HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Memahami Tentang Freeware Serta Contohnya

Istilah kata software tentu sudah menjadi hal yang tidak asing lagi di telinga kita,apalagi para pebisnis atau pengguna yang  menggeluti dunia komputerisasi.Di artikel kali ini kita akan membahas tentang freeware,meliputi pengertian,fungsi dan kelebihan, serta contoh – contoh freeware yang sering kita jumpai.Langsung saja kita bahas satu per satu.

Apa Itu Freeware ?

Adalah perangkat lunak yang biasanya milik perorangan dan dilindungi hak cipta,yang didistribusikan ke pengguna akhir secara cuma-cuma dan tidak memungut bayaran apa pun.Walaupun bisa dikatakan gratis dan bisa didownload oleh siapa saja, freeware tetap saja tidak boleh dimodifikasi secara bebas.Artinya walau bebas didownload dan digunakan oleh siapapun,harus tetap mengikuti privacy dari pembuatnya.

Perkembangan Freeware

Kata Freeware muncul 1982 oleh Andrew Fluegelman yang ingin menjual PC Talk,aplikasi komunikasi buatannya, di luar kanal distribusi komersial.Andrew Fluegelman mendistribusikannya melalui metode yang kelak dikenal dengan nama shareware.Pada 1980 dan 1990 kata freeware sering juga digunakan untuk perangkat lunak yang didistribusikan tanpa kode sumber.

Fungsi Freeware

Berikut ini fungsi Freeware  :

  • Pengguna boleh menggunakan tanpa biaya.
  • Kemudahan pengguna,sebab freeware memfasilitasi pengguna dengan perangkat lunak gratis.

Kelebihan Freeware

Banyak software dijual dengan harga tinggi,maka keberadaan software bajakan dan crack menjadi hal biasa ditemui di internet,tentu tidak dibenarkan meski banyak kalangan menengah mengeluhkan mahalnya tarif yang ditetapkan para developer software.Ini menjadi fungsi dan kelebihan dari aplikasi freeware,karena kehadirannya bisa mengurangi ketergantungan aplikasi bajakan dan diperoleh secara gratis.Jika ada freeware tidak berbayar lalu mengapa harus memilih software berbayar dengan fitur dan kualitas yang tidak jauh berbeda.

Dalam penggunaan dapat juga menjadi kelebihan lain freeware.Selain tidak memerlukan biaya kita juga bisa mendapatkan versi asli dari freeware langsung dari website pembuatnya.Kita tidak perlu mencari crack atau serial number yang biasanya seringkali dilakukan untuk menyelesaikan instalasi software bajakan.

Bersifat gratis bukan berarti menurunkan standard atau kualitas pada aplikasi berjenis freeware.Karena beberapa aplikasi itu juga ada yang  menjadi pilihan utama,contoh : adalah software bernama Opera yang sudah menjadi salah satu dari 3 besar peramban internet paling dinikmati.

Salah satu saingan Opera yakni Google Chrome juga termasuk freeware,satu ini pasti hampir semua orang sudah mengenal dan pernah menggunakannya. Terdapat juga jenis freeware yang memiliki fungsi untuk mengiklankan produk atau informasi lain,biasa disebut dengan adware(software gratis dengan iklan).

Contoh Freeware

Sebenarnya sebagian aplikasi yang kita gunakan adalah freeware,berikut beberapa contoh freeware :

  •  Notepad

Merupakan editor teks sederhana untuk Microsoft Windows dan program pengeditan teks dasar yang memungkinkan pengguna komputer membuat dokumen

  • Notepad ++

Merupakan sebuah penyunting teks dan penyunting kode sumber yang berjalan di sistem operasi Windows. Notepad++ menggunakan komponen Scintilla untuk dapat menampilkan dan menyuntingan teks dan berkas kode sumber berbagai bahasa pemrograman. Notepad++ didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas.

  • Ccleaner

Merupakan sebuah fasilitas perangkat gratis yang digunakan untuk mengoptimalkan komputer dan membersihkan registry-nya.Salah satu fitur penting pada program ini adalah tersedia perkakas untuk membersihkan cache yang ditinggalkan oleh program peramban saat berselancar di internet.

  • Adobe Flash Player

Merupakan perangkat lunak untuk melihat multimedia,Rich Internet Applications dan streaming video dan audio, pada komputer web browser atau pada perangkat mobile didukung.

  •  Skype

Merupakan sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P.Program ini merupakan program bebas dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia.

  • Smadav

Merupakan perangkat lunak antivirus yang ditujukan untuk mengatasi varian virus komputer lokal maupun internasional yang menyebar di Indonesia. Antivirus ini memiliki versi gratis dan berbayar setelah sebelumnya sempat berupa perangkat lunak derma.

