Apa itu VoIP?

 

VoIP merupakan singkatan Voice Over Internet Protocol atau juga bisa dinamakan sebagai IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone merupakan teknologi untuk bisa melakukan komunikasi jarak jauh dengan memanfaatkan koneksi internet. Sinyal suara analog akan diubah menjadi data digital dan dikirimkan dalam bentuk paket-paket data secara real team melalui jaringan. Sehingga, data tersebut tidak akan melalui analog seperti cara kerja telepon pada umumnya. Dapat disimpulkan bahwa VoIP merupakan teknologi suara yang dikirim dengan memanfaatkan media berupa Internet Protocol atau IP.

Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui  terminal berupa PC atau telepon biasa. Banyak keuntungan yang bisa anda lakukan dengan VoIP seperti biaya lebih murah dari tarif telepon tradisional karena jaringan IP bersifat global dan biaya maintenance dapat ditekan karena voice dan dan data network terpisah.

VoIP sebagai protocol yang bersifat open source sudah banyak diterapkan pada berbagai macam pemanfaatan standar. Berikut jenis protokol yang menggunakan VoIP, yaitu 323, MGCP atau Media Gateway Control Protocol, Inter-Arterisk eXchange (AX), Session Initiation Protocol (SIP) , Session Description Protocol (SDP), Media Gateway Control Protocol (MGCP), Real-time Transfer Protocol (RTP).  Untuk 323 merupakan jenis protokol lama yang sudah menerapkan VoIP untuk digunakan dalam traffic jarak jauh, seperti LAN (Local Area Network), namun saat ini penggunaannya mulai dibatasi.

Fungsi VoIP

Fungsi utama dari VoIP sebagai media komunikasi jarak jauh dengan memanfaatkan internet sebagai media komunikasinya, sehingga menjadi lebih ekonomis. Adapun fungsi lain dari VoIP, yaitu:

  1. Signalling, berfungsi untuk menangkap jaringan yang akan dituju, sehingga dapat melakukan penyampaian pesan.
  2. Call Connect atau Disconnect, memungkinkan penerima panggilan untuk menerima panggilan atau memutuskan panggilan.
  3. Database Service, befungsi dalam mencari tujuan akhir atau endpoint yang harus dituju dan sebagai penerjemah alamat yang digunakan dalam dua jaringan berbeda.
  4. Codecs Operations, sebagai coder atau decoder untuk mengubah suara menjadi sinyal digital atau paket data atau sebaliknya.

Protokol VoIP

Digunakan sebagai protokol pada jaringan internet. Protokol ini terdiri dari dua bagian yaitu TCP dan UDP serta dibawah lapisan terdapat protokol yang bernama IP.

  • Transfer Control Protocol (TCP) atau Internet Protocol (IP)

Merupakan protokol yang terbagi menjadi dua bagian yakni TCP dan IP. Protokol ini yang menjaga reliabilitas hubungan komunikasi end- Mo-end.

Berperan untuk mengirim dan menerima pesan atau paket data antar perangkat yang terkoneksi ke jaringan.

  • User Datagram Protocol (UDP)

Sebagai salah satu protokol yang kedudukannya berada diatas IP. UDP mampu mengirimkan data streaming dengan cepat dan terus-menerus. Karena lebih mementingkan kecepatan pengiriman data, sehingga kemungkinan terdapat paket yang dikirimkan tidak lengkap.

  • Application Layer

Sebagai tempat pemindahan file yang dilakukan dari satu file ke file lainnya dan membutuhkan suatu kontrol untuk mengontrol dalam mengatasi jika terjadi ketidakcocokan akibat file yang berbeda beda.

Cara Kerja  VoIP

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya cara kerja VoIP yaitu mengubah suara analog menjadi paket data digital. Kemudian akan diteruskan melalui Hub/ Router/ ADSL Modem dari PC dan dikirimkan melalui jaringan internet sehingga akan diterima oleh alamat tujuan.

Sebelum data dikirim, data yang berupa sinyal analog akan diubah menjadi data digital menggunakan ADC (Analog to Digital Converter).  Kemudian ditransmisikan dan pada penerima akan menjadi data analog kembali dengan Digital to Analog Converter (DAC).

 

0 Shares