HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian, Keuntungan, dan Fitur Memcached

Punya keinginan agar akses website anda lebih cepat dan tidak lemot? Pengen punya website dengan performa tinggi? Coba pasang dan aktivasi Memcached di Hosting sekarang!

Apa Itu Memcached?

Memcached atau Memory Object Caching System adalah salah satu sistem caching memori terdistribusi open source yang dibuat untuk memudahkan pemuatan database untuk aplikasi web dinamis seperti toko e-niaga atau situs web yang memerlukan login/pendaftaran. Teknologi ini bekerja dengan cara menyimpan dan mendistribusikan data ke dalam memory server (RAM) sehingga beban database menjadi ringan. Jadi, anda tidak perlu khawatir apabila suatu website diakses oleh banyak orang. Memcached juga merupakan salah satu software yang berbasis Open Source yang simple, powerful dan memiliki performa tinggi. Dikutip dari website resminya www.memcached.org, Memory Object Caching System ini cepat dan mudah dikembangkan, serta sangat efisien dalam menyelesaikan masalah mengenai cache data besar.

Memcached awalnya dikembangkan oleh Brad Fitzpatrick pada tahun 2003 dan sekarang digunakan oleh Facebook, Twitter, YouTube, Wikipedia, dan aplikasi web besar dan kecil lainnya.

Pengembangnya mendefinisikannya sebagai berikut :

Memcached adalah penyimpanan nilai kunci dalam memori untuk data arbitrer kecil (string, objek) dari hasil panggilan database, panggilan API, atau perenderan halaman.

Sistem ini menyimpan data nilai kunci untuk string dan objek, seperti :

  • Panggilan API
  • Render halaman
  • Hasil panggilan database

Memcached menggunakan arsitektur client-server berdasarkan empat komponen :

  • Client server, yang menyimpan daftar server Memcached yang tersedia.
  • Algoritme hashing berbasis klien, yang mengambil server berdasarkan “kunci” yang diminta.
  • Perangkat lunak server, yang menyimpan kombinasi nilai + kunci ke dalam tabel hash internal.
  • Algoritma yang Paling Baru Digunakan (LRU), yang memutuskan kapan menggunakan data lama atau memori.

Keuntungan Memcached

Berikut ini merupakan beberapa keuntungan memcached, yaitu :

1. Waktu respons sub-milidetik

Memcached menyimpan semua datanya didalam memori utama server. Tidak seperti database seperti PostgreSQL, Cassandra, dan MongoDB yang menyimpan sebagian besar datanya pada disk atau SSD, penyimpanan data di dalam memori tidak perlu melakukan perjalanan keliling berulang-ulang ke disk. Hal ini membuatnya dapat mendukung order operasi yang lebih besar dan waktu respons yang lebih cepat. Hasilnya performa super cepat dengan waktu baca dan tulis rata-rata sub-milidetik dan mendukung jutaan operasi per detik.

2. Sederhana dan mudah digunakan

Memcached didesain agar sederhana dan generik, membuatnya tangguh sekaligus mudah digunakan dalam pengembangan aplikasi. Beberapa klien sumber terbuka tersedia untuk pengembang Memcached. Bahasa yang didukung termasuk Java, Python, PHP, C, C++, C#, JavaScript, Node.js, Ruby, Go, dan banyak lagi.

3. Skalabilitas

Arsitektur yang terdistribusidan multithreaded dari Memcached membuatnya mudah untuk ditingkatkan. Anda dapat membagi data di antar sejumlah node, memungkinkan anda untuk meningkatkan kapasitas dengan menambahkan node baru ke kluster anda. Selain itu, karena Memcached ini multithreaded, ia dapat menggunakan beberapa core pada node yang diberikan. Hal ini membuatnya jadi lebih mudah untuk meningkatkan kapasitas komputasi. Dengan Memcached, anda dapat membangun solusi cache terdistribusi dengan kemampuan skalabilitas yang tinggi yang didesain untuk menyediakan performa yang cepat dan konsisten.

4. Komunitas

Memcached merupakan proyek sumber terbuka dewasa yang didukung oleh komunitas yang hidup. Aplikasi seperti WordPress dan Django mendukung penggunaan Memcached untuk meningkatkan performa. Tidak ada kunci vendor atau teknologi karena Memcached teknologi berbasis standar terbuka, mendukung format data terbuka, dan memberikan keunggulan set klien yang kaya.

