Pada artikel sebelumnya sudah dibahas beberapa cara membuat sitemap untuk WordPress diantaranya adalah cara membuat XML sitempas dengan Google XML Sitemap dan cara membuat XML sitemaps dengan SEO Yoast. Jadi sudah tidak asing lagi dengan sitemap.

Sitemap atau peta situs adalah sebagai alat yang digunakan untuk membantu mesin pencari untuk menemukan konten atau mengindeks halaman yang dibutuhkan menjadi lebih cepat. Sehingga bagi Anda yang masih memiliki banyak sekali pertanyaan mengenai kapan konten Anda akan muncul di halaman pencarian Google. Maka sebelum itu Anda harus membuat sitemap terlebih dahulu karena Google perlu mengenali situs Anda.

Secara alami website akan terindeks oleh google akan memakan waktu yang cukup lama. Karena itu lebih baik jika Anda ingin website Anda terbaca oleh mesin pencari google lebih baik menggunakan sitemap terlebih dahulu.

 

Perbedaan antara XML dan HTML Sitemap

Sitemap memiliki dua format yaitu XML sitemaps dan HTML sitemaps, keduanya ini sama-sama berisi indeks yang diarahkan untuk mesin pencari.

  • Struktur HTML sitempas lebih mudah dibaca manusia dan berguna untuk pengunjung yang ingin mengetahui isi dari situs milik Anda.
  • XML sitempas lebih banyak dipakai karena indeks tersebut memang ditujukan untuk mesin pencari.
  • HTML sitemap dibuat dengan tujuan utamanya adalah untuk para pengunjung website bukan untuk mesin pencari dan umumnya berisi tentang daftar semua halaman website Anda.
  • HTML sitempas merupakan cara yang fantastis untuk menyebarkan nilai PageRank di antara pos yang Anda miliki.
  • XML berisi metadata dan URL website atau blog yang didalamnya mengandung informasi website jika terdapat update terbaru URL pada website. Jika ingin melihat alamat website Anda di addres bar kemudian ditambahkan/sitemap.xml
  • HTML dibuat untuk user, biasanya ditampilkan di halaman statis (static page) dengan nama Daftar isi (Table of Content)

 

Cara Membuat HTML Sitemap Pada WordPress

Pada artikel ini untuk membuat HTML sitemap dengan menggunakan plugin WP Sitemap Page. Berikut tahapan yang dapat Anda ikuti untuk membuat HTML Sitemap pada wordpress.

  • Silahkan install dan aktifkan plugin tersebut pada dashboard wordPress Anda.
  • Selanjutnya buat halaman baru dan tambahakan [wp_sitemap_page] shortcode di mana Anda ingin HTML sitemap dapat terlihat.

  • Kemudian Publish halaman dan kunjungi URL tersebut untuk melihat HTML sitemap Anda

 

Artikel diatas adalah mengenai perbedaan antara XML dan HTML Sitemap dan cara membuat HTML sitemap. Semoga dapat menambahkan pengetahuan dan wawasan yang lebih untuk Anda.

 

Terima kasih

 

Semoga Bermanfaat 😀