Apa Itu UI dan UX

UI (User Interface) dan UX (User Experience) merupakan sebuah tampilan visual dalam sebuah aplikasi atau alat pemasaran digital yang berbentuk website gunak meningkatkan brand yang dimiliki oleh sebuah bisnis.

Lalu apa perbedaan dari UI dan UX?

1. UI Design (User Interface)

User Interface adalah desain antarmuka yang lebih memfokuskan pada keindahan dari sebuah tampilan, pemilihan warna yang baik dan hal lainnya yang bisa membuat tampilan website anda lebih enak dipandang mata serta membuat pengunjung betah saat mengunjungi website anda.

Tujuan dari penggunaan UI adalah untuk membuat interaksi pengguna sesederhana dan seefisien mungkin. User Interface menciptakan ikatan emosional dengan pengguna melalui design yang indah dan menarik. User Interface akan dikerjakan setelah UX selesai dengan menentukan desain layout, logo warna, typography, dan lainnya guna mempercantik website anda. UI ini sangat penting karena sangat berpengaruh pada user dalam menggunakan atau berkomunikasi dengan komputer.

2. UX Design (User Experience)

UX merupakan desain yang digunakan untuk meningkatkan kepuasan dari pengguna website melalui kesenangan dan kegunaan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna internet atau pengunjung dan produk. UX inilah yang berfungsi untuk membuat website anda menjadi lebih mudah dipahami dan tidak membingungkan pengguna.

UX merupakan keseluruhan dari elemen suatu website yang mencakup susunan, struktur, kemudahan dalam pemindahan satu halaman ke halaman yang lainnya dan sebagainya. Tanggung jawab seorang UX designer adalah memastikan bahwa setiap langkah demi langkah berjalan dengan logis dan jelas. Salah satu hal yang harus dipahami oleh UX designer adalah ia harus memahami betul bagaimana kebiasaan dan kebutuhan dari user.

Tujuan dari UI dan UX

  • UI (User Interface): bertujuan untuk menampilkan desain interface yang baik dan baik yang meliputi font, warna, dan bentuk visual lainnya.
  • UX (User Experience): bertujuan untuk membuat suatu website yang mudah digunakan oleh pengguna. Selain itu, UX desain menjadi jembatan penghubung agar UI data bisa bekerja sama dengan sistem.