Apa Itu SSL?

SSL (Secure Socket Layer) atau yang lebih dikenal sebagai Sertifikat SSL, merupakan cara sebuah situs web membuat sambungan aman dengan browser web pengguna. Setiap kali mengunjungi situs yang aman dimana telah menggunakan teknologi SSL maka akan mencipatakn sebuah link yang terenkripsi antara sesi browser dan web server. SSL merupakan standar industry untuk komunikasi web yang aman dan digunakan untuk melindungi jutaan transaksi online setiap hari.

Web server harus memiliki sertifikat SSL sebelum dapat membuat koneksi SSL. Ketika seseorang mengaktifkan protokol SSL di server web mereka, mereka diminta untuk menjawab pertanyaan yang akan membangun identitas mereka. Pertanyaan meminta informasi tentang kedua situs dan perusahaan. Setelah sertifikat SSL yang diminta, server web menciptakan dua kunci kriptografi, satu adalah kunci pribadi dan yang lainnya adalah Kunci Publik. Tombol ini digunakan bersama dengan rumus enkripsi untuk menciptakan aman hubungan antara web server dan sesi browser.

 

Lalu, Apa Fungsi SSL?

Apabila URL website masih menggunakan protokol HTTP, Google akan secara otomatis menampilkan peringatan Not Secure setiap kali visitor mengunjungi website tersebut. Peringatan tersebut juga akan muncul saat visitor mengisi data atau informasi sensitif seperti data login dan password, form, serta data pribadi dan nomor rekening. Secara tidak langsung, Google memaksa pemilik website untuk mengamankan dan mengenkripsi data yang berada dalam jaringan internet.

Sertifikat SSL ini nantinya akan membantu mengamankan komunikasi dua komputer yang terhubung oleh jaringan internet. Pertukaran data seperti mengunjungi website, pengiriman dan penerimaan email, membeli barang online, serta data-data penting perusahaan akan dienkripsi agar tidak ada oknum tak bertanggung jawab yang berusaha menggunakan data-data tersebut secara ilegal.

Sertifikat SSL memiliki dua kombinasi, yakni public key dan private key. Public key digunakan untuk mengenkripsi data yang akan dikirim, sementara private key digunakan untuk mendekripsi data ke format yang dapat digunakan kembali oleh penerima data.

 

Manfaat SSL untuk Website

  1. Menarik Kepercayaan Pengunjung

Keuntungan menggunakan SSL yang paling utama adalah tanda HTTPS pada URL yang menambah kepercayaan visitor website Anda. Hal ini dikarenakan visitor akan merasa lebih aman untuk mengunjungi dan bahkan bertransaksi jual-beli yang mengharuskan mereka mengisi form data-data penting dan sensitif pada website.

 

  1. Memperbaiki SEO atau Peringkat Website

Dengan adanya algoritma Google yang melabeli website dengan Not Secure apabila tidak memiliki SSL maka akan mempengaruhi kualitas website dalam segi SEO. Jadi, keuntungan menggunakan SSL yang Anda dapat tak hanya dari segi keamanan tapi juga peringkat website yang penting untuk menarik lebih banyak visitor.

 

  1. Pertukaran Data Menjadi Lebih Aman

Keuntungan menggunakan SSL lainnya adalah dengan enkripsi yang dimiliki oleh SSL, data akan menjadi lebih aman. Pertukaran data yang terjadi antara komputer user dengan komputer visitor yang berusaha mengunjungi website tersebut akan dilindungi oleh public key dan private key. Terlebih lagi, label gembok dan HTTPS akan membantu visitor awam untuk lebih tenang saat mengakses website Anda.

 

Oleh karena itu, Hosteko menyediakan berbagai Sertifikat SSL untuk website Anda, seperti halnya :

  • Comodo SSL Cerificates
  • Sectigo SSL Certificates
  • Geotrust SSL Certificates
  • Thawte SSL Certificates, dan
  • Symantec SSL Certificates