HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Net Framework: Fungsi, Cara Kerja dan Cara Installnya

Net Framework adalah istilah yang umum digunakan dalam ilmu komputer. Software ini berperan penting dalam menjalankan aplikasi pada perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows. Meski jarang Anda dengar, namun software ini tergolong salah satu elemen yang sangat penting dalam pengoperasian perangkat Anda.

Hal ini dikarenakan semua komputer yang menggunakan sistem operasi Windows memerlukan software ini agar aplikasi dapat berfungsi dengan baik. Perangkat lunak ini tidak seperti kerangka kerja PHP lainnya yang pernah didengar kebanyakan orang, jadi Anda harus mempelajarinya. Berikut penjelasan lebih lanjut tentang Net Framework, fitur-fiturnya, cara kerjanya, dan cara menginstalnya.

Apa Itu Net Framework?

Net Framework merupakan salah satu jenis software dari Microsoft yang menyediakan berbagai layanan terhadap aplikasi yang berjalan di sistem operasi Windows. Perangkat lunak ini biasanya berisi pesan-pesan penting yang tanpanya banyak aplikasi tidak dapat berjalan. Perangkat lunak ini pada dasarnya berjalan pada sistem operasi Windows terintegrasi standar.

Komputer biasanya menyertakan beberapa versi perangkat lunak ini. Jadi tidak heran jika ada perbedaan versi dari software ini. Misalnya untuk Windows 10 lebih baik menggunakan Net Framework versi 3.5. Selain itu, perangkat lunak dapat mengurangi kesalahan pemrograman dan meningkatkan produktivitas melalui pendekatan modular terhadap desain perangkat lunak.

Fungsi Utama Net Framework

Fungsi utama dari software ini adalah untuk mengkonversi dan menjalankan aplikasi agar dapat berjalan dengan baik di sistem operasi Windows. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu menginstal perangkat lunak ini terlebih dahulu sebelum aplikasi dapat berjalan dengan baik. Beberapa fitur atau kegunaan software ini adalah:

  1. Untuk pemasangan aplikasi komersial

Salah satu fitur dari software  ini adalah instalasi aplikasi pihak ketiga yang bergantung pada software  ini untuk dapat mendukung fungsi utamanya. Contoh aplikasinya antara lain Microsoft Security Essentials, Paypal, dan banyak game pihak ketiga lainnya. Perangkat lunak ini memudahkan penginstalan aplikasi. Aplikasi ini mudah dan  cepat digunakan pada perangkat Anda.

  1. Memudahkan update

Fitur Net Framework berikutnya adalah untuk memudahkan pembaruan aplikasi. Setelah instalasi berhasil, sistem operasi Windows Anda akan diperbarui secara otomatis oleh Microsoft Update. Untuk menggunakan perangkat Anda dengan benar, Anda harus selalu memperbarui versi perangkat lunak yang diinstal pada perangkat Anda.

Cara Kerja Net Framework

Sistem operasi Windows biasanya menyertakan perangkat lunak ini, namun tidak semuanya langsung aktif dan dapat digunakan. Oleh karena itu, dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu menginstal atau mengaktifkan perangkat lunak ini secara manual. Net Framework terdiri dari dua komponen utama yaitu Common Language Runtime atau CLR dan Class Library. Kedua komponen ini mempunyai fungsi yang berbeda-beda sebagai berikut.

  1. Common Language Runtime (CRL)

Common Language Runtime menyediakan fungsionalitas yang menyediakan berbagai bahasa pemrograman dan juga libraries agar kolaboratif. Komponen  ini juga dapat mengelola layanan sistem  seperti mode eksekusi, memori, pemeriksaan keamanan, dan mode kompilasi. CLR terdiri dari banyak komponen lain dengan berbagai tugas, antara lain:

  • Just in Time Compiler

JIT berfungsi untuk melakukan konversi kode Intermediate Language (IL) ke dalam bahasa mesin berdasarkan sistem operasi dan arsitektur perangkat keras tempat aplikasi dijalankan.

  • Garbage Collector (GC)

Garbage Collector berfungsi untuk mengelola data dalam aplikasi yang disimpan dalam memori heap. Komponen ini biasanya menyimpan data yang masih digunakan oleh aplikasi dan menghapus data yang sudah tidak digunakan lagi.

  1. Class Library

Class Library merupakan komponen kerangka jaringan yang memiliki kemampuan untuk menyediakan kode pemrograman dasar yang siap digunakan. Ini mempercepat pekerjaan pengembang.

Cara Download Net Framework

  1. Kunjungi website resmi microsoft

Pertama, Anda perlu mengunjungi situs resmi Microsoft dari komputer Anda dan mengunduh perangkat lunak ini. Seperti yang Anda ketahui, software ini disediakan oleh  Microsoft Services. Untuk mendapatkannya, Anda perlu mengunjungi situs resminya.

  1. Memilih jenis installer

Setelah Anda berada di situs resmi Microsoft, Anda dapat langsung mengklik versi apa pun yang tersedia, seperti Net Framework 4.5. Sebuah halaman akan muncul di mana Anda dapat memilih jenis perangkat lunak sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin menginstal versi yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi Anda, Anda harus memilih versi runtime.

  1. Proses download

Setelah mengklik link tersebut akan membawa Anda ke halaman baru. Versi online dan offline biasanya menyediakan file .exe  untuk menginstal Net Framework. Perbedaan ukuran file saat mendownload installer online  hanya beberapa MB, sedangkan  versi installer offline  ukurannya bisa mencapai 100 MB. Namun, penginstal versi online mengunduh perbedaan untuk sejumlah file yang hilang nanti dalam proses instalasi.

