Mengapa hosting perlu di upgrade?

Hosting merupakan kebutuhan pokok dalam mengakses website di internet. Hosting diibaratkan sebagai sebuah rumah yang menampung barang-barang penting, melindungi dari bahaya tak terduga, dan menjadi tempat mengelola barang-barang milik anda. Seperti halnya rumah, hosting merupakan tempat untuk menyimpan dan melindungi data-data penting miliki anda. Tentunya anda tidak ingin jika data-data yang anda miliki sebagai asset tersebut hilang, lambat diakses, atau tidak terjaga keamanannya. Oleh karena itu, hosting perlu di upgrade dengan alas an sebagai berikut:

  • Untuk memperluas kapasitas penyimpanan

Tempat penyimpanan memiliki ukuran tertentu. Jika kapasitas hosting telah penuh, anda tidak dapat mengunggah file lebih banyak lagi. Sehingga dibutuhkan upgrade hosting agar anda bisa menyimpan file lebih banyak lagi.

  • Untuk mengurangi kemungkinan server hosting down

Hosting yang sudah tiadk cukup untuk menampung data akan berakibat pada server yang mengalami down.

  • Untuk mempercepat laju akses website

Menggunakan hosting dengan kapasitas lebih lega, maka website akan cepat diakses apabila file gambar ringan, tema yang digunakan responsive, dan penggunaan video yang tidak menyedot banyak bandwidth.

  • Mampu menampung lebih banyak pengunjung website

Jika kapasitas hosting kecil, akan ada “waiting list” bagi penggunjung yang mengakses website anda dan kemungkinan pengunjung tersebut akan close tab dari situs website anda karena lambat untuk diakses. Sehingga dibutuhkan hosting yang memiliki kapasitas tinggi.

  • Untuk memperoleh fasilitas lebih

Akan banyak fasilitas yang ditawarkan oleh penyedia layanan Cloud Web Hosting. Anda dapat memperolehnya saat anda melakukan upgrade hosting.

Kapan Hosting Harus Di Upgrade?

Setelah anda mengetahui pentingnya meng-upgrade hosting, pasti anda akan bertanya lalu kapan hosting harus di upgrade?. Hosting harus di upgrade saat website anda mengalami tanda-tanda sebagai berikut:

  • Saat website mulai berjalan lambat

Saat loading ke sebuah website mulai lambat, pengunjung akan berkurang dan bounce rate akan semakin tinggi dan mengakibatkan anda mengalami kesulitan untuk optimasi SEO dan beriklan.

  • Performa website menurun

Performa merupakan hal yang sangat penting bagi website. Jika anda suda melakukan upgrade, maka anda tidak perlu khawatir soal performa web di jam sibuk.

  • Website mengalami downtime

Downtime disebabkan karena resource yang digunakan sudah tidak dapat ditangani oleh paket hosting milik anda.

  • Pengunjung harian meningkat

Jika jumlah pengunjung website anda meningkat, website akan berjalan lambar. Sehingga dibutuhkan upgrade hosting dengan resource yang lebih besar.

  • Bisnis semakin besar

Saat bisnis anda besar tidak hanya pengunjung website saja yang bertambah, tetapi konten internal juga akan meningkat. Anda akan menambahkan jumlah file, gambar, dan data lainnya sehingga dibutuhkan hosting yang berkapasitas tinggi, dengan kata lain hosting anda perlu di upgrade.

  • Kapasitas dan resource tidak mencukupi

Anda harus segera meng-upgrade hosting saat kapasitas tidak mencukupi. Anda butuh paket hosting yang menyediakan kapasitas dan resource yang lebih besar lagi.

  • Kebutuhan fleksibilitas developer

Pada perusahaan besarwebsite akan membutuhkan custom konfigurasi dari sisi developer. Untuk case ini, Anda dapat upgrade Hosting ke layanan Cloud VPS atau Dedicated Server.