Saat ini bisnis online telah menjadi daya tarik tersendiri bagi para entrepreneur. Saking besarnya potensi pada bisnis online, membuat para pebisnis offline ikut pula mencoba peruntungan di bisnis online. Namun, sayangnya banyak pebisnis yang kurang begitu memahami hal-hal terkait dunia online. Salah satunya adalah skill atau keahlian yang harus dimiliki.

Berikut skill atau keahlian yang harus dikuasai oleh pelaku bisnis online.

  1. Keahlian Bidang IT

Dunia online memang membutuhkan penguasaan seseorang pada teknologi masa kini. Namun anda tidak perlu khawatir, skill teknologi yang harus anda kuasai tidak bersifat keseluruhan. Setidaknya anda menguasai keahlian dasar seperti internet, blogging, computer dasar dan smartphone serta aplikasinya. Anda memang bisa mempekerjakan orang-orang untuk membantu anda, namun anda tak bisa selalu mengandalkan mereka. Anda harus mau belajar setidaknya mengenai dasar-dasar teknologi online tersebut.

  1. Keahlian Komunikasi Online

Keahlian komunikasi pada bisnis online berbeda dengan komunikasi pada bisnis offline. Dikarenakan komunikasi pada dunia online tidak terjadi secara langsung, namun melalui perantara media elektronik.

Skill utama dan terpenting dalam komunikasi online yang semestinya lebih diperhatikan adalah kecakapan untuk membalas atau menanggapi pertanyaan konsumen dan juga kesabaran Anda tatkala menjawab beberapa permintaan mereka. Intinya komunikasi efektif akan menjadi kunci bagi mereka yang ingin terjun ke dunia bisnis online. Dan sekali lagi pebisnis online harus benar-benar menguasai bentuk komunikasi online ini dengan baik dan benar jika ingin usahanya sukses.

  1. Keahlian Mendisplay Produk

Tempat untuk mendisplay produk di media online memegang peran penting untuk keberlangsungan toko online anda. Jika display anda membosankan makan berakibat jumlah pengunjung akan semakin turun. Sebaliknya jika display toko online anda menarik dan sedap dipandang, maka pengunjung akan semakin ramai.

Beberapa keahlian dalam mendisplay produk dengan baik antara lain berwujud kemampuan mengambil gambar dengan kamera, mengeditnya, memberikan deskripsi dan detail lainnya, hingga meletakkan  dan mempromosikan di website dan sosial media.

  1. Keahlian dan Kreativitas Online

Kreativitas dalam bisnis online bisa berwujud kemampuan mengedit foto produk, mendesain halaman website, media sosial, membuat packaging produk yang unik hingga pemasaran. Dalam pemasaran online anda juga perlu kreativitas karena hal ini akan berdampak pada keunikan brand dan keunggulan produk.

Rate this post