HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Mengenal Tipe Query Serta Daftar Query Language

Bagi sebagian dari kalian mungkin sudah tidak asing dengan ada sistem database.Dari banyaknya sistem database tersebut akan mengharapkan kalian untuk membuat permintaan informasi melalui query style yang ditulis dalam bahasa kueri tertentu.Ini merupakan metode yang susah karena memaksa kalian belajar bahasa tertentu tetapi juga paling fleksibel.

Bahasa Query atau Query Language (QL) digunakan untuk membuat query/ kueri dalam database.Bahasa kueri (QL) mengacu pada bahasa pemrograman komputer apapun yang meminta dan mengambil data dari basis data dan sistem informasi dengan mengirimkan kueri.Query Language bekerja pada permintaan berbasis perintah pemrograman terstruktur dan formal yang dimasukkan pengguna untuk menemukan dan mengekstrak data dari database host.

Selain itu bahasa kueri dapat disebut bahasa kueri basis data.Bahasa kueri terutama dibuat untuk membuat,mengakses dan memodifikasi data masuk dan keluar dari sistem manajemen basis data (DBMS).

Biasanya,Query Language mengharuskan pengguna memasukkan perintah terstruktur yang mirip dengan konstruksi kueri bahasa Inggris.Misal :  kueri SQL: SELECT * FROM yang berfungsi mengambil semua data dari catatan/tabel pelanggan.

Tipe atau Jenis Query

Berbagai tipe query yang disediakan Access memberikan kalian banyak cara berbeda untuk memilih dan menampilkan data tertentu dalam database.Kalian memilih tipe kueri,memilih bidang yang ingin dilihat dan menentukan kriteria untuk membatasi data yang ditampilkan seperlunya.

Daftar berikut ini memperlihatkan tipe query/ kueri yang tersedia di Access :

  • Advanced Filter/ Sort : Advanced Filter/ Short memungkinkan kalian menemukan dan mengurutkan informasi dari satu tabel dalam database.Opsi ini tersedia dari lembar data apa pun dengan mengklik Advanced di grup Short & Filter pada tab Home Page di Tape dan pilih Advanced Filter/ Sort.
  • Select Query : Select Query memilih data yang kalian inginkan dari satu atau beberapa tabel dan menampilkan data dalam urutan yang diinginkan untuk ditampilkan.Select Query dapat menyertakan kriteria yang memberi tahu Access untuk memfilter rekaman dan hanya menampilkan beberapa di antaranya.Select Query yang menampilkan rekaman individual disebut Summary Detail,Totals or Summary Detail yang meringkas rekaman disebut kueri Ringkasan atau Total.
  • Totals or Summary Query : Kueri ini adalah sub kumpulan kueri pemilihan, tetapi kueri tersebut memungkinkan Anda menghitung jumlah atau beberapa agregat lainnya (seperti rata-rata) daripada menampilkan setiap rekaman individual.
  • Parameter Query : Kueri yang meminta satu atau beberapa informasi sebelum menampilkan lembar data.
  • Auto Lookup Query : Kueri yang mengisi informasi untuk kalian.
  • Action Query : Kueri ini mengubah data kalian berdasarkan beberapa rangkaian kriteria.Action Query dapat menghapus rekaman, memperbarui data,menambahkan data dari satu atau beberapa tabel ke tabel lain dan membuat tabel baru.
  • Crosstab Query : Sebagian besar tabel di Access,termasuk yang dihasilkan oleh kueri memiliki catatan di sisi bawah dan nama bidang di bagian atas.Kueri tab silang atau Crosstab Query menghasilkan tabel dengan nilai dari satu bidang di sisi bawah dan nilai dari bidang lain di bagian atas tabel.Crosstab Query melakukan penghitungan yaitu kueri menjumlahkan,rata-rata atau menghitung data yang dikategorikan dalam 2 cara seperti yang ditentukan oleh label baris dan kolom.

Daftar Bahasa Query/Query Language

Konteks pemrograman sederhana menjadikannya salah satu bahasa pemrograman termudah untuk dipelajari.Ada beberapa varian QL (Query Language) yang berbeda dan memiliki implementasi luas di berbagai layanan yang berpusat pada basis data seperti mengekstrak data dari basis data deduktif dan OLAP menyediakan akses berbasis API ke aplikasi dan layanan jarak jauh serta banyak lagi.

Berikut ini daftar bahasa queri/query language :

  • XQuery

    Merupakan bahasa database yang memungkinkan kalian untuk mengekstrak dan memanipulasi data dalam format XML,XQuery merupakan cara untuk berbagi data di internet.Kalian menggunakan XQuery untuk mengakses dan mengambil sumber data apa pun dalam format XML.Dengan XQuery,kalian dapat membuat laporan tentang data dalam database XML,mencari dokumen teks di web untuk data dan mengekstrak data untuk digunakan secara online.

  • Object Query Language (OQL)

    Merupakan bahasa standar untuk database berorientasi objek,tentu saja yang mewakili data sebagai variabel,fungsi atau struktur data. Basis data ini populer di kalangan perusahaan yang ingin menyimpan data kompleks dalam jumlah besar.Sama seperti SQL dalam database relasional,OQL memberi kalian opsi untuk melakukan kueri dan mengambil data di database objek.

  • SQL/XML

    Merupakan kombinasi SQL dan XQuery yang mendukung manipulasi dan penyimpanan data XML dalam database yang bekerja dengan SQL.Ini memungkinkan aplikasi untuk melakukan pernyataan SQL pada data XML dan sebaliknya.XML sangat membantu kalian jika ingin mengekstrak konten dari dokumen XML atau jika ingin memastikan kompatibilitas dengan pengoptimalan di masa mendatang atau sistem yang mungkin hanya mendukung XML.

  • GraphQL

    Merupakan bahasa query yang bersifat open source.GraphQL bekerja dengan API yaitu antarmuka yang dapat memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan data.Ini menyediakan cara untuk menentukan struktur data dan bagaimana sistem mengembalikan informasi untuk mencegah pelepasan jumlah data yang berlebihan.Sangat membantu jika ingin mengekstrak data dari beberapa API, menggabungkan data dari sumber yang berbeda atau menentukan data secara efisien.

  • LINQ

    Merupakan sebuah bahasa yang mengekstrak dan memproses data dari dokumen XML,database relasional, dan sumber pihak ketiga lainnya.Dengan LINQ,kalian dapat mengakses data melalui berbagai sumber tanpa harus menggunakan bahasa database terpisah untuk masing-masing sumber.Ini memastikan konsistensi di antara kueri untuk objek,database relasional dan XML.LINQ memfilter,mengurutkan dan mengelompokkan operasi.

Sistem database yang banyak membuat kalian harus memahami penggunaan bahasa query/Query Language.Query Language harus dipahami oleh seorang back-end developer hal ini karena Query Language berfungsi untuk meminta dan mengambil data dari basis data dan sistem informasi dengan mengirimkan kueri.

Ketika kalian telah memilih tipe kueri,selanjutnya harus memilih bidang yang ingin dilihat dan menentukan kriteria untuk membatasi data yang ditampilkan seperlunya dengan memilih bahasa query atau Query Language yang sesuai.Sekian artikel ini semoga bermanfaat !

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

25 mins ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

2 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

2 days ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

3 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

3 days ago

Yuk Cari Tahu! Cara Memasang Widget di WordPress

Apakah kamu pengguna WordPress? Apakah kamu ingin menambahkan kalender atau kode HTML ke website? Jika…

4 days ago