Bahasa C adalah salah satu pemrograman yang cukup populer di kalangan developer. Menurut Wikipedia bahasa pemrogaman C adalah salah satu bahasa pemrograman komputer. Dibuat pada tahun 1972 oleh Dannies Ritchie untuk sistem operasi Unix di Bell Telephone Laboratories.

Bahasa C tidak hanya digunakan untuk memprogram sistem dan jaringan komputer, namun juga untuk mengembangkan software aplikasi. Bahasa C banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitekstur komputer, bahkan terdapat beberapa komplier yang sangat populer telah tersedia. C secara luar biasa dapat mempengaruhi bahasa lainnya seperti C++ yang merupakan extensi dari C.

Keunggulan Bahasa C

  1. C Sebagai Bahasa Pemrogaman Prosedural

Program prosedural adalah sebuah metode pemrograman yang setiap baris perintah diproses secara berurutan dari baris paling atas hingga baris paling bawah. Selain itu juga terdapat fungsi tambahan yang digunakan unutk menyelesaikan berbagai tugas.

Selain konsep prosedural juga ada konsep pemrograman objek, yaitu setiap tugas yang dijalankan menggunakan class dan object. Contoh bahasa pemrograman objek adalah Java.

Jika Anda adalah seorang pemula akan lebih baik jika  mempelajari konsep prosedural terlebih dahulu sebelum ke konsep pemrograman objek, jadi sebelum belajar bahasa C Anda harus belajar terlebih dahulu bahasa Java.

Contoh bahasa pemrograman yang mendukung konsep prosedural dan objek adalah C++, PHP, dan Phyton.

 

  1. C adalah Bahasa Portabael

Yaitu bahasa dapat di compile ulang agar berjalan di berbagai sistem operasi tanpa perlu mengubah kode-kode yang ada.

Aplikasi yang dibuat di Windows dengan bahasa C dapat dipindahkan ke Linux dengan sedikit atau tanpa melakukan modifikasi.

 

  1. C merupakan Pokok dari Bahasa Pemrograman Modern

Bahasa C ini sangat memberikan inspirasi bahasa pemrograman lain seperti C++, C#, Objective C, PHP , Java, JavaScript dan lain sebagainya. Jadi jika Anda belajar bahasa C terlebih dahulu akan memudahkan Anda mempelajari bahasa lainnya karena merupakan turunan dari bahasa C.

 

  1. Bahasa C Sangat Cepat dan Efisien

Aplikasi yang dibut dengan bahasa C dapat dieksekusi dengan cepat dan memiliki ukuran yang kecil. Hak tersebut yang membuat C dapat langsung dikomunikasikan dengan hardware, sebuah fitur yang jarang tersedia di bahasa pemrogaman modern seperti Java, PHP dan Phyton.

  1. Bahasa C Hampir Tersedia di Semua Jenis Komputer

Komputer yang dimaskud adalah komputer mikro, makro dan mini. Hal ini menjadi kelebihan karena bahsa ini menjadi bahasa yang awam digunakan dan proses mempelajarinya pun menjadi lebih mudah bagi sebagian pemrogram yang pemula.

 

  1. Banyak Struktur

Bahasa ini dilengkapi dengan banyak sekali struktrur data dan pengendaliaan proses. Struktur tersebut mampu dengan mudah dipelajari dan diketahui kesalahan dari program. Sehingga akan memudahkan dalam dokumentasi sebuah program.

 

  1. Bahasa C Lebih Mudah Dipahami

Bahasa C memiliki orientasi pada masalah bukan pada mesin, sehingga jika terdapat kesalahan akan lebih cepat menyelesaikannya.

  1. Bersifat Manipulatif

Bahasa  C memiliki kemampuan unutk memanipulsai data dari bentuk bit ke bite atau sebuah alamat dari data atau pointer yang ada.

  1. Bahasa C Menyediakan Sedikit Kata Kunci

Bahasa C standar ASNI hanya menyediakan sebanyak 32 kata kunci, Turbo 39 kata kunci, C++ 48 kata kunci. Semakin sedikit kata kunci yang digunakan oleh suatu bahasa maka semakin mudah bagi pemakai unutk mempelajadi dan menggunakan bahasa tersebut,

 

  1. Proses Executable Program Bahasa C Lebih Cepat

Bahasa C memiliki sedikit kata kunci, jadi hasil kompilasi program ini relatif cepat prosesnya di bandingkan dengan hasil dari bahasa lain. Sehingga aplikasi yang dibuat dengan bahasa C menjadi lebih efisien dan kompetitif.

 

Kekurangan Bahasa C

  1. Bagi pemula yang baru belajar pada umumnya akan mengalami kesulitan saat menggunakan pointer.

  2. Banyak operator serta fleksibilitas penulisan program yang kadang dapat membingungkan pemakai.

 

Demikian artikel yang membahas mengenai kelebihan dan kekurangan bahasa C. semoga dapat menambah kan pengetahuan untuk Anda.

 

Terimakasih

 

Semoga bermanfaat 😀