HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Steganografi Dan Perkembangannya

Teknologi saat ini menjadi bagian penting untuk sumber informasi di segala bidang.Semakin banyak orang yang menggunakan teknologi sebagai media penyampaian informasi dan komunikasi.Apakah kalian pernah mendengar istilah Steganografi ?Nah di artikel kali ini kita akan membahas mengenai Steganografi.Mulai dari pengertian,sejarah,metode,tujuan dan masih banyak lagi.

Pengertian Steganografi

Steganografi merupakan ilmu untuk menulis pesan tersembunyi atau menyembunyikan pesan dengan suatu cara sehingga selain pengirim dan penerima,tidak ada seorangpun yang bisa mengetahui bahwa ada suatu pesan rahasia.Teknik dari steganografi meliputi banyak sekali metode komunikasi untuk bisa menyembunyikan pesan rahasia teks atau gambar di dalam berkas lain yang mengandung teks,image,bahkan audio tanpa menunjukkan ciri perubahan nyata atau terlihat dalam kualitas dan struktur dari berkas semula.

Beberapa pengertian Steganografi dari beberapa sumber buku :

  • Arubusman [2007] : Steganografi : suatu teknik untuk menyembunyikan informasi pribadi dengan sesuatu yang hasilnya akan tampak seperti informasi normal lainnya.
  • Munir [2009] : Steganografi : ilmu dan seni menyembunyikan pesan rahasia,sehingga keberadaan (eksistensi) pesan tidak terdeteksi oleh indera manusia.
  • Ariyus [2006]  : Steganografi : cabang ilmu yang mempelajari bagaimana menyimpan informasi rahasia di dalam informasi lainnya.

Sejarah Steganografi

Kata steganografi berasal dari bahasa yunani steganos artinya tersembunyi atau terselubung dan graphein artinya menulis.Sehingga kurang lebih artinya adalah menulis tulisan yang tersembunyi atau terselubung.

Berikut ini ada beberapa perkembangan mengenai steganografi :

  • Catatan pertama tentang steganografi ditulis oleh sejarawan Yunani,Herodotus,yakni ketika Histaeus seorang raja kejam Yunani dipenjarakan oleh Raja Darius di Susa,Histaeus harus mengirim pesan rahasia kepada anak laki-lakinya,Aristagoras, di Militus. Histaeus menulis pesan dengan cara mentato pesan pada kulit kepala seorang budak dan ketika rambut budak itu mulaitumbuh, Histaeus mengutus budak itu ke Militus untuk mengirim pesan di kulit kepalanya tersebut ke Aristagoras.
  • Ada Cerita lain tentang steganografi dari sejarawan Yunani,Herodotus,yaitu dengan menulis pesan pada papan kayu yang ditutup dengan lilin.Demaratus menulis pesan dengan cara mengisi tabung kayu dengan lilin dan menulis pesan dengan cara mengukirnya pada bagian bawah kayu, lalu papan kayu tersebut dimasukkan ke dalam tabung kayu,kemudian tabung kayu ditutup kembali dengan lilin.
  • Teknik steganografi lain adalah tinta yang tak terlihat,dengan menggunakan air sari buah jeruk,urine atau susu sebagai tinta untuk menulis pesan. Cara membacanya adalah dengan dipanaskan di atas nyala lilin, tinta yang sebelumnya tidak terlihat, ketika terkena panasakan berangsur-angsur menjadi gelap, sehingga pesan dapat dibaca.
Dari contoh-contoh steganografi konvensional diatas,disimpulkan bahwa semua teknik steganografi konvensional berusaha merahasiakan komunikasi dengan cara menyembunyikan pesan.Maka prinsip dasar dalam steganografi lebih konsentrasi pada kerahasian komunikasinya bukan pada datanya.Seiring perkembangan teknologi,khususnya komputasi,steganografi merambah juga ke media digital,meski steganografi  bisa dibilang mempunyai hubungan dengan kriptografi, tetapi kedua metode ini sangatlah berbeda.

Tujuan Steganografi

Menyembunyikan keberadaan dari sebuah pesan atau sebuah informasi.Dalam praktik,kebanyakan pesan disembunyikan dengan membuat perubahan tipis terhadap data digital lain yang isinya tidak akan menarik perhatian dari penyerang potensial,sebagai contoh sebuah gambar yang terlihat tidak berbahaya. Perubahan ini bergantung pada kunci (sama pada kriptografi) dan pesan untuk disembunyikan.Orang yang menerima gambar kemudian dapat menyimpulkan informasi terselubung dengan cara mengganti kunci yang benar ke dalam algoritme yang digunakan.

Format Yang Digunakan Steganografi

Format yang biasa digunakan di antaranya :

  • Format image : bitmap (bmp), gif, pcx, jpeg, dll.
  • Format audio : wav, voc, mp3, dll.
  • Format lain : teks file, html, pdf, dll.

Hampir semua file digital bisa digunakan untuk steganografi,tapi format yang cocok adalah mempunyai nilai bits redundancy tinggi. Bit Redudancy : bit yang dapat diubah tanpa merubah banyak karakteristik file secara keseluruhan.File gambar dan suara adalah yang memenuhi syarat ini, sehingga banyak periset steganografi yang telah menggunakan media tersebut.

Metode Steganografi

Algoritme steganografi memakai sebuah kombinasi dari bidang jenis teknik untuk melakukan tugas dalam penyelubungan pesan rahasia dalam sebuah selubung berkas. Sebuah program steganografi dibutuhkan untuk melakukan hal-hal berikut,baik implisit melalui suatu perkiraan maupun eksplisit melalui sebuah perhitungan, menemukan kelebihan bits dalam selubung file dapat digunakan untuk menyelubungi pesan rahasia didalamnya,memilih beberapa diantaranya digunakan dalam menyelubungi data dan penyelubungan data dalam bits dipilih sebelumnya.

