Pengetahuan tentang teknik SEO wajib dimiliki oleh seorang pengelola website. Dengan mengaplikasikan teknik SEO yang tepat, kita dapat meningkatkan traffic website, serta bisa meningkatkan Brand awareness untuk situs kita. Berikut tips yang bisa diaplikasikan :

1. Melakukan SEO Audit Website

Dapat membantu kita untuk mengetahui penyebab website tidak mempunyai traffic yang baik dan penjualan yang diinginkan. Banyak perusahaan yang menyediakan jasa ini, namun akan lebih hemat anggaran jika dilakukan sendiri.

Audit adalah pemeriksaan atas kondisi dari suatu bisnis, untuk mengetahui apakah keadaannya baik atau sedang dalam masalah. Dengan melakukan audit, kita bisa mengetahui langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasi masalah, serta menyusun strategi bisnis agar mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen lama.

2. Cari Tahu Apa Yang Konsumen Inginkan

Mungkin terdengar simpel, namun sering terabaikan. Dengan menyediakan konten yang diinginkan oleh pengunjung website, kita dapat menaikkan traffic website tanpa repot-repot membuat banyak konten yang ternyata tidak disukai oleh kebanyakan pengunjung.

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan mencari pada website lain, contohnya Quora untuk mengetahui hal-hal yang banyak dicari atau ditanyakan oleh orang-orang. Dengan demikian, kita akan memilki gambaran untuk membuat konten yang menarik pengunjung.

3. Optimasi Landing Page

Landing Page adalah halaman yang akan tampil ketika pengunjung mengklik suatu iklan, atau klik suatu hasil pencarian. Kita bisa membuat landing page yang terdiri dari beragam topik, atau hanya fokus pada satu topik tertentu.

Merancang landing page sangat penting untuk membantu meningkatkan kunjungan ulang dan meningkatkan penjualan website kita. Semakin banyak landing page yang kita miliki, maka akan semakin banyak pula traffic website kita

4. Mobile Friendly Website

Saat ini, banyak orang yang mengakses internet melalui smartphone, karena lebih praktis dan mudah dibanding harus menggunakan komputer atau laptop. Pastikan bahwa situs kita sudah dapat diakses dari mobile device dan tetap berfungsi dengan baik.

Untuk mengetahui apakah situs kita berjalan dengan baik di smartphone, cukup buka situs dengan browser yang tersedia pada smartphone. Akan muncul tampilan situs saat diakses dengan browser smartphone. Sangat penting untuk memastikan bahwa situs dapat berfungsi secara normal pada browser apapun yang digunakan di smartphone.

5. Penggunaan Internal Deep Linking

Deep Linking merupakan suatu teknik yang didalamnya menggunakan anchor text untuk menghubungkan text pada suatu halaman dengan halaman lain pada situs anda. Dengan teknik ini, kita dapat mengubungkan suatu halaman dengan halaman lain pada suatu situs.

Penggunaan deep linking akan menigkatkan page authority, yang mana akan meningkatkan ranking pencarian website anda. Teknik ini sangat perlu dipelajari untuk meningkatkan traffic website.

6. Link Juice Untuk Halaman Dengan Rating Rendah

Link juice adalah istilah yang digunakan untuk menyebut suatu outbound link dari website dengan authority yang tinggi agar dapat mencapai konten kita. Dengan teknik ini, kita dapat meningkatkan traffic website dengan cepat.

Langkah-langkah yang dapat dilakukan diantaranya adalah membuat postingan baru di website, lalu membagikan post tersebut ke media sosial. Kemudian, masukkan link post tersebut ke setiap postingan baru kita. Dengan demikian, traffic situs akan naik, bukan hanya untuk postingan baru, namun juga postingan lama.

7. Melakukan Optimasi Konten berdasarkan RankBrain

Agar dapat terus meningkatkan traffic website, kita harus memahami update algoritma pencarian yang digunakan oleh Google. Salah satu faktor penting adalah RankBrain, yaitu sistem AI yang akan menganalisa suatu hasil pencarian.

Cara kerja RankBrain adalah dengan menginformasikan Google bagaimana konten kita diindeks berdasarkan apa yang kita lakukan pada konten tersebut. RankBrain juga akan mempelajari isi dari konten, kaitannya dengan kata kunci yang dituliskan, serta hasil lainnya yang relevan. Hal ini akan membantu meningkatkan traffic website kita.

 

0 Shares