  1. Membuka file installer dan lakukan proses install

Langkah selanjutnya mengharuskan Anda membuka file yang  berhasil diunduh tadi. Tunggu hingga proses ekstraksi file  selesai dan Anda melihat jendela berikutnya mengenai perizinan. Pastikan untuk mencentang bagian “I have read and accept the license terms” dan klik menu instalasi. Biasanya perbedaan versi instalasi online dan offline  adalah muncul kotak dialog.

  1. Selesai

Langkah terakhir  tinggal menunggu hingga proses instalasi selesai.Perangkat lunak Net Framework sekarang berhasil diinstal di komputer Anda. Cara mengunduh atau menginstal perangkat lunak dengan benar di komputer Anda. Jika perangkat lunak tidak berhasil diinstal, silakan lihat tips berikut:

  • Mengunjungi halaman microsoft download confirmation
  • Buka setelah berhasil diunduh
  • Mengikuti petunjuk instalasi sampai akhir

Alasan umum mengapa tidak dapat menginstal perangkat lunak termasuk kesalahan yang ditemukan pada halaman instalasi Windows 7. Oleh karena  itu, Anda harus menggunakan versi perangkat lunak yang benar tergantung pada versi Windows yang Anda gunakan di komputer Anda.

Kelebihan dan Kekurangan Memakai Net Framework

  1. Dapat dijalankan diberbagai platform

Salah satu keunggulan software ini adalah memungkinkan Anda membuat program yang dapat berjalan di berbagai platform.Kode library yang dipakai adalah open-source sehingga bisa lebih canggih.

  1. Dapat mengunggah aplikasi di berbagai platform

Perangkat lunak ini tidak hanya berjalan pada platform yang berbeda tetapi juga memungkinkan Anda mengunggah aplikasi Anda ke platform yang berbeda. Salah satu alat yang tersedia adalah alat Visual Studio  yang berguna bagi pengembang.

  1. Memiliki fitur monitoring dan checking otomatis

Keunggulan Net Framework berikutnya adalah memiliki kemampuan pemantauan dan audit otomatis. Selain itu, jika seorang ahli pun menemukan kesalahan saat menulis kode, fungsi pemantauan dan pemeriksaan otomatis sudah tersedia untuk menghindari hal ini.

  1. Kode pemrograman mudah diubah

Perangkat lunak ini memungkinkan pengembang untuk dengan mudah mengubah kode pemrograman tanpa harus memulai dari awal. Jadi ini membuat prosesnya lebih mudah. Kode yang ditulis juga lebih mudah dipelihara dan terhindar dari kesalahan.

  1. Kontrol UI lebih canggih

Keunggulan selanjutnya yang harus Anda ketahui dari software ini  adalah memiliki tampilan user interface dan kontrol  yang lebih canggih. Salah satu contohnya adalah kontrol drag-and-drop yang menyederhanakan pekerjaan Anda dan menghemat waktu pengembang. Selain itu, perangkat lunak ini memiliki tool yang open-source, yang membuatnya sangat menarik bagi pengembang.

Itulah beberapa contoh kelebihan-kelebihan menggunakan software ini yang harus Anda ketahui. Penggunaan software ini juga memiliki kekurangannya, seperti:

  1. Program update dapat bermasalah

Kekurangan dari penggunaan software ini adalah seringnya terjadi masalah pada saat update atau upgrade ketika sistem yang diperbarui membuat sistem  versi sebelumnya tidak dapat dioperasikan. Oleh karena itu, Anda akan terus melakukan penyesuaian berdasarkan  sistem versi  terbaru saat ini. Anda mungkin juga perlu menyesuaikan versinya. Misalnya, Net Framework 4.0 cocok untuk Windows XP, dan lain-lain.

  1. Ketergantungan kepada supplier

Perangkat lunak ini diproduksi oleh Microsoft dan oleh karena itu bergantung pada pemasok. Akibatnya, pengembang tidak memiliki kendali penuh atas aplikasi yang mereka buat dan harus mematuhi pedoman Microsoft yang ada.

  1. Biaya lisensi mahal

Meskipun perangkat lunak ini bersifat open source, proyek besar dan kompleks memerlukan lisensi yang sangat mahal. Microsoft  menawarkan fitur yang membuat hidup Anda lebih mudah dengan  harga terjangkau. Contohnya adalah fitur Visual Studio IDE yang berharga $539 per tahun.

  1. Kecepatan terbatas

Bahkan ketika menjalankan algoritma komputasi murni, hal ini dapat memperlambat eksekusi sebesar 40-50%. Meskipun nilai ini tidak kecil, nilai ini mungkin dapat diatasi jika  model  baru terus meningkatkan kinerjanya.

  1. Membutuhkan RAM besar

 Perangkat lunak ini memerlukan banyak RAM, karena  program .NET biasanya berukuran kecil dan dapat menambah hingga 20 MB untuk boot. Ini juga tergantung pada versi framework yang Anda butuhkan.

Ini adalah panduan yang menjelaskan apa itu Net Framework, apa fungsinya, cara kerjanya, dan membantu Anda menginstal perangkat lunak dengan benar dan mudah.

5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi.…

7 hours ago

Belajar Tahap Marekting dengan AIDA

Pernahkah Anda mendengar konsep yang disebut AIDA? Mungkin kata ini masih asing bagi mereka yang…

8 hours ago

Apa itu Software Engineering? Pengertian, Elemen, dan Model Pengembangannya

Di era teknologi saat ini, kebutuhan akan komputer dan perangkat komputer tentu saja semakin bertambah,…

1 day ago

Berbagai Cara Simple Atasi ERR_CONNECTION_CLOSED!

Jika Anda sedang sibuk membuka website atau mencari informasi dengan terburu-buru dan menemui error ERR_CONNECTION_CLOSED,…

1 day ago

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

3 days ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

3 days ago