HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
internet

Mengenal Gangguan-Gangguan Pada Internet

Saat kita menggunakan internet tidak selamanya akan berjalan lancer, ada kalanya akan menemui masalah atau gangguan saat kita mengakses internet. Gangguan-gangguan pada internet antara lain:

  • Snooping

Yaitu penahanan informasi oleh pihak yang tidak berwenang. Dapat pula diartikan bahwa terdapat suatu entitas yang tidak memiliki otoritas ikut mendengar atau membaca komunikasi system informasi yang bersifat rahasia. Snooping merupakan salah satu contoh serangan pasif dimana penyerang tidak terlibat langsung dalam komunikasi antara voter dan CTF namun menyadap pertukaran pesan mereka. Tujuan penyerang adalah untuk mendapatkan informasi yang dapat digunakan oleh kriptanalis. Snooping dapat diatasi dengan menggunakan layanan keamanan pesan kerahasiaan.

  • Spam

Adalah penyalahgunaan dalam pengiriman pesan/berita elektronik yang bertujuan untuk menampilkan iklan atau tujuan lainnya yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para pengguna web lain.

  • Spoofing

Merupakan suatu tindakan penyusupan dengan menggunakan identitas resmi secara illegal (memalsukan IP Address). Dengan menggunakan identitas tersebut, penyusup akan dengan mudah mengakses segala sesuatu dalam jaringan.  Spoofing sering dialkuakn oleh para hacker/cracker.

  • Phising

Yaitu aktivitas seseorang untuk mendapatkan informasi rahasia dengan cara menggunakan email dan situs web yang menyerupai aslinya atau resmi. Biasanya email yang dikirim meminta anda untuk mengupdate informasi tentang anda dan meminta anda untuk memasukkan username dan password bahkan memancing pengguna untuk memberikan lebih banyak lagi informasi yang bersifat pribadi. Seorang phisher yang telah memperoleh informasi pribadi anda dapat memperoleh informasi lebih banyak lagi dengan hanya login ke account anda.

  • Pharming

Merupakan bentuk penipuan yang secara otomatis mengarahkan pengguna web dari situs asli ke situs palsu yang dibuat seperti aslinya. Situs palsu tersebut kemudian mengumpulkan berbagai informasi pribadi pengguna. Bentuk penipuan pharming antara lain:

  1. DNS poisoning, yaitu seorang hecker dapat menembus DNS server sebuah ISP dan mengganti alamat situs resmi dengan situs palsu.
  2. Penipu berpura-pura sebagai seorang operator situs web resmi dan membujuk pihak yang bertugas dalam pendaftaran internet mengganti alamat resmi di database pendaftaran ke alamat palsu.
  3. Penyerang menggunakan virus yang ditanam di dalam PC user untuk mengamati ketikan keyboard/perubahan setting komputer untuk membawa pengguna masuk ke situs palsu.
  4. Seorang hacker dapat menyerang langsung ke DNS server “root” yang bertanggung jawab dalam proses routing semua lalu lintas internet.
  • Spyware

Adalah sebuah perangkat lunak mencurigakan yang menginstalasikan dirinya sendiri ke dalam sebuah sistem untuk mencuri data milik pengguna.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Fitri R

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

20 hours ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

2 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

3 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

5 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

5 days ago