  • Chrome

Merupakan peramban web lintas platform yang dikembangkan oleh Google.Peramban ini pertama kali dirilis pada tahun 2008 untuk Microsoft Windows,kemudian diporting ke Linux, macOS, iOS dan Android yang menjadikannya sebagai peramban bawaan dalam sistem operasi.

  • Avira

Merupakan software berjenis freeware untuk proteksi komputer dari serangan virus, atau antivirus untuk komputer.Software freeware berikut juga menjadi salah satu yang terbaik dikelasnya.Sesuai dengan namanya,Avira Free Antivirus adalah software penangkal virus untuk komputer anda.Meski tergolong software lama dan bersifat gratis namun kehandalan software satu ini tidak perlu diragukan.

  • Opera

Merupakan Freeware yang mana adalah peramban web dan paket perangkat lunak Internet antar platform.Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti peramban web,serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik.Sebagai peramban internetberstatus free atau gratis Opera  memiliki berbagai macam keunggulan,bisa dari segi kecepatan maupun keamanannya.

  • GOM Player

GOM Player ( Gretech Online Movie Player ) merupakan perangkat lunak yang dapat melihat atau mendengarkan berkas file video dan suara yang dapat diberikan efek khusus.GOM Player memiliki fitur yang memberikan efek equalizer pada suara yang akan dihasilkan,efek equalizer pada suara yang disediakan perangkat lunak ini antara lain Rock,Reggae,Party,Classical, Club,Dance, Full,Bass, dan sebagainya.
  • Foxit Reader

Merupakan alat pembaca, pencari, dan pencetak dokumen PDF multilingual.Perangkat lunak ini memungkinkan pengguna untuk mendesain form PDF yang interaktif,memasukkan gambar, menambah jaringan, menambahkan keterangan pada PDF, mengirim PDF, dan lain sebagainya.Foxit Reader hadir dengan menawarkan fungsi agar pengguna bisa membaca dokumen dengan ekstensi .pdf, .ppdf, fdf, xfdf, dan xdp.Penggunaan Foxit Reader gratis karena tergolong software freeware dan Foxit Reader mampu bersaing dengan aplikasi seperti Adobe Reader.

  • Youtube Downloader

Menyediakan software freeware sebagai penunjang bagi pengguna yang ingin mendownload berbagai macam video yang disediakan oleh Youtube itu sendiri. Karena dibuat oleh Youtube software satu ini memang lebih diutamakan untuk mengunduh dari situs Youtube,namun hal ini tidak menjadi masalah karena memang situs Youtube menjadi yang terdepan dalam hal penyedia video di internet.

  • Vivaldi

Merupakan peramban web yang dikembangkan oleh Vivaldi Technologies, sebuah perusahaan yang didirikan oleh pendiri dan mantan CEO Opera Software Jon Stephenson von Tetzchner, dan Tatsuki Tomita.Vivaldi adalah aplikasi web browser, dimana fungsinya untuk mencari informasi di Internet, yang memiliki lisensi freeware.
  • TagScanner

Merupakan software yang digunakan untuk melakukan rename secara massal file musik kalian yang masih kacau, juga bisa digunakan untuk memperbaiki tag atau mencari tag dengan dukungan beberapa situs terkemuka seperti FreeDB dan Amazon.

  • WinAmp

Merupakan sebuah freeware gratis yang mempunyai fungsi dasar memutar musik dan video. Namun dengan plug-in yang tepat kita bisa mengubah player musik WinAmp menjadi program multiguna untuk bertukar musik di Internet,meng copy CD, mengoperasikan TV, dan pekerjaan lainnya.

  • Photoscape

Merupakan perangkat lunak editor citra yang dikembangkan oleh MOOII Tech, Korea. Konsep dasar PhotoScape adalah “mudah dan menyenangkan”,sehingga memungkinkan pengguna untuk mengedit foto yang diambil dari kamera digital atau kamera ponsel.

  • org Writer

Merupakan salah satu komponen dalam openoffice.org yang berfungsi untuk mengedit dokumen,adapun dokumen format yang digunakan adalah .doc .odt .rtf dan bisa export ke .pdf dengan sekali klik.

  • Irfanview

Merupakan dasar sebagai penampil gambar,seperti halnya Windows Photo Viewer, aplikasi bawaan Microsoft Windows, IrfanView juga memiliki fitur tambahan seperti fitur pengolahan gambar dasar :memutar, memotong, mengubah ukuran, mengkonversi, menyisipkan teks ke gambar, hingga pemberian efek tertentu dari banyak variasi format file gambar,fitur penangkap tampilan layar (capture atau screenshot), dan fitur untuk melakukan scan gambar.

sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

1 day ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago