HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
software

GUI: Cara Mudah Berinteraksi dengan Teknologi

GUI merupakan antarmuka untuk berinteraksi dengan komputer, website, aplikasi, atau perangkat lain. Semula, interaksi hanya dapat dilakukan melalui CLI (Command Line Interface), yang mengharuskan pengguna memasukkan perintah teks yang rumit. Tetapi, GUI mengubah metode ini dan menyederhanakannya dengan menampilkan elemen visual yang dijalankan dengan klik.

Di era digital saat ini, desain menjadi elemen penting untuk menunjang pengalaman pengguna. Menurut Linearity, 94% kesan pertama pengguna berkaitan erat dengan desain. Oleh karena itu, pengguna GUI kini selalu menjadi dasar pilihan antarmuka pengguna situs web dan aplikasi.

Artikel ini akan menjelaskan secara detail apa itu GUI, cara kerjanya, kelebihan dan kekurangannya, serta menyertakan beberapa contoh. Yuk, simak pembahasannya sampai selesai!

Pengertian GUI

GUI, kependekan dari Graphical User Interface, adalah antarmuka berbasis grafis yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan perangkat lunak, perangkat keras, atau sistem melalui elemen visual. Elemen-elemen ini biasanya berbentuk ikon, jendela, tombol, menu, dll, yang dapat dikontrol menggunakan alat input seperti mouse dan keyboard.

GUI pertama kali dirilis pada tahun 1981. Xerox merilis antarmuka pengguna grafis ini sebagai bagian dari proyek Xerox Star, yang menandai transisi dari antarmuka pengguna berbasis teks ke antarmuka pengguna grafis. Saat itu, antarmuka Xerox Star dihadirkan dengan gambar, tombol, dan warna yang mudah dipahami oleh kebanyakan orang. Tiga tahun kemudian, Apple memperkenalkan sistem operasi GUI pertama pada Macintosh. Tidak hanya itu, Microsoft juga memperkenalkan antarmuka pengguna grafis pertama dengan Windows 1.0 pada tahun 1985. Kedua sistem operasi populer ini memiliki antarmuka inovatif, termasuk penggunaan ikon untuk mewakili folder, file, tombol, dan aplikasi.

Cara Kerja GUI

GUI menggunakan jendela, ikon, menu, atau elemen visual lainnya untuk menunjukkan bagaimana perintah dijalankan. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat tindakan menggunakan perangkat input seperti keyboard, kursor mouse, atau touchscreen. Contohnya, pengguna dapat membuka dokumen dengan menunjuk dan mengkliknya.

Selain itu, GUI adalah program yang menafsirkan dan menjalankan perintah di belakang layar. Contoh sederhana untuk memahaminya adalah mengklik sekali atau dua kali pada ikon yang mewakili folder atau aplikasi. Satu klik menyebabkan sistem memilih atau menyorot ikon tersebut, dan klik dua kali akan membuka folder atau aplikasi tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan GUI

Selaku antarmuka yang intuitif, GUI kini telah menggantikan CLI sebagai standar untuk desain perangkat lunak dan perangkat keras. Namun, seperti teknologi lainnya, GUI memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dikaji. Berikut ini kelebihan dan kekurangan GUI:

kelebihan dan kekurangan GUI

Contoh GUI

Seperti yang disebutkan di atas, GUI adalah antarmuka standar yang kini dibangun di hampir semua sistem operasi dan aplikasi interaktif, termasuk Linux, Unix, dan Windows. Berikut penjelasannya :

1. Linux

Linux merupakan sistem operasi yang membantu berbagai jenis antarmuka grafis. Meski sistem operasi ini terkenal dengan antarmuka pengguna berbasis teks, Linux juga mempunyai lingkungan desktop GUI yang intuitif seperti GNOME, KDE Plasma, dan Cinnamon. Semua lingkungan desktop memiliki ikon, menu, dan jendela yang memudahkan pengguna berinteraksi dengan aplikasi dan mengelola sistem mereka tanpa harus menggunakan perintah teks yang rumit.

2. Unix

Seperti halnya Linux, Unix pada awalnya dikembangkan sebagai sistem operasi dengan antarmuka berbasis teks.
Namun sistem operasi ini juga menyajikan antarmuka GUI yang mempermudah navigasi pengguna. Contohnya adalah Common Desktop Environment (CDE), yaitu lingkungan desktop yang menggunakan ikon, menu, tombol, dan jendela untuk menampilkan elemen visual standar.

3. Windows

Contoh GUI terakhir yaitu Windows, sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia. Windows memberikan pengalaman yang konsisten dan ramah pengguna melalui fungsionalitas berbasis GUI. Sebut saja seperti taskbar, menu Start, jendela aplikasi yang dapat disesuaikan, dll.

Kesimpulan

Graphical User Interface atau GUI merupakan antarmuka pengguna grafis intuitif yang membantu pengguna berinteraksi dengan perangkat lunak atau perangkat keras melalui elemen visual seperti ikon, tombol, dan jendela.
Dibandingkan CLI, GUI sangat nyaman karena memungkinkan pengguna untuk menavigasi dan mencari file dan dokumen, serta mengakses fungsi dan fungsionalitas dengan mudah dan cepat.

Nah, itulah beberapa hal penjelasan terkait GIU. Jika Anda tertarik, silakan kunjungi blog Hosteko untuk menemukan artikel informatif lainnya. Semoga membantu, ya!

5/5 - (1 vote)
Rinta Noviana

Recent Posts

Kulik Bersama Penjelasan Proforma Invoice Hingga Perbedaan Dengan Invoice

Sekarang Anda telah memilih barang yang ingin Anda beli, Anda harus segera menyelesaikan pembayaran Anda.…

33 mins ago

Mengenal Big Data: Karakteristik dan Tantangan dalam Penggunaan

Di era digital, big data menjadi konsep yang sering dibicarakan. Big data merupakan salah satu…

1 hour ago

Cek Plugin WordPress Ini Cari Tahu Apa Yang Anda Butuhkan

Masih dengan plugin WordPress terbaik, yuk simak selangkapnya di artikel berikut ini. 1. LiteSpeed Cache…

2 hours ago

Membuat Website Multisite Yang Berbasis WordPress

Pernahkah Anda membutuhkan website dengan 1 dashboard utama dan 1 domain yang terhubung ke beberapa…

1 day ago

Ini Dia Aturan Dan Cara Menjalankan PHP

Penulisan dan Aturan PHP Seperti bahasa pemrograman pada umumnya, PHP memiliki aturan penulisan yang spesifik.…

1 day ago

Client-Server: Mahami Manfaat dan Cara Kerjanya

Client-server merupakan arsitektur jaringan komputer yang membagi tugas atau layanan antara penyedia layanan (server) dan…

2 days ago