Apa Itu Domain Authority?

Dalam bahasa Indonesia Domain Authority disebut otoritas domain yang mempunyai pengertian ukuran kekuatan sebuah nama domain dan merupakan salah satu dari banyak factor penilaian dari peringkat mesin pencarian.

Domain Authority (DA) didasarkan pada tiga factor, yaitu:

  1. Umur Domain

Keberadaan domain yang semakin lama dan semakin aktif kegiatannya, maka semakin tinggi pula nilai dari domain tersebut. Hal ini menunjukkan konsistensi dari pengguna untuk mengelola domainnya. Google akan menganggap website atau domain tersebut layak dinilai tinggi dan penilaian ini juga bisa memengaruhi peringkatnya di halaman hasil pencarian.

  1. Popularitas Domain

Popularitas sebuah situs dapat dilihat dari jumlah link yang masuk melalui situs-situs berkualitas. Hal ini disebut Inbound Link yaitu pemberian rekomendasi terhadap situs (backlink), dapat dilakukan dengan cara ikut berkomentar pada situs atau blog lain atau aktif mempromosikan domain dalam forum terkait. Ini merupakan cara untuk meningkatkan jumlah pengunjung website.

  1. Ukuran Domain

Ukuran domain dilihat dari banyaknya jumlah konten yang anda publikasikan di website anda. Semakin banyak jumlah konten atau posting-nya maka semakin besar pula ukuran domain anda. Namun perlu diketahui bahwa konten yang diposting haruslah konten yang berkualitas.

Cara Meningkatkan Domain Authority

  1. Membuat Konten Berkualitas

Konten yang dibuat  harus cukup berkualitas. Setidaknya bisa menjawab pertanyaan dari pengunjung serta memberikan solusi yang tepat. Konten berkualitas setidaknya berisi tentang hal-hal bersifat informatif, sesuai fakta, unik, lengkap, dan berbeda dibanding yang lain. Konten yang memuat semua itu bisa diyakini sebagai salah satu contoh konten berkualitas.

Selain itu, konten yang berkualitas juga memuat berbagai jenis multimedia. Anda bisa menampilkan gambar pendukung maupun video untuk membantu pembaca anda lebih memahami dan memvisualisasikan topik yang sedang dibahas.

  1. Mempromosikan Konten

Anda dapat mempromosikan konten melalui berbagai saluran yang tersedia. Dapat melalui media sosial, periklanan berbayar, forum, email database, dan lainnya. Mempromosikan konten berkualitas secara tepat diyakini dapat meningkatkan domain authority, selain itu tentunya situs juga akan mendapatkan lonjakan trafik cukup besar.

  1. Strategi Melalui Sosial Media

Saat ini hampir semua bisnis memiliki sosial media yang tujuannya sebagai pusat informasi atau sebagai media berbagi. Sosial media dapat menjadi penolong utama anda dalam meningkatkan Domain Authority situs anda. Bahkan sosial media disebut-sebut berpengaruh besar terhadap brand maupun situs yang dimiliki. Hal ini dikarena rata-rata pengguna internet banyak berinteraksi dengan teman-teman mereka di media sosialnya, di mana mereka akan lebih mudah menerima apa yang anda bagikan karena mereka telah mengenal anda dan ingin berinteraksi dengan anda hampir setiap saat.

  1. Membangun Internal Link

Internal link adalah tautan atau link yang mengarahkan dari suatu halaman ke halaman lain di website yang sama. Fungsinya adalah untuk menarik pengunjung agar bisa membaca konten yang lain di website kita. Strategi internal link yang berhasil akan memberikan dampak positif terhadap ranking dan trafik website anda menjadi meningkat, dan diharapkan dapat membuat domain authority menjadi lebih baik.

  1. Memperbanyak Backlink

Backlink dinilai memberikan dampak yang signifikan terhadap domain authority. Namun untuk mendapatkan backlink berkualitas tentu juga tidak mudah, ada berbagai cara yang harus dilakukan seperti menjadi blogger tamu, menulis konten berkualitas, dan masih banyak lainnya. Meski terbilang sulit tapi backlink memang besar memberikan pengaruh terhadap domain authority.

  1. Melakukan Branding

Anda perlu melakukan branding dikarenakan pengunjung akan mengaitkan situs anda dan citra yang anda bangun untuk menimbang kredibilitas anda, seberapa terpercayanya anda atau brand anda bagi mereka. Hal ini dapat mempengaruhi domain authority anda. Strategi Branding yang tepat dapat menolong Anda memperluas target pasar dan hal ini tentunya dapat meningkatkan jumlah rate and share Anda.

  1. Membangun Relasi

Membangun serta mempertahankan relasi yang baik dengan perusahaan atau pengelola situs lainnya menjadi hal yang teramat penting, karena membangun relasi membuat pihak lain tidak ragu jika ingin menautkan link yang terdapat di dalam situs anda shingga secara tidak langsung itu akan meningkatkan jumlah backlink.

  1. Bersihkan Link Mati Dan Link Negative Secara Rutin

Mungkin hal ini bukan perkara muda jika dilakukan secara rutin untuk membersihkan llink mati, terindikasi spam, dan yang berakibat buruk bagi situs. Namun rutin membersihkan link maati dan link negative akan berpengaruh besar pada domain authority sebuah situs.

  1. Memperkuat SEO On Page

Memperkuat SEO on page diyakini dapat meningkatkan domain authority situs kita. Banyak macam teknik SEO on page yang dapat diterapkan dalam situs. Cara yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan SEO On Page, antara lain:

  • Membuat url anda menjadi singkat
  • Kaitkan keyword anda pada url
  • Gunakan lsi keyword ( LSI Keyword merupakan keyword yang saling terkait)
  • Membuat konten yang panjang
  • Gunakan heading tag
  • Optimalkan title tag anda untuk click-through rate
  • Gunakan eksternal link
  • Gunakan internal link
  • Memaksimalkan kecepatan loading laman anda
  • Gunakan berbagai macam konten multimedia
0 Shares