HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian Mailing List, Fungsi, dan Jenisnya

Jika Anda ingin cepat berbagi promosi produk dengan banyak orang, mailing list adalah cara yang efektif untuk membagikannya. Selain itu, Anda dapat memilih jenis yang tepat untuk audiens bisnis Anda.

Pengertian Mailing List

Mailing list adalah layanan yang memungkinkan Anda mengirim email ke sejumlah besar orang dalam grup tertentu. Mailing list juga biasa disebut dengan milis. Beberapa orang mungkin mengenal mailing list dengan bergabung dalam kelompok belajar atau kelompok dengan minat yang sama. Misalnya saat menggunakan layanan Google atau Yahoo.

Namun ternyata dengan adanya layanan website hosting, Anda juga bisa memanfaatkan mailing list Anda untuk keperluan bisnis, khususnya kegiatan promosi. Keunggulan mailing list ini tidak hanya memudahkan Anda menyebarkan informasi yang diberikan, tetapi juga membuat proses periklanan lebih tepat karena Anda dapat menjangkau kelompok sasaran yang tepat.

Misalnya, Anda menerima daftar email calon pelanggan melalui formulir di situs web Anda. Kemudian kelompokkan berdasarkan kategori tindakan tertentu. Artinya, saat Anda menjawab pertanyaan tentang promosi, informasi tersebut akan dibagikan kepada semua anggota grup. Tentu saja sangat efektif karena menghilangkan kebutuhan untuk berbagi informasi iklan setiap saat. Anggota lain tidak akan diganggu karena itulah yang diinginkan audiens Anda ketika mereka mendaftar ke layanan email Anda. Namun, perlu diingat bahwa agar mailing list Anda berfungsi secara efektif, Anda perlu memutuskan jenis mailing list yang tepat.

Diskusi dan interaksi antar manusia adalah kunci keberhasilan Internet. Salah satu alat yang paling mudah untuk melakukan diskusi adalah email melalui layanan server mailing list. Layanan ini memungkinkan ribuan orang berdiskusi melalui email secara bersamaan. Pada tahun 1987-1988, ketika Internet belum berkembang seperti sekarang, sekelompok kecil pelajar Indonesia di wilayah Berkeley Amerika Serikat membuat mailing list Indonesia pertama dengan alamat email indonesians@janus. Himpunan Komunitas Mahasiswa Indonesia dan Luar Negeri didirikan untuk kesempatan diskusi seperti diskusi virtual ini. Diskusi awal sangat konstruktif dan nasionalis. Topik yang dibahas menyangkut perbincangan antar umat beragama.

Dengan munculnya Internet di Indonesia pada tahun 1993 hingga 1994 dan kembalinya pelajar yang pernah belajar di luar negeri, mailing list berbahasa Indonesia secara bertahap dibuat di Indonesia. Institut Teknologi Bandung (ITB) memiliki dua perangkat PC dengan spesifikasi Pentium II, yang berarti sumbangan alumni Institut Teknologi Bandung banyak memberikan jasa pada awal terbentuknya komunitas virtual Indonesia. Hingga akhirnya menjangkau beberapa ratus mailing list. Beberapa mailing list yg bertahan di ITB hingga hari ini adalah itb@itb.Ac.Id dan dosen@itb.Ac.Id.

Fungsi Mailing List

Mailing list memiliki dua fungsi utama. Untuk memudahkan dalam pemberian informasi, fitur ini biasa digunakan oleh mahasiswa saat mengerjakan pekerjaan rumah atau pekerjaan kantor. Dua fitur mailing list adalah:

  1. Kemudahan Komunikasi

Semua pengguna dapat menggunakan mailing sebagai sarana komunikasi pilihan mereka, meskipun hanya  menggunakan sarana teknis minimal. Setiap anggota  grup mailing list dapat menerima pesan email yang sebelumnya dikirimkan oleh salah satu anggotanya, sehingga tidak perlu  mengirimkannya ke masing-masing anggota satu per satu.

  1. Grup

Anggota yang tergabung  dalam suatu grup juga dapat berinteraksi dengan grup tersebut dengan banyak fitur, antara lain yaitu dalam kelompok keluarga, teman, dan lain-lain. Anda pasti bisa menggunakan fitur ini meski jauh dari saudara dan teman Anda. Anda juga dapat menggunakan mailing list untuk mengembangkan hubungan bisnis Anda.

Suatu produk tidak akan mempunyai kelebihan jika tidak mempunyai kekurangan. Itu juga berlaku untuk daftar email. Kelemahan dari mailing list adalah tidak mudah, karena Anda harus  membuka email setiap hari untuk menghindari penumpukan pesan. Selain itu, setiap pengguna dikenakan penggunaan kuota jika ingin membalas email yang dikirimkan kepada mereka. Kuota ruang email ini bisa sangat besar karena  pengirim harus menyertakan pesan  yang diterima sebelumnya.

