HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Tips

Cara Menggunakan VPS Untuk Pemula

VPS merupakan salah satu server yang dibangun dengan teknologi virtualisasi. Mungkin karena kehadiran VPS yang belum sepopuler Shared Hosting, cara menggunakan VPS untuk pemula masih banyak diperbincangan. Namun kini masyarakat mulai melirik server canggih satu ini. VPS memang memiliki kelebihan dibandingkan dengan shared Hosting biasa. Nantinya jika anda memiliki VPS, anda akan memiliki server virtual sendiri yang sama persis seperti server fisik yang menyimpan semua data yang dibutuhkan website yang anda hostingkan. Dengan VPS kalian bisa melakukan full akses kontrol sebagai root. Sehingga, kalian bisa melakukan apa saja terhadap server. Kalian bisa melakukan konfigurasi sendiri, hardening server serta menyimpan file website.

VPS yang sifatnya lebih independent daripada hosting sering kali pengelolaan VPS menjadi sedikit rumit khususnya bagi pemula. Berikut beberapa cara menggunakan VPS untuk pemula, yaitu:

  1. Melakukan Remote VPS via PuTTY

Apakah anda pernah mendengar remote server? Remote server sama seperti akses via SSH di server. Artinya anda bisa mengendalikan, melakukan akses control, melakukan konfigurasi, dan melakukan instalasi software di server sendiri dari jarak jauh. Agar dapat mengakses VPS dengan Remote server anda membutuhkan akses SSH. Akses SSH dapat dilakukan disemua VPS melalui software bernama PuTTY atau terminal. Adapun cara-caranya sebagai berikut: pertama-tama download software PuTTY dari website resmi lalu lakukan install aplikasi. Kemudian anda mengisi IP Adres VPS yang sudah anda miliki dan anda isi port SSH yaitu 22. Pastikan komputer anda terhubung dengan internet untuk mulai melakukan Remote VPS menggunakan PuTTY.

  1. Melakukan Remote VPS via Terminal

Bagi anda pengguna Linux dan Mac OS, remote VPS dapat dilakukan melalui/via terminal yang sudah disediakan sebelumnya. Prosesnya hampir sama, namun lebih mudah. Anda hanya perlu menuliskan SSH di terminal tersebut, masukkan password VPS yang sudah anda dapatkan sebelumnya dan proses Remote VPS siap dilakukan.

  1. Akses VPS via Control Panel

Mengakses VPS melalui Control Panel sama seperti cPanel Hosting. Anda dapat memilih salah satu dari beberapa layanan Control Panel yang ditawarkan di internet. Anda bisa layanan VPS local Indonesia yang beragam jenis paketnya dan juga lebih murah. Anda tidak perlu lagi direpotkan dengan konfigurasi yang ribet dan sulit karena secara otomatis Control Panel akan menghantarkan anda ke VPS yang sudah anda beli sebelumnya.

Jika anda masih ragu dengan kemampuan anda dalam mengoperasikan VPS, anda dapat meminta bantuan dari pihak penyedia layanan VPS. Inilah yang menjadi alas an mengapa anda harus selektif dalam membeli VPS, pastikan penyedia layanan VPS juga menyediakan panduan dan pengoperasian khusus bagi pemula.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Fitri R

Recent Posts

Cari Penghasilan Tambahan? Yuk, Intip Usaha Sampingan Modal Kecil yang Menjanjikan

Di masa yang kompetitif saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk memulai usaha sampingan dengan…

14 hours ago

Yuk Pelajari Mudahnya Hidup Di Era Digital!

Era digital adalah era di mana semua orang dapat berkomunikasi secara dekat satu sama lain,…

20 hours ago

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

2 days ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

2 days ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

4 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

5 days ago