Search Engine Optimization (SEO) merupakan  jalan untuk mendapatkan dan mendatangkan pengunjung di mesin pencari. Apabila anda ingin membangun sebuah website dengan berbagai tujuan tertentu, seharusnya anda mengetahui tentang White Hat dan Black Hat. Secara singkat White Hat merupakan baik/legal sedangkan Black Hat tidak baik/illegal.

Perbedaan SEO White Hat dan SEO Black Hat

SEO White Hat

Merupakan teknik ramah Google dan sangat dianjurkan untuk membuat situs web menjadi SEO Friendly. Teknik ini bersandar sepenuhnya pada aturan main Google. Untuk itu,dibutuhkan waktu yang lama hingga berbulan-bulan agar menjadi ranking pertama di search engine.

Beberapa teknik yang dapat kita terapkan dari White Hat yaitu

Optimasi Konten Berkualitas

White Hat menyukai konten yang unik dan relevan. Selain itu, konten yang dibuat harus original serta berisi minimal 300 kata. Informasi yang diberikan juga harus banyak untuk menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi dan itu akan mengurangi tingkat pentalan.

Optimasi Template

Disarankan untuk menggunakan template yang SEO Friendly dengan teknik optimasi SEO White Hat.

Optimasi Keyword

Untuk menuliskan kata kunci, tidak harus menggunakan warna dan karakter khusus. Gunakan kata kunci sepanjang konten namun cukup dengan keyword density 3,5% – 5%.

Optimasi Metatag

Anda harus mengisi seluruh meta tag untuk Optimasi SEO, diantaranya

  • Title
  • Meta Description
  • Meta Keyword
  • Tag H1-H6
  • All tag images
  • Title tag images
  • Link yang berisi keyword
  • Isi yang relevan

Optimasi Permalink

Tambahkan kata kunci dipermalink untuk memperkuat posisi postingan pada halaman pertama google. Buatlah dan jaga struktur URL yang terorganisir dan mudah dibaca oleh mesin pencari maupun pengunjung.

Backlink Berkualitas

Buatlah backlink yang berkualitas pada situs web yang relevan. Selain itu, carilah backlink dengan komentar yang relevan dari isi blog tersebut, serta jangan hanya meninggalkan link hidup maupun mati.

 

SEO Black Hat

Perbedaan White Hat dan Black Hat dilihat dari cara memperolehnya, dimana Black Hat diperoleh dengan berbagai cara untuk memulai dan menipu search engine seperti melakukan spam ke berbagai website untuk mendapatkan backlink, membuat kata kunci yang berlebihan atau melakukan spam di komentar blog-blog lain.

Teknik Black Hat banyak dilakukan oleh para blogger untuk memperoleh trafik secara instant yaitu untuk meningkatkan postingan blog ke halaman utama Google.

Berikut adalah beberapa teknik SEO Black Hat:

Cloaking

Teknik ini biasanya dilakukan dengan membuat dua versi yang berbeda dari halaman untuk search engine dan pengunjung. Ini terjadi ketika Googlebot bekerja dan mulai merayapi kedua halaman itu dan akan mulai masuk ke index, tetapi pengunjung tidak mendapatkan sesuatu sama sekali.

Isi kata kunci

Teknik ini  sangat populer dan digunakan beberapa tahun yang lalu dengan menggunakan teks putih atau tersembunyi untuk menyembunyikan kata kunci berulang, dan kadang-kadang benar-benar menyembunyikan teks dengan bantuan CSS. Sebaiknya, bagi anda pengguna WordPress menggunakan plugin optimasi SEO seperti Yoast SEO, karena dapat memberitahu anda berapa minimal dan maksimal kata kunci yang boleh digunakan dalam artikel atau halaman, dan memberikan indikator jika hal tersebut sudah memenuhi atau melebihi.

Gateway pages

Merupakan halaman yang berkualitas rendah dan tidak memiliki konten relevan, karena hanya berisi kata kunci spontan. Hal ini yang menyebabkan blog website tidak berkualitas dan menjadi salah satu teknik Black Hat.

Backlink Negatif

Merupakan teknik SEO yang terlarang dan paling berbahaya. Jenis backlink ini biasanya didapatkan melalui pembelian tautan SPAM dalam ribuan dan mengarahkan tautan ke situs web pesaing yang akhirnya akan dihukum dan di pinalti oleh Google.

Mirror Website

Seseorang menggunakan beberapa situs web, tetapu keduanya memberikan isi konten yang sama dengan ditujukan salah satu dari kedua situs tersebut.

 

 

 

 

 

0 Shares