Di era kemajuan teknologi saat ini, mencari teman secara online sangatlah mudah. Adanya sosial media akan membantu kita untuk mencari teman yang mungkin memiliki interest yang sama dengan kita. Dengan hal ini, anda dapat menjadikan teman di sosial media tersebut menjadi relasi bisnis yang menguntungkan.

Tentunya tidak semua teman adalah untuk tujuan bisnis, namun mencari teman untuk mengembangkan bisnis juga tidak ada salahnya. Dengan perkembangan sosial media sekarang diperlukan ketajaman bagi para pebisnis untuk menjadikan para teman di sosial media ini menjadi relasi bisnis yang saling menguntungkan.

Berikut cara untuk mengubah teman online menjadi relasi bisni

1. Aktiflah Menunjukkan Interest

Kenali teman online anda lebih dekat dengan mengunjungi situs pribadi mereka, melihat profil mereka, dan tunjukkan bahwa anda ada di dalam networknya. Cara menunjