HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Berita

Pengertian ODBC (Open Database Connectivity) Serta Fungsinya

Biasanya istilah ODBC sudah sering didengar bagi para pengembang sistem,karena istilah ODBC sudah biasa digunakan.Biasanya,para pengembang menggunakan ODBC untuk menghubungkan beberapa jenis database yang mendukung penggunaan ODBC.

Pada dasarnya penggunaanya ODBC membantu para pengembang membuat aplikasi basis data,tanpa harus memahami penggunaan sistem manajemen basis data tertentu.Sebab,ditangani langsung oleh ODBC.Menggunakan ODBC juga memudahkan para pengembang untuk dapat mengakses aplikasi tanpa harus memasang database yang sesuai dengan aplikasi tersebut.

Pengertian ODBC (Open Database Connectivity)

Merupakan standar protokol yang menjadi penghubung antara komputer basis data.Driver ODBC hanya ditemukan di sistem operasi Windows.ODBC masih menjadi bagian dari Arsitektur Sistem Terbuka Windows.ODBC memiliki banyak Application Programming Interface yang biasa disingkat API yang dapat digunakan untuk mengaplikasikan dan menghubungkan software melalui aturan sistem manajemen basis data yang digunakan.

ODBC merupakan standar terbuka untuk konektivitas antar komputer basis data.Standar ini menyediakan API yang dapat digunakan untuk menjalankan dan menghubungkan aplikasi ke sistem manajemen basis data. Desainer ODBC telah memastikan bahwa ODBC tidak bisa digunakan dengan bahasa pemrograman tertentu dan sistem manajemen basis data tertentu.

Tentang ODBC (Open Database Connectivity)

Sumber Data merupakan sumber berupa data yang digabungkan dengan informasi koneksi yang diperlukan untuk mengakses data.Contoh sumber data adalah SQL Server,Oracle RDBMS,spreadsheet dan file Teks. Contoh informasi koneksi termasuk lokasi server,nama database,ID login,kata sandi dan berbagai opsi driver ODBC yang menjelaskan cara menyambungkan ke sumber data.Kalian mendapatkan informasi ini dari administrator database yang ingin disambungkan.

Pada arsitektur ODBC,aplikasi seperti Access terhubung ke ODBC Driver Manager yang pada gilirannya menggunakan driver ODBC tertentu (Microsoft SQL ODBC driver) untuk terhubung ke sumber data.Di Access,kalian menggunakan sumber data ODBC untuk menyambungkan ke sumber data di luar Access yang tidak memiliki driver standar.Supaya terhubung ke sumber data ini,kalian perlu melakukan hal berikut :

  • Instal driver ODBC sesuai di komputer yang berisi sumber data.
  • Menggunakan administrator sumber data ODBC untuk menentukan nama sumber data (DSN) untuk menyimpan informasi koneksi dalam registri Microsoft Windows atau dalam file DSN atau string koneksi dalam kode Visual Basic untuk mengirim informasi koneksi secara langsung ke manajemen driver ODBC.

Fungsi Dari ODBC (Open Database Connectivity)

Umumnya,ODBC bertujuan untuk menyelamatkan pengembang aplikasi dari menggunakan cara tertentu dan sistem manajemen basis data sehingga mereka dapat mengaksesnya dengan kode sumber yang sama.Ada juga beberapa fitur penting untuk diketahui tentang penggunaan ODBC.

Adapun fungsi ODBC sebagai berikut :

  • Fungsi ODBC memungkinkan pengguna untuk memproses data adalah tautan dalam pemrosesan data antara banyak basis data.
  • ODBC bermanfaat untuk protokol standar yang menjalin banyak database.Namun,database  menawarkan pengguna untuk memfasilitasi ODBC.
  • ODBC mendukung kalian dalam mengakses basis data lokal dan non-lokal (klien/server) yang digunakan untuk sistem DSN.

Komponen Utama Dari ODBC

Open Database Connectivity memiliki beberapa komponen utama,yakni :

ODBC API

Komponen ODBC API memiliki beberapa function call,error code dan sintak SQL yang berfungsi mendefinisikan data dalam suatu Database Management System (DBMS).Selain itu,ODB API juga mempu melakukan aktifitas berikut :

  • Memberikan permintaan untuk berinteraksi dengan sumber data.
  • Mengirimkan request sintak SQL menuju data source.
  • Menyatakan hasil permintaan.
  • Mendeteksi proses kesalahan.
  • Melakukan permintaan untuk operasi kontrol transaksi.
  • Memberhentikan koneksi ke data source.

ODBC Driver Manager

Guna menentukan pengantar data yang diperlukan sebagai akses software Manajer driver serta menjalankan fungsi berikut :

  • Meletakan nama sumber data untuk Pengandar Dynamic Link Library Dynamic-link Librar.
  • Menjalankan sebagian alur proses call untuk mengidentifikasikan ODBC.
  • Menyediakan entri dalam fungsi ODBC bagi pengguna.
  • memvalidasi,misalnya urutan dan parameter untuk melakukan panggilan.

ODBC Database Driver

Merupakan driver yang mampu memproses panggilan fungsi pada ODBC,mengajukan permintaan SQL ke data source tertentu,dimana hasil dari proses tersebut akan kembali ke Aplikasi.Selain itu,driver juga perlu untuk memodifikasi permintaan aplikasi sehingga permintaan sesuai dengan sintaks dan didukung oleh DBMS yang sesuai.

Sebuah driver juga mampu melakukan tugas-tugas untuk menanggapi panggilan fungsi ODBC melalui komponen ODBC API :

  • Menghubungkan ke sumber data.
  • Mengirim permintaan ke sumber data.
  • Membalikkan output ke data aplikasi.
  • Jika perlu deklarasikan dan manipulasi data.

Data Source

Kumpulan database yang dapat di cari dengan pengguna dan setiap sumber data untuk diperiksa dengan instalasi dengan maksud, sumber data adalah contoh khusus yaitu sebagai campuran dari data DBMS dengan data yang jauh dan sistem operasi yang diperlukan untuk akses data.Kalian dapat mengatur sumber data di Panel Kontrol Windows.

Bagaimana Komponen Data Saling Berinteraksi ?

Langkah pertama mengakses aplikasi melalui API dan data ODBC API membutuhkan data untuk mengirim data ke ujung belakang atau ke server yang umumnya disebut sebagai server DBMS (sumber data).Namun, DBMS akan kesulitan memberi permintaan klien ODBC untuk mengirimkan driver ODBC sebagai data tersendiri.

Data tersebut merupakan software yang berfungsi di ujung depan.Perintah diterjemahkan ke dalam format server ODBC yang mudah dipahami oleh driver ODBC.Server ODBC kemudian mengirimkan hasilnya ke pengguna data dan kemudian diterjemahkan ke dalam respons terhadap format klien ODBC yang dapat dimengerti.

Langkah-Langkah Menambahkan Sumber Data ODBC

Sebelumnya kalian perlu untuk instal driver ODBC terlebih dahulu,sesuai untuk sumber data yang ingin disambungkan.

Berikut langkah-langkahnya :

  • Klik Mulai,lalu klik Control Panel.
  • Pada Control Panel,Klik 2 kali Alat Administratif.
  • Di kotak dialog Administrasi,Klik 2 kali Sumber Data (ODBC).
  • Kotak dialog Administrator Sumber Data ODBC terbuka.
  • Tergantung pada jenis sumber data yang ingin ditambahkan.Klik Pengguna DSN,Sistem DSN atau File DSN.Untuk informasi lebih lanjut,lihat Tentang sumber data ODBC.
  • Klik Tambah.
  • Pilih driver yang ingin digunakan dan Klik Finish atau Next.
  • Jika driver yang di inginkan tidak ada dalam daftar,hubungi administrator dari database yang kalian sambungkan untuk informasi tentang cara mendapatkan driver.
  • Ikutilah instruksi dan masukkan informasi koneksi yang diperlukan.

Cara Impor Data Menggunakan ODBC Database

Kalian dapat menambahkan sumber data ODBC melalui Panel Kontrol>Alat Administratif>Sumber Data (ODBC),langkah selanjutnya,menggunakan ODBC untuk mengimpor data ke Access.Metode ini cukup sederhana yaitu pilih pita Data Eksternal,Impor,Tautkan grup dan Klik ODBC Database.Di jendela link kalian dapat memilih sumber dan tujuan tahap data dan Klik Tautkan ke Sumber Data dengan membuat tabel yang ditautkan.Di jendela Pilih Sumber Data dan kalian dapat memilih salah satu metode berikut :

Dengan Tab File Data Source

  • Pada tab File Sumber Data,klik 2 kali folder Sumber Data Pribadi,lalu pilih file MySQL Accounting.dsn lalu Akses membuka jendela konfigurasi untuk sumber data konektor MySQL / ODBC. Lalu tekan OK.
  • Jendela Tautan Tabel muncul,kalian dapat memilih satu atau semua tabel di daftar “Tautan tabel”. Kemudian klik OK.Tabel yang dipilih telah ditambahkan ke area navigasi dalam kategori “Tabel”.

Dengan Tab Machine Data Source

  • Di tab Sumber Data Mesin,pilih file akuntansi MySQL.
  • Jendela,Tautan Tabel muncul,kalian dapat memilih satu atau semua tabel di daftar “Tautan tabel”.Lalu klik OK.Tabel yang dipilih telah ditambahkan ke area navigasi dalam kategori “Tabel”.

Langkah-Langkah Setting Data Source ODBC Untuk Database MS Acces

  • Klik Start>Control Panel>Administrative Tools>Data Source (ODBC).
  • Lalu Klik tombol Add.
  • Pilih Microsoft Access Driver (*.mdb) dan Klik Finish.
  • Di layar di atas,masukkan nama sumber data untuk nama koneksi yang digunakan dalam aplikasi yang kalian buat,misalnya KOMPUTER WARUNG.Bagian Deskripsi dapat diisi atau dikosongkan (hanya untuk tujuan informasi). Kemudian klik tombol Pilih.
  • Pilih driver tempat database disimpan,navigasikan ke jalur direktori di direktori dan klik pada nama database yang sesuai di bagian Nama database.Kemudian Klik tombol OK dan Klik OK lagi.Nama-nama sumber data yang dibuat sebelumnya kemudian ditampilkan.
  • Klik OK untuk menyelesaikan proses.
  • Selesai.

Itulah penjelasan mengenai ODBC (Open Database Connectivity),dari penjelasan artikel diatas dapat disimpulkan bahwa :

ODBC menyediakan akses mudah ke database,ODBC mendukung berbagai jenis database lintas-platform serta ODBC digunakan dari jarak jauh dan bersifat lokal atau non-lokal.

Sekian artikel kali ini,semoga dapat bermanfaat untuk kalian semuanya 🙂

3/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

4 mins ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

1 hour ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

22 hours ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

1 day ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

3 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

3 days ago