Diartikel dua artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang perbedaan serta kelebihan dan kekurangan antara WordPress .com dengan .org. Anda pasti sudah tahu mengenai hal tersebut. Jadi berdasarkan hal tersebut mana yang lebih baik diantara kedua WordPress tersebut? Mari kita bahas bersama tentang mana yang lebih baik diantara mereka.

Bagi Anda yang memiliki website sendiri pasti sudah tahu bahwa platform tersebut adalah gratis. Hanya saja pada pengguanaanya terbatas. Jika ingin mendapatkan yang lebih maka harus melakukan investasi sedikit. Kan Anda ingin mendapatkan penghasilan dari sini. Namun semua itu kembali pada kebutuhan masing-masing.

Jika Anda seorang blogger yang terikat dengan masalah finance untuk website Anda maka WordPress.com adalah pilihan terbaik. Karena Anda diberikan kemudahaan akses dan server premium kelas dunia sehingga dalam menjelajah dunia blogging lebih nyaman. Biarpun begitu Anda hanya diberi disk sebesar 3 GB saja. Jadi bisa disebut hanya untuk sekedar iseng saja. Selain itu juga dengan menggunakan .com banyak batasan dan tidak dapat menghasilkan uang dari website Anda. Menggunkan WordPress.com bagus buat Anda yang sedang belajar mengenal blog, yang tidak suka berbelit-belit dan ingin membuat blog yang sederhana saja.

Jika menggunakan.com dalam membeli costum domain seharga $17 pertahun dan costum domain $30 pertahun serta untuk menghilangkan iklan bawaan dari WordPress.com harus membayar seharga $30 pertahun. Sudah membayar seperti itu pun Anda belum memiliki control penuh untuk website Anda sendiri.

Namun, bagi Anda yang ingin menjadi blogger yang profesional tidak akan memperdulikan dengan masalah pada uang untuk website Anda karena sebagai bahan untuk investasi atau bagi Anda yang ingin membuat situs komersil. Maka WordPress.org adalah pilihan yang tepat.  Mengapa? Karena dengan WordPress.org Anda dapat memasang iklan, affiliate marketing untuk menjual produk dan membangun sebuah brand, atau bahkan Anda dapat menginginkan kebebasan dalam berkostumisasi sesuai dengan tipe website yang diinginkan.

Jika menggunakan .org yang perlu dilakukan adalah membeli domain dan hosting yang akan memeberikan keuntungan bagi Anda yaitu jauh lebih besar dari WordPress. Hal lainya adalah Anda harus suka mengutak-atik kode seperti HTML, PHP, JavaScript, CSS dan lain sebagainya.

Kesimpulan yang dapat diambil dari artikel diatas adalah bergantung dengan kebutuhan masing-masing.

Namun, bagi kalian yang ingin terlihat professional lebih baik menggunakan .org. Bahkan banyak yang bilang jika menggunakan WordPress.org itu lebih ribet dari .com. Tapi semua tergantung dengan pribadi masing-masing.

 

Semoga bermanfaat 😀