Mempunyai pelanggan setia sangatlah penting untuk mendapatkan pemasukan jangka panjang serta menekan biaya pemasaran. Untuk membuat pelanggan puas dan selalu kembali belanja ke bisnis Anda, dibutuhkan suatu usaha yang sungguh-sungguh.

Ada beberapa cara untuk membuat pelanggan kembali lagi melakukan transaksi pada website anda. Berikut ini cara-caranya:

  1. Before and after sales

Memanjakan dan melayani pelanggan dengan baik tidak hanya dilakukan sebelum dan saat transaksi saja. Namun setelah deal dan setelah pembelian anda juga harus melakukan tindakan after sales seperti menanyakan kepuasan pelanggan, menayakan saran, dan menerima kritikan dari pelanggan. After sales juga dapat dilakukan dengan memberikan katalog produk, tujuannya tak lain agar mereka tahu barang lain yang anda jual, lalu memutuskan untuk datang kembali ke toko anda.

  1. Kenali kebutuhan pelanggan dan Follow up pelanggan

Pahami kebutuhan pelanggan dengan melihat database. Teliti kebutuhan mereka menurut data demografis seperti jenis kelamin dan usia. Dari data ini anda dapat memperkirakan hal apa saja yang mereka butuhkan. Follow up dapat dilakukan dengan cara email marketing, pesan singkat (SMS), dan telemarketing atau telepon. Gunakan media-media yang sering mereka gunakan untuk meningkatkan awareness mereka, seperti melalui media iklan dan gadget yang dibawa sehari-hari.

  1. Berikan bonus pada pelanggan

Biasanya pelanggan akan senang jika menerima bonus. Anda harus senantiasa berpikir dan mengembangkan sistem bonus kepada pelanggan secara kreatif. Gunakan sistem yang membuat pelanggan mengejar bonus yang ada, sehingga mereka akan kembali dan kembali lagi, misalnya dengan mengumpulkan kupon ia dapat menerima bonus. Hal ini akan mendatangkan pelanggan setia, karena pelanggan akan mengunpulkan kupon untuk mendapatkan bonusnya.

  1. Berikan garansi pada pelanggan

Garansi adalah jaminan bahwa barang atau jasa Anda memiliki kualitas yang bagus. Setiap pelanggan pasti mengingini jaminan/kepastian. Oleh  karena itu, biasanya mereka akan  mencari barang atau jasa yang mempunyai garansi. Berikan garansi untuk barang dan jasa yang Anda jual dengan jangka waktu tertentu yang wajar sesuai bentuk/sifat dari barang/jasa itu.

  1. Berikan diskon

Memberikan potongan harga di awal merupakan salah satu cara untuk menarik perhatian para pelanggan. Namun ada pelanggan yang kabur setelah tidak ada potongan harga lagi. Untuk mencegah terjadinya hal ini, disarankan anda tetap memanjakan pelanggan dengan memberikan diskon. Misalnya dengan program membership, sehingga pelanggan tertarik untuk menjadi pelanggan setia demi mendapatkan diskon yang diberikan kepada member saja.

  1. Perhatikan hal kecil dari pelanggan

Setiap pelanggang senang diperhatikan, apalagi jika mereka menerima perhatian yang bersifat personal dan berarti. Hal kecil tersebut misalnya berikan ucapan selamat ulang tahun pada pelanggan melalui email/sms/kartu ucapan.

  1. Bangun komunikasi dengan pelanggan secara teratur

Usahakan anda secara rutin memberikan suatu manfaat kepada mereka, tanpa harus terkait dengan promosi bisnis anda. Sebagai, setiap bulan anda dapat mengirimkan berbagai artikel yang bermanfaat untuk bisnis pelanggan anda. Ini akan membuat pelanggan merasa diperhatikan secara tulus, karena anda tidak hanya menghubungi mereka untuk mendapatkan keuntungan atau promosi saja.

  1. Pelanggan engetahui info bisnis anda

Anda harus memperkenalkan diri serta memperkenalkan bisnis yang dijalani. Biarkan pelanggan mengetahui informasi secara lengkap mengenai bisnis anda. Pastikan pelanggan memiliki akses untuk informasi ini, misalnya dengan melatih seluruh staf anda untuk  menjawab berbagai hal mengenai bisnis anda.

  1. Upsell

Upsell merupakan kegiatan menawarkan peningkatan barang yang sama. Barang yang ditawarkan adalah versi lebih upgrade dari barang yang sudah dibeli, misalnya dari kualitas atau kuantitas.

  1. Mau mendengarkan dan menindaklanjuti keluhan pelanggan

Setiap keluhan pelanggan harus didengarkan, ditampung/dicatat dan ditindak lanjuti. Hal ini bertujuan untuk memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Bagaimanapun keluhan/kritik/saran pelanggan adalah masukan yang berguna untuk perbaikan kualitas bisnis anda. Jangan mudah tersinggung pada apa yang dikatakan pelanggan. Pastikan setiap keluhan ditindak lanjuti dan segera perbaiki bisnis anda berdasarkan masukan tersebut.

  1. Tampil beda

Dapat dimungkinkan banyak bisnis-bisnis yang serupa dengan bisnis yang anda jalankan. Dalam menawarkan produk dan layanan sama. Oleh sebab itu, anda perlu menciptakan sesuatu yang bisa membedakan bisnis anda dari mereka. Desain yang simpel, logo yang mudah dikenali, strategi marketing yang inovatif, atau produk dengan beberapa fitur tambahan akan membuat pelanggan mengingat perusahaan dan membuat mereka kembali kepada anda.

  1. Testimony

Banyak yang menyarankan untuk mengajak salah satu public figure untuk memberikan testimoni. Hal itu dilakukan untuk menarik pelanggan baru. Jika tujuannya mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan membuat mereka datang kembali, maka ajak mereka untuk berikan testimoni.