SSD (Solid State Driver) merupakan media penyimpanan data yang menggunakan nonvolatile memory sebagai media, serta tidak mengunakan disk magnetis seperti media penyimpanan konvensional lainnya. SSD dalam penggunaanya sebagai media penyimpanan pengganti HDD (Harddisk Konvensional).

Perbedaan SSD dan HDD

SSD sebenarnya sama dengan HDD yaitu sama-sama sebagai media penyimpanan, yang membedakan adalah komponen didalamnya. Komponen dalam HDD masih menggunakan media disc (piringan) yang bekerja dengan cara berputar, sehingga kemungkinan menimbulkan bunyi. Sedangkan untuk SSD didalamnya terdiri dari sekumpulan memori yang dipasang pada sebuah board, kurang lebih seperti RAM.

Lalu apa sih kelebihan dari SSD itu sendiri?

Kelebihan SSD

  1. Mempercepat Booting: booting dengan SSD lebih cepat hingga hanya memakan 30-70% waktu booting dengan hardisk.
  2. Pencarian file lebih cepat: pencarian file di komputer akan lebih cepat dengan SD meki tanpa indexing.
  3. Transfer data menjadi lebih cepat: saat meng-copy file atau transfer file dengan SSD hanya membutuhkan waktu 50% dari harddisk.
  4. Perawatan lebih cepat: maintenance dengan SSD menjadi lebih mudah karena tidak memerlukan waktu lama dalam proses scanning virus, cleaning dan lainnya.
  5. Hemat listrik: SSD hanya membutuhkan 10% daya ari hard disk
  6. Multitasking yang bagus: dengan SSD multitasking tidak akan membuat komputer anda lag.

      7. Edit video lebih cepat: dengan SSD edit video hanya membutuhkan waktu 50% dari hard disk.

      8. Dingin dan ringan: SSD dingin karena tidak ada mekanik yang bekerja, serta ringan karena bobt SSD hanya 50% dari bobot hard disk yang berukuran sama.

      9. Memotong kerja CPU: dengan SSD file terload lebih cepat sehingga prosesor tidak menunggu lama dan membuat bottleneck, sehingga CPU lebih dingin dan hemat daya.

    10. Tidak bersuara: menggunakan SSD hampir tidak ada suaranya, karena komponen didalamnya hanya berisi sekumpulan memori.

     11. Tahan terhadap gunjangan: SSD yang tida ada gerakan/mekanikal didalamnya menjadikan SSD lebih tahan guncangan dan aman untuk dibawa-bawa.

Kekurangan SSD

Disisi lain SSD yang memiliki banyak kelebihan, SSD juga mempunyai beberapa kekurang, yaitu:

  • Harga SSD lebih mahal dibandingkan dengan HDD konvensional.
  • Umur SSD lebih pendek dibandingkan HDD dalam hal penggunaan yang sama, karena siklus read and write SSD lebih pendek.