Ada 4 jenis metode Steganografi, yaitu :

  • Algorithms and Transformation

Ini merupakan metode steganografi dengan menyembunyikan data dalam fungsi matematika.2 fungsi tersebut adalah Discrete Cosine Transformation (DCT) dan Wavelet Transformation. Fungsi DCT dan Wavelet yaitu mentransformasi data dari satu tempat (domain) ke tempat (domain) yang lain.Fungsi DCT yaitu mentransformasi data dari tempat spatial (spatial domain) ke tempat frekuensi (frequency domain).

  • Least Significant Bit Insertion

Metode yang digunakan untuk menyembunyikan pesan pada media digital tersebut berbeda-beda. Contoh : Berkas image pesan dapat disembunyikan menggunakan cara menyisipkannya pada bit rendah atau bit yang paling kanan (LSB) pada data pixel yang menyusun file tersebut.Di berkas bitmap 24 bit, setiap pixel (titik) pada gambar tersebut terdiri dari susunan tiga warna merah, hijau dan biru (RGB) yang masing-masing disusun oleh bilangan 8 bit (byte) dari 0 sampai 255 atau dengan format biner 00000000 sampai 11111111.Dengan begitu,pada setiap pixel berkas bitmap 24 bit kita dapat menyisipkan 3 bit data.

Kekurangan dari Least Signification Bit Insertion :

Dari contoh 8 bit pixel,menggunakan LSB Insertion dapat secara drastis mengubah unsur pokok warna dari pixel.Ini dapat menunjukkan perbedaan yang nyata dari cover image menjadi stego image, sehingga tanda tersebut menunjukkan keadaan dari steganografi.Variasi warna kurang jelas dengan 24 bit image, bagaimanapun file tersebut sangatlah besar.Antara 8 bit dan 24 bit image mudah diserang dalam pemrosesan image, seperti cropping (kegagalan) dan compression (pemampatan).

Keuntungan dari Least Signification Bit Insertion :

Keuntungan yang paling besar dari algoritme LSB ini adalah cepat dan mudah. Dan juga algoritme tersebut memiliki software steganografi yang mendukung dengan bekerja di antara unsur pokok warna LSB melalui manipulasi pallete (lukisan).

  • Redundant Pattern Encoding

Metode ini menggambar pesan kecil pada kebanyakan gambar. Keuntungan dari metode ini adalah dapat bertahan dari cropping (kegagalan). Kerugiannya yaitu tidak dapat menggambar pesan yang lebih besar.

  • Spread Spectrum method

Spread Spectrum steganografi terpencar-pencar sebagai pesan yang diacak (encrypted) melalui gambar (tidak seperti dalam LSB).Untuk membaca suatu pesan, penerima memerlukan algoritme yaitu crypto-key dan stego-key.Metode ini juga mudah diserang yaitu penghancuran atau pengrusakan dari kompresi dan proses image (gambar).

Aspek Staganografi

Suatu steganografi mempunyai 3 aspek yang bisa menjadi penentu berhasil atau tidaknya suatu steganografi dalam menjalankan tugasnya yaitu :

  • Capacity

Kapasitas ini mengarah kepada jumlah informasi yang dapat disembunyikan dalam medium cover.Keamanan merupakan ketidakmampuan pengamat dalam mendeteksi pesan yang disembunyikan dan ketahanan adalah jumlah modifikasi medium stego yang dapat bertahan sebelum musuh merusak pesan rahasia yang disembunyikan dalam steganografi.

  • Security

Keamanan ini dalam sistem steganografi klasik menggambarkan rahasia sistem encodding-nya.Teori informasi sangat mungkin untuk lebih spesifik daripada apa yang dimaksudkan dengan suatu sistem yang benar-benar aman.

  • Robustness

Ketahanan ini mengarah kepada data citra penampang,seperti dirubahnya kontras, penajaman, rotasi, perbesaran gambar, pemotongan dan sebagainya.Jika pada citra dijalankan operasi pengolahan citra, maka data yang tersembunyi tidak mengalami kerusakan.

Prinsip Kerja Steganografi

Prinsip dari steganografi untuk menyisipkan suatu pesan atau data yang ingin disembunyikan harus menggunakan dua unsur. Unsur pertama merupakan media penampung seperti citra, suara, video, dan lain sebagainya yang tidak membuat curiga untuk menyimpan pesan rahasia. Unsur kedua merupakan pesan yang hendak disembunyikan yakni media penampung dalam bentuk citra yang disebut cover-object dan citra yang sudah disisipi pesan disebut stego-object.Umumnya,ada 2 proses dalam steganografi,yaitu proses embedding untuk menyisipkan pesan kedalam cover-object dan proses decording untuk ekstrasi pesan dari stego-object.Kedua proses ini membutuhkan kunci rahasia yang disebut dengan stego-key supaya banyak pihak yang memiliki hak saja yang bisa melakukan penyisipan dan ekstrasi pesan.

sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua 🙂

Baca Juga Artikel Ini :

Mengenal Edge Computing

Apa Itu Meta Tag? Hal Apa Yang Bisa Dilakukan Dengan Mete Tag?

Pengertian Dan Jenis Cache

Tipe-Tipe Pelanggan Yang Komplain

Perbedaan Tiga Jenis CSS

Pengertian dan Fungsi SSH

 

3/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

14 mins ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

6 days ago