HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Manfaat Adanya User Story Untuk Pengembangan Aplikasi Yang Lebih Baik

Apabila kalian ingin mengembangkan aplikasi seluler atau web,maka User Story akan membantu kalian menemukan kesamaan dengan tim pengembang,terutama jika kalian tidak memiliki keterampilan pemrograman dan tidak tahu bahasa teknisnya.

Singkatnya,User Story :

  • menghilangkan jembatan antara bisnis dan tim teknis.
  • bantuan dengan pemahaman produk.
  • melibatkan pengguna aplikasi dalam pemodelan proses.

Di artikel kali ini kita akan menjelaskan apa itu User story,bagaimana membangunnya dengan benar dan alasan mengapa harus mengetahuinya jika ingin mengembangkan aplikasi seluler atau web.Kita akan menjelaskan kepada kalian mengapa menggunakan user story sangat efisien dan berharga pada sudut pandang bisnis/usaha.

Pengertian Dari User Story

User story merupakan deskripsi fungsionalitas aplikasi dan harus dapat dipahami oleh semua orang yang terlibat dalam proses pengembangan produk baik untuk pengembang maupun anggota tim non teknis.Biasanya User Story terdiri dari ringkasan dan deskripsi.

Pada artikel ini,kita fokus pada ringkasan karena ini adalah bagian penting dari User Story yang sebagian besar diremehkan dan sulit untuk dirumuskan.

Daftar Atribut User Story Yang Baik

User Story yang baik dapat dijelaskan melalui 6 atribut ( INVESTASI oleh Bill Wake ) :

  • Independen : Berarti kita harus menghindari ketergantungan antara kisah pengguna sebanyak mungkin,lebih baik membuat story yang lebih besar daripada cerita dengan dependensi,yang dapat menyebabkan masalah pada estimasi dan prioritas.
  • Bisa dinegosiasikan : Cerita bukanlah deskripsi fungsionalitas yang tetap dan mereka harus berisi dalam deskripsi mereka hanya informasi singkat tentang spesifikasi dasar.Jika informasi lebih lanjut diperlukan,tim pengembangan harus memulai diskusi dengan pemilik produk.
  • Berharga : Cerita harus dihargai oleh pengguna perangkat lunak atau pemilik produk (klien).Berkat arahan ini,pemilik produk dengan mudah menangani penentuan prioritas dan penjadwalan.
  • Dapat diperkirakan : Dalam banyak kasus,kisah pengguna tidak dapat diperkirakan jika terlalu besar,tidak dijelaskan dengan baik atau pengembang tidak memiliki cukup pengetahuan untuk melakukannya.Dalam semua kasus ini,tim harus menyelesaikan masalah dan mencoba membuat cerita siap untuk diperkirakan.
  • Kecil : Ukuran Kisah Pengguna yang tepat didasarkan pada tim,pengetahuannya, teknologi yang digunakan dan jenis proyek.
  • Diuji : Cerita harus didefinisikan sebagai bagian diuji dari suatu sistem, jika sebuah cerita memiliki kelayakan dan lulus saat diuji serta dapat meningkatkan pengalaman pengguna,itu membuktikan bahwa mereka telah telah  berhasil dikembangkan.

Untuk mencapai semua titik-titik itu,seluruh tim harus bekerja sama dan membahas setiap user story pada pertemuan rapat selama pengembangan.Berkat pendekatan ini,ruang lingkup proyek akan jelas untuk semua orang yang pasti akan memiliki sebuah impact pada kualitas proses pembangunan.

Template Kisah Pengguna

Dapat menggunakan pola bermanfaat yang kita ajukan pada pembahasan kali ini :
Pengguna memberikan akses ke perpustakaan foto untuk membuat album baru

Dapat membagi User Story menjadi 3 elemen :

  • Siapa
  •  Apa
  • Mengapa /Untuk apa /Dari mana

Siapa aktornya,bagaimana dia berinteraksi dengan komponen sistem dan mengapa atau di mana interaksi itu terjadi.Menggunakan pola ini dan mengingat ketiga elemen ini memungkinkan untuk menulis cerita yang sederhana dan mudah dipahami setiap saat dan biasanya untuk setiap kasus.

User Story Instagram // Contoh pertama :

Manakah dari dua opsi ini yang lebih baik :

Data pribadi pengguna dapat diedit oleh pengguna  atau  Pengguna mengedit profilnya untuk memperbarui data pribadinya

Cerita pertama cukup bagus.Namun,apakah kita tahu Mengapa / Untuk apa / Dari mana tindakan pengeditan data harus tersedia di Instagram ? Ingat bahwa,terkadang hal itu jelas bagi seorang penulis ,meski kita tidak dapat memastikan bahwa seseorang yang akan mengerjakannya akan memahaminya.

Jadi,mari lihat mengapa,dalam versi ini ketika pengguna mengedit profil untuk memperbarui data pribadinya,itu lebih baik.Kalian tahu siapa yang (menggunakan) yakni melakukan,apa (suntingan profilnya) dan mengapa (untuk memperbarui data pribadinya).

