Penggunaan komputer memberikan keuntungan yang besar di era modern ini. Hal ini dikarenakan semakin banyak orang yang menggunakan komputer untuk berbagai kebutuhan. Untuk itu, anda harus memahami fungsi CMD.

Apa itu CMD?

Command Prompt (CMD) atau DOS prompt merupakan sebuah perintah DOS yang penyampainnya dalam bentuk text. Pada awalnya CMD atau DOS prompt  digunakan pada sistem operasi, tetapi setelah dos mulai banyak ditinggalkan, sehingga saat ini dos di integrasikan oleh microsoft pada Windows dan lebih dikenal dengan nama MS-DOS atau Command Prompt. Dengan menggunakan CMD, anda dapat mengakses komputer seperti anda mengaksesnya melalui windows explorer. Tetapi, CMD memiliki fungsi lain yang lebih signifikan.

Disatu sisi CMD digunakan sebagai sarana untuk melakukan peretasan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Mereka  menggunakan kode CMD untuk melakukan peretasan terhadap komputer anda, sehingga anda harus berhati-hati. Cara yang dapat anda lakukan yaitu dengan menginstall antivirus original dan mengaktifkan windows firewakk agar komputer tidak mudah untuk digunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Fungsi CMD

1. Memeriksa jaringan internet

Istilah lain dari memeriksa jaringan internet yaitu PING. Dengan menggunakan ini anda dapat melihat respon dari sebuah situs pada komputer anda. Anda dapat melakukannya dengan mengetikkan ping kemudian ikuti alamat dari sebuah situs, seperti “ping google.com”. Melalui ini, secara otomatis akan terlihat speed dari koneksi yang dibagi bersama situs tersebut. Selain itu, anda juga dapat menggunakan alamat IP sebagai pengganti nama situs.

2. Memeriksa status aktivasi Windows

Anda juga dapat memeriksa status aktivasi windows melalui CMD. Caranya yaitu dengan masuk ke aplikasi command promp dan ketikkan kata SLMGR / DLV dan secara otomatis akan muncul jendela baru yang berisikan informasi windows yang digunakan dan status aktivasi dari windows tersebut.

3. Memeriksa Kondisi Hardisk

Untuk memeriksa kondisi hardisk anda dapat melakukannya dengan masuk terlebih dahulu ke dalam Commant Promt dan ketikkan kata CHKDSK. Jika anda menggunakan os Vista atau XP, pada layar akan muncul blank hitam dan persentase progres pengecekan hardisk oleh CMD. Tunggu sampai proses selesai.

4. Mengetahui Histori WIFI yang pernah terhubung

CMD juga dapat digunakan untuk melihat histori wifi yang pernah terhubung ke jaringan komputer anda. Caranya yaitu dengan membuka CMD. Klik Start, Accessories, selanjutnya klik kanan pada Command Prompt, Open As Administrator. Setelah CMD terbuka, kemudian ketikkan “NETSH WLAN SHOW PROFILES” tanpa tanda kutip. Nantinya akan keluar daftar nama dari beberapa jaringan wifi yang pernah terhubung ke komputer anda.

 

0 Shares