 Jenis Mailing List yang Biasa Digunakan

  1. Announcement Type List

Mailing list jenis ini menggunakan sistem komunikasi satu arah, sehingga pelanggan yang mendaftar menjadi anggota tidak berhak membalas email. Biasanya, mailing list jenis  ini digunakan sebagai alat kampanye branding bisnis untuk mengumumkan peluncuran produk baru, diskon produk, atau buletin.

  1. Response List

Jenis mailing list ini memungkinkan terjadinya komunikasi  dua arah. Tapi pertama-tama, berikan izin balasan kepada beberapa anggota. Jenis ini biasanya digunakan ketika Anda merilis produk bar dan  ingin mengetahui minat audiens Anda. Anda berhak menanggapi penawaran dengan pilihan “ya” atau “tidak” sebagai bagian dari survei produk.

  1. Discussion Type List

Berbeda dengan dua jenis mailing list sebelumnya, proses komunikasi dalam daftar diskusi sepenuhnya bersifat dua arah. Artinya, setiap pelanggan dapat membalas email yang Anda kirim seolah-olah Anda berkomunikasi secara normal. Contoh mailing list ini sering digunakan untuk mempromosikan produk atau melakukan transaksi penjualan produk.

Kenapa Membuat Mailing List itu Penting?

  1. Membagikan Informasi dengan Cepat

Mailing list membantu  memberikan informasi dengan cepat dan nyaman. Informasi ini tersedia untuk semua pelanggan dalam satu pengiriman.Jadi, jika ingin digunakan untuk mempromosikan produk baru, tentu efektif untuk meningkatkan penjualan. Selain itu, sebagai  bagian dari pemasaran email, metode ini 40% lebih baik dibandingkan menggunakan media sosial.

  1. Promosi tepat sasaran

Saat Anda membuat daftar email, Anda secara alami mengelompokkan audiens Anda ke dalam kategori tertentu. Ini mungkin terkait dengan produk atau promosi tertentu. Oleh karena itu, ketika Anda berbagi informasi melalui mailing list, informasi tersebut didistribusikan secara lebih spesifik. Karena kelompok sasaran yang Anda kirimi email sudah tertarik dengan informasi iklan yang Anda kirimkan kepada mereka.

  1. Hemat biaya promosi

Mailing list membuat proses periklanan lebih cepat dan hemat biaya. Karena hanya  menggunakan sarana komunikasi praktis melalui email  dan menggunakan layanan hosting yang sudah kami gunakan. Bandingkan ini dengan proses periklanan tertentu yang menggunakan layanan periklanan. Pastinya akan membutuhkan biaya yang lebih tinggi. Selain itu, materi promosi yang Anda kirimkan tidak selalu dibaca oleh pelanggan yang tepat.

Saat ini, Anda sudah memahami pentingnya mailing list. Jadi, mailing list adalah layanan yang memungkinkan Anda mengirim email ke khalayak luas dalam suatu grup. Layanan ini sangat berguna bagi para pelaku bisnis dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan terutama promosi produk. Proses pembuatannya sangat sederhana dan seperti yang dijelaskan di atas. Dari mengisi formulir hingga membuat daftar, menambahkan email pelanggan, dan mengirim email ke mailing list.

Mengingat banyaknya manfaat mailing list sebagai strategi pemasaran, apakah Anda siap menggunakannya sekarang? Jika siap Anda dapat mengikuti langkah Cara membuat mailing list di cPanel Hosteko  dari halaman hosteko. Namun, Anda tetap memerlukan anggaran pemasaran karena Anda memerlukan layanan hosting dengan biaya berlangganan. Selain itu, biaya berlangganan juga harus dicatat dalam laporan arus kas.

5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

2 hours ago

Solusi Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Siapa pun yang mengelola website perlu mengetahui cara mencari kata kunci untuk meningkatkan traffic ke…

4 hours ago

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi.…

2 days ago

Belajar Tahap Marekting dengan AIDA

Pernahkah Anda mendengar konsep yang disebut AIDA? Mungkin kata ini masih asing bagi mereka yang…

2 days ago

Apa itu Software Engineering? Pengertian, Elemen, dan Model Pengembangannya

Di era teknologi saat ini, kebutuhan akan komputer dan perangkat komputer tentu saja semakin bertambah,…

3 days ago

Berbagai Cara Simple Atasi ERR_CONNECTION_CLOSED!

Jika Anda sedang sibuk membuka website atau mencari informasi dengan terburu-buru dan menemui error ERR_CONNECTION_CLOSED,…

3 days ago