Apakah Anda tahu dengan WordPress.com dan WordPress.org? Mungkin Anda lebih akrab dengan WordPress saja. Tahukah Anda jika WordPress.com dan WordPress.org  itu berbeda? Bukankah itu platform yang sama? Iya betul itu adalah platform yang sama hanya saja ada perbedaan diantara keduanya. Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan dunia ini mungkin sudah mengenal dan paham akan kedua hal terseut. Namun bagi Anda yang masih baru  akan menganggap jika kedua itu adalah hal yang sama.

Memangnya apa bedanya .com dengan .org? Simplenya untuk .com adalah penyedia CMS instan sedangkan .org adalah penyedia CMS yang harus diinstall. Keduanya sama-sama gratis.

Mari kita bahas dalam artikel ini mengenai WordPress.com dengan WordPress.org. Apa kelebihan dan kekurangan nya serta lebih bagus mana antara WordPress.com dengan WordPress.org sehingga Anda tahu mana yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.

WordPress.com

Kelebihan WordPress.com

Kelebihan dari WordPress.com yaitu memiliki paket gratis dengan space sebanyak 3GB. Nah, buat Anda yang mengininkan space  yang lebih banyak dapat, Anda dapat mengupgrade rencana sesuai dengan kebutuhan Anda. Mengupdate dan update  semua sudah ditanggung oleh WordPress.com. Jadi Anda lebih di permudah menggunakan .com.

Kekurangan WordPress.com

Dibagian kelebihan .com memberikan kemudahan yaitu paket gratis dan space. Namun begitu .com juga memiliki batasan yaitu Anda tidak dapat menginstall  plugins Anda sendiri terkecuali Anda memilih Plan Business. Menggunakan plan Business  dapat mempermudah dalam pemilihan kostumisasi.

Jika menggunakan .com pengunjung website Anda dapt melihat Ads dan Anda tidak akan mendapat kan penghasilan dari situ. Lagi Anda juga tidak bisa memasang Ads menggunakan Google Ads atau menggunakan software lainya.

WordPress memiliki progema advertising sendiri dengan nama WordAds. WordAds hanya bisa digunakan jika Anda menggunakan paket berbayar dari WordPress, selain itu Anda juga harus berbagi hasil dengan WordPress.

Hal penting yang perlu Anda tahu yaitu pastikan website Anda tidak menyalahi aturan yang di tentukan oleh WordPress, karena jika menyalahi sedikit Anda dianggap melakukan pelanggaran dan mereka akan dapat menghapus website Anda kapan saja.

Bagi Anda yang menginginkan membuat website professional, Anda tidak disarankan menggunakan WordPress.com dengan paket gratis. Karena URL Anda akan diikuti dan memiliki akhiran wordpress.com. Jika Anda memiliki plan inin membuka e-commerce atau yang membutuhkan membership, Anda juga tidak bisa menggunakan WordPress.com dengan versi gratis.

WordPress.org

Apa itu WordPress.org? Merupakan sebuah platform dengan CMS yang bersifat open source dan 100% gratis untuk digunakan. Jika Anda ingin menggunakan .org hal pertama yang harus dimiliki adalah Anda membutuhkan domain dan hosting. Karena itu WordPress.org sering disebut dengan self-hosted WordPress.

Kelebihan WordPress.org

Karena disebut self-hosted WordPress maka Anda memiliki kendali penuh pada website Anda. Berarti Anda dapat melakukan apa saja secara bebas seperti mengelola dan mengatur tampilan website, yaitu dimaulai dari themes sampai plugins. Berbeda dengan .com pada .org ini WordPress tidak dapat mengahapus website Anda begitu saja.

Menghasilkan uang dari WordPress melalui itu bisa terutama menggunakan .org yang berbeda dengan .com yang tidak dapat menghasilkan uang. Cara mendapatkan penghasilan melalui WordPress.org yaitu dengan advertising sesuka Anda di website Anda tanpa harus berbagi dengan WordPress. Anda juga dapat menggunakan tools Google Analytics untuk melihat perkembangan website yang Anda kelola.

Jika ingin membuat e-commerce dapat memanfaatkan WordPress untuk membuak toko onling untuk menjual produk. Terlebih lagi Anda dapat bebas memasang payment gateway yang ingin Anda gunakan. Tentunya Anda dapat membuat website yang bersifat membership dan membangun komunitas online melalui website Anda sendiri.

Kekurangan WordPress.org

WordPress.org ini dikontrol penuh oleh Anda sendiri berarti Anda memiliki tanggung jawab untuk mngurus backup website sendiri. Namun, tidak perlu cemaas karena akan ada banyak plugin WordPress yang tersedia.

Sama halnya dengan website yang ada diluar sana Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk hosting yang dapat ditemukan diluar sana. Kekurangan lainnya adalah jika biaya hosting akan meningkat sejalan degan semakin berkembangnya website yang Anda kelola .

Nah, Anda tidak perlu khawatir untuk menemukan hosting murah di Indonesia seperti di Hosteko.com.  Disini kami menyediakan paket-paket hosting serta domain dan lainnya dengan harga yang terjangkau untuk kebutuhan hosting Anda.