Memiliki website yang mudah diakses setiap saat dengan baik merupakan keinginan semua orang. Namun tidak jarang website bisa tersusupi oleh hacker atau terkena hack. Setiap hacker memiliki sebuah cara atau metode da kemampuan yang handal dalam memandang celah-celah untuk membobol keamanan dari sebuah website.

Berikut ini penyebab website yang mudah kena hack, antara lain:

  1. Password Yang Kurang Kuat

Jika anda menggunakan password yang kurang kuat dapat menyebabkan siapapun bisa masuk ke dalam website anda. Begitu pula hacker bisa melakukan scanning terhadap password (bruteforce password), dimana hacker melakukan scanning password berdasarkan wordlist yang ada. Usahakan gunakan kombinasi huruf, angak, dan karakter untuk menghindari password yang mudah ditebak.

  1. Plugin Dan Tema Sembarangan

Plugin dan tema bisa menjadi alasan penyebab website anda terkena hack. Pastikan anda menggunakan plugin dan tema yang resmi. Gunakan plugin seperlunya saja. Lakukan update ketika muncul permintaan update,  serta selalu pasang security.

  1. Tidak Pernah Di Upgrade

CMS yang tidak pernah diupgrade bisa menjadi sasaran empuk hacker. Pastikan CMS anda baik itu wordPress, Prestashop, Drupal, Joomla, atau openCart selalu dalam versi baru.

  1. Server Yang Abal-Abal

Dalam sebuah website, server menjadi hal yang sangat penting. Baik hosting maupun VPS memiliki peran penting dalam menjaga website dari serangan hacker. Pastikan website anda tersimpan di hosting yang memiliki spesifikasi dan teknologi tinggi. Hosting juga dilengkapi dengan keamanan yang lebih. Salah dalam memilih server yang tidak berkualitas akan berakibat fatal pada website anda karena dapat terkena hack.

  1. Kurangnya Security Awareness

Kesadaran akan keamanan/security website sangat penting bagi para pemilik website, baik pemula maupun yang sudah ahli harus sadar dan update mengenai malware terbaru. Kurangnya security awareness dapat menjadi sasaran para hacker dalam menyerang website anda melalui  email.