Apakah Kalian Tahu Apa Itu “Hosting”?

Sudah sering hilir mudik di telinga bahkan sudah memakai jasa hosting tapi masih belum paham apa itu hosting?

Baiklah, silahkan disimak baik-baik penjelasan berikut ini.

 

Hosting

Hosting adalah lokasi atau media penyimpanan data dalam bentuk tulisan, gambar, atau video. Sebagaimana dikutip dari Wikipedia, Web Hosting adalah suatu layanan bagi user yang berguna untuk menyimpan informasi, gambar, video dan beberapa konten lainnya yang akan diakses via website.

Hosting (disebut juga Web Hosting / sewa hosting) adalah penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan sehingga dapat diakses lewat Internet. Data disini dapat berupa file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database.

Secara sederhananya hosting merupakan rumah dari suatu website yang dimana didalamnya tersimpan banyak sekali properti (data) yang ada pada rumah tersebut. Untuk hosting itu sendiri, ditawarkan bermacam-macam dengan kebutuhannya sendiri, ada yang gratis ada juga yang berbayar. Tentu masing-masing mempunyai keunggulannya tersendiri.

Sebagaimana yang ditawarkan oleh Hosteko, terdapat beberapa paket hosting yang dapat dipilih pada menu Hosting, seperti Hosting Server USA, Hosting Server Indonesia, Hosting Server Singapore, Hosting Gratis Domain dan Email Hosting.

 

Lalu, Apa Bedanya Web Hosting dan Email Hosting?

Anda bisa membacanya secara lengkap pada  Perbedaan Email Hosting Dan Web Hosting

 

Apa Fungsi dari Hosting?

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan dengan Hosting, yaitu :

  1. Membuat Website

Setelah memiliki hosting, maka kita dapat membuat website sesuai dengan yang kita inginkan. Website dapat disimpan dan diletakkan dalam server hosting.

 

  1. Membuat Toko Online

Di Indonesia, sekarang sangat gencar-gencarnya dengan gaya berdagang millennial yaitu menggunakan cara online. Semua yang kita inginkan tersedia di internet.

Oleh karena itu, banyak yang menggunakan website untuk meyakinkan customer tentang keberadaan online shop atau toko online itu sendiri, tidak lagi berpusat pada akun sosial media. Dengan adanya website khusus untuk toko online, maka bisnis menjadi lebih dikenal publik dan lebih menarik kepercayaan customer.

 

  1. Membuat Email Profesional

Email Profesional adalah email dengan nama perusahaan atau nama usaha kerja itu sendiri. Keuntungan dari email professional itu sendiri akan menjelaskan bahwa usaha yang dirintis merupakan usaha yang professional dan tidak abal-abal.

 

  1. Performa Website Meningkat

Performa Website akan berbeda dengan website yang belum dihosting.

 

  1. Melindungi Website dengan SSL

Website harus dilindungi agar terhindar dari berbagai ancaman yang dapat mengancam keamanan data, seperti halnya malware, virus, indikasi spam, dan serangan DDOS. Oleh karena itu website yang telah dihosting dapat dilakukan instalasi hosting.

0 Shares