Cara Kerja Memcached

Memcached berfungsi seperti sistem caching lainnya, tetapi sekarang database adalah inti dari proses tersebut. Mari kita lihat alur kerja dalam lima langkah cepat :

  1. Klien-server menerima kueri dari pengguna (yaitu, akses ke URL tertentu dari situs web dengan pengalihan HTTPS).
  2. Klien-server memeriksa dengan server Memcached apakah data yang dibutuhkan sudah disimpan di memorinya.
  3. Jika datanya ada, Memcached langsung mengembalikannya ke server klien.
  4. Jika data belum disimpan di cache, Memcached meneruskan permintaan ke database.
  5. Data yang diminta sekarang diteruskan ke client-server dan, pada saat yang sama, indeks Memcache diperbarui dengan nilai terbaru ini: cache sekarang siap digunakan di masa mendatang (lihat langkah 3).

Biasanya, Memcached diatur melalui server dan klien Memcached yang berbeda, yang membantu mendistribusikan beban permintaan.

Client-server menggunakan algoritme hashing untuk memutuskan server Memcached mana yang harus diteruskan permintaannya.

Penting untuk diperhatikan bahwa server Memcache tidak berbagi data, jadi database hanya mengirim data ke satu server Memcache pada satu waktu.

Cara Menggunakan Memcached di Situs WordPress Anda

Kondisi pertama untuk menggunakan Memcached di situs WordPress anda adalah server hosting anda telah menginstallnya. Syarat kedua adalah aplikasi web anda dapat mendukung Memcached. Karena Memcached hanya mengandalkan RAM, tidak memerlukan terlalu banyak sumber daya CPU.

Beberapa layanan hosting web dilengkapi dengan sistem Memcached yang sudah diinstall sebelumnya di server cloud mereka, anda dapat menemukan beberapa contoh di A2 Hosting, Cloudways atau Siteround.

Jika server anda mendukung Memcached, kemungkinan besar anda dapat menggunakannya melalui ekstensi PHP Memcached bawaan.

1. Caching

Memcached merupakan pilihan yang tepat untuk menerapkan cache dalam memori berperforma tinggi untuk menurunkan latensi akses data, meningkatkan hasil, dan memudahkan pengeluaran beban sistem back-end anda. Memcached dapat melayani item-item cache dalam waktu kurang dari milidetik, dan memungkinkan anda untuk meningkatkan dengan mudah dan hemat biaya untuk beban yang lebih tinggi. Memcached populer untuk caching hasil kueri database, caching sesi, caching halaman web, caching API, dan caching objek seperti gambar, file, dan metadata.

2. Penyimpanan sesi

Memcached sebagai penyimpanan data di dalam memori merupakan pilihan yang populer di antara pengembang aplikasi untuk menyimpan dan mengelola data sesi untuk aplikasi skala internet dalam kasus bahwa persistensi bukan hal kritis. Memcached didesain untuk menyediakan latensi sub-milidetik dan skala yang diperlukan untuk mengelola data sesi seperti profil pengguna, kredensial, dan keadaan sesi.

5/5 - (1 vote)
Risa Y

Recent Posts

Apa itu Mail Server? Fungsi, Komponen, dan Cara Kerjanya

Mail server pada dasarnya adalah sistem komputer yang bertindak sebagai agen untuk mengirim email. Mail…

10 hours ago

Kenali Canva Sebagai Web Tools Gratis Untuk Membuat Desain Anda

Cara Membuat Desain Gratis dengan Web Canva untuk Pemula – Saat ini, konten visual menjadi…

14 hours ago

5+ Tools Online Terbaik untuk Cek Website Down atau Tidak

Setelah website berhasil dihosting dan digunakan oleh banyak pengguna, kamu masih perlu melakukan banyak aktivitas…

1 day ago

Masih Bingung Apa Itu Link? Ini Penjelasan Jelasnya

Link merupakan istilah yang sering didengar terutama oleh orang-orang yang menggunakan media sosial dan internet.…

2 days ago

Kenali Perbedaan Customer Experience dan Customer Service beserta 10+ Strategi Membangun Customer Experience 

Customer experience adalah kesan atau pengalaman yang dimiliki pelanggan dari suatu interaksi bisnis. Pengalaman ini…

3 days ago

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

4 days ago