User Story Instagram // Contoh kedua

Mulai dengan cerita di mana Aplikasi harus memungkinkan pengguna menambahkan cerita.Apakah kalian melihat bagian mana dari pola User Story yang baik yang hilang di sini ?

Bagaimana seharusnya versi yang benar terlihat ? Mari bandingkan dengan contoh saat pengguna menambahkan cerita ke profilnya dari tab profil untuk ditampilkan kepada teman-temannya.

Tabel itu menunjukkan bagian mana yang hilang dalam user story pertama.Tanpa Siapa dan Mengapa/Untuk apa/Dari mana,tindakan sama sekali tidak dapat dipahami.

Berdasarkan dua perbandingan diatas,dapat kalian pelajari cara mengenali pola yang baik,yang akan membantu tim membuat produk yang sesuai dengan harapan Pemilik Produk.

Jadi,ingat untuk memeriksa apakah kisah pengguna menjelaskan siapa,Apa dan Mengapa/Untuk apa/Dari mana membuat tindakan dalam aplikasi dan kalian akan dapat membuat cerita jelas bagi seluruh tim.

Keuntungan Dari User Story Untuk Bisnis

Mike Cohn menulis tentang 8 keuntungan dari User Story dalam bukunya,yang dengan sempurna menunjukkan mengapa mereka berharga untuk bisnis :

  • User Story merupakan komunikasi verbal : alih-alih menulis deskripsi atau dokumentasi yang sangat mendetail untuk setiap persyaratan, Pemilik Produk harus menghubungi tim pengembangan.Formulit kisah pengguna memaksa kedua belah pihak untuk berkomunikasi dan membuat umpan balik yang singkat.Hanya dengan cara ini kalian akan mendapatkan apa yang diinginkan,dalam kasus sebaliknya,ini mungkin hanya merupakan interpretasi pengembang dari dokumen tertulis.
  • User Story dapat dipahami oleh semua orang : berlawanan dengan persyaratan teknis terperinci,Kisah Pengguna yang baik jelas bagi pengembang dan pebisnis, yang membantu dalam mengimplementasikan perangkat lunak yang tepat .
  • User Story adalah ukuran yang tepat untuk perencanaan : perencanaan rilis, prakiraan risiko, dan prioritas adalah proses yang jelas ketika persyaratan memiliki ukuran yang tepat dan tidak terlalu erat digabungkan dengan bagian lain dari perangkat lunak, baik untuk pengembang maupun klien.
  • User Story berfungsi untuk pengembangan berulang : tidak perlu melengkapi daftar kisahpPengguna di awal proyek.Tim dapat memulai dengan beberapa di antaranya dan menambahkan yang baru selama proses pengembangan melalui rapat Refinement berikutnya. Keunggulan ini terutama mendukung produk yang kurang dikenal di awal dan akan sering berubah selama pengembangan.
  • User Story mendorong penundaan detail : cerita dapat ditulis selama keseluruhan proyek,sehingga kalian,sebagai Pemilik Produk,dapat menambahkan epik yang lebih besar kapan pun kalian mau dan kemudian bekerja sama dengan pengembang,kalian dapat dengan mudah mendeskripsikan atau membaginya nanti.
  • User Story mendukung desain oportunistik : perangkat lunak harus dikembangkan secara oportunistik,karena sebagian besar waktu produk  berubah selama proses implementasi dan tidak mampu mengingat banyak detail dan memprediksi semua kemungkinan masalah atau ketergantungan.
  • User Story mendorong desain partisipatif : Kisah Pengguna membantu melibatkan pengguna nyata dalam proses dan memungkinkan kalian bereaksi dengan cepat terhadap kebutuhan atau harapan mereka.
  • User Story membangun pengetahuan diam-diam : Pengetahuan dibangun di dalam tim,bukan hanya pemilik produk.

Pengalaman menunjukkan kepada kita bahwa bagian penting dari proses pengembangan aplikasi seluler yakni pemahaman yang baik tentang kebutuhan pelanggan dan nilai-nilai nyata yang berdiri di balik ide yang harus diterapkan.Ini hanya mungkin jika pengembang dan pemilik produk menggunakan metode yang sama untuk menjelaskan fungsionalitas perangkat lunak dan seperti yang ditulis di atas,User story membuat ini terjadi.

User Story Merupakan sesuatu yang sifatnya universal dan digunakan pada semua jenis proyek,termasuk proses pengembangan aplikasi seluler dan web.Jika dipersiapkan dengan benar,mereka dapat membantu tim dan pemilik produk.Inilah saatnya untuk menguji pengetahuan baru kai dalam kehidupan nyata.

Nah itulah pembahasan tentang User Story semoga dapat bermanfaat untuk kalian 🙂

4/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

18 hours ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

20 hours ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

2 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

2 days ago

Yuk Cari Tahu! Cara Memasang Widget di WordPress

Apakah kamu pengguna WordPress? Apakah kamu ingin menambahkan kalender atau kode HTML ke website? Jika…

3 days ago

Apa Saja yang Harus Dipejalari Untuk Menjadi Seorang IT Support?

Saat ini, karir apa pun yang berhubungan dengan IT menjadi semakin populer. Tak heran jika…

3 days ago