/menyisipkan error-detecting kode di dalam PDU.
  2. Penerima memeriksa kode pada PDU yang dating.
  3. Jika diketahui ada kesalahan, paket langsung dibuang.
  4. Jika pemancar tidak mendapatkan pengakuan dalam waktu yang layak, maka protokol penerima mengirimkan sinyal retransmit.
  • Fragmentasi dan reassembly

Fragmentasi adalah membagi informasi yang dikirim menjadi beberapa paket data. Proses ini terjadi di sisi pengirim informasi. Sedangkan reassembly adalah proses yang menggabungkan lagi paket-paket tersebut menjadi satu paket lengkap. Proses ini terjadi di sisi penerima informasi. Penggunaan fragmentasi dan reassembly bisa menyebabkan jalannya kontrol kesalahan yang lebih efisien karena apabila ada kesalahan pengiriman ulang akan lebih kecil. Selain itu pembagian jaringan lebih adil karena mencegah adanya channel yang memonopoli media transmisi.

  • Transmission

Berfungsi memberikan pelayanan komunikasi data yang berkaitan dengan prioritas dan keamanan serta perlindungan data.

Jenis-jenis Protokol Jaringan

  • Ethernet

Ethernet merupakan jenis protokol yang paling banyak digunakan. Ethernet menggunakan suatu metode aksesnya yang sering dikenal dengan istilah CSMA/CD (carrier sense multiple acces /collision detection). Kedua sistem ini merupakan suatu system yang digunakan untuk menunggu suatu instruksi yang di transmisikan melalui sebuah kabel sebelum melakukan pengiriman pesan yang akan ditujukan melalui jaringan tersebut.

  • Local talk

Sebuah protokol yang dikembangkan oleh perusahaan apple computer yang ditujukan untuk sebuah computer machintoas. Metode yang digunakan pada tipe ini adalah jenis CSMA/CA (carrier sense multiple acces/collision avoidance). Cara kerjanya hamper sama dengan apa yang ditujukan oleh tipe CSMA/CD terkecuali ketika komputer akan memberikan suatu sinyal sebelum melakukan pengiriman data.

  • Token ring

Metode akses yang digunakan token ring adalah dengan cara menggunakan pengiriman suatu informasi yang memang berada didalam satu lingkaran tersebut. Pada dasarnya didalam sebuah tipe token ring, beberapa perangkat komputer akan dihubungkan untuk memancing sebuah sinyal agar bisa masuk pada jalur online jaringan tersebut.

  • FDDI (fiber distributed data interface)

Jaringan protokol ini digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dengan tipe area lokal yang meliputi wilayah dengan jarak yang jauh, metode yang digunakan pada jenis protokol ini adalah dengan melibatkan kinerja sebuah token, jenis protokol ini juga hanya menggunakan topologi dengan jenis ring kembar. Suatu pengiriman yang biasa terjadi dari suatu token.

  • TCP/IP (transmission control protocol/internet protocol)

TCP/IP merupakan sebuah standar komunikasi data yang dimana biasa digunakan oleh komunitas internet untuk melakukan proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam suatu jaringan Internet. TCP/IP mengimplementasikan arsitektur yang terdiri dari empat lapis, yaitu: protokol lapisan aplikasi, protokol lapisan antar-host, protokol lapisan internetwork, protokol lapisan antarmuka jaringan.

  • UDP (user datagram protocol)

Merupakan sautu protokol lapisan transport TCP/IP yang mendukung sebuah komunikasi tidak andal (unreliable) tanpa koneksi antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP

  • Domain nama system (DNS)

Merupakan sebuah distribute database system yang digunakan untuk melakukan penvarian suatu identitas computer (name resolution) di dalam sebuah jaringan yang menggunakan TCP/IP.

  • Serial line internet protocol (SLIP)

Merupakan protocol yang memungkinkan pemindahan data suatu alamat IP melalui saluran telepon. Sistam ini memerlukan computer server sebagai tempat penampungan, dan secara berlahan akan diganti oleh standar PPP yang memiliki kecepatan proses yang cukup tinggi.

  • Internet control message protocol (ICMP)

Pada umumnya digunakan oleh sistem operasi komputer jaringan untuk mengirim sebuah pesan kesalahan pada jaringan yang digunakan.

  • HTTP (hypertext transfer protocol)

Merupakan suatu protokol yang digunakan oleh WWW(World Wide Web) sebagai suatu identitas utama dalam jaringan internet yang sering digunakan untuk mengakses sebuah situs/website.

  • HTTPS (hypertext transfer protocol secure)

HTTPS merupakan versi aman dari HTTP yang dijadikan sebuah protocol komunikasi dari WWW.

  • SMTP (simple mail transfer protocol)

Merupakan protokol yang sering digunakan untuk pengiriman surat elektronik atau email dai dalam jaringan internet.

  • POP3 (post office protocol version 3)

Merupakan protokol yang biasa digunakan untuk mengambil email dari email server.

  • IMAP (internet message access protocol)

Merupakan suatu protocol standar yang digunakan untuk mengakses/mengambil email dari server.

  • FTP (file transfer protocol)

Merupakan sebuah protokol yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah jaringan interlokal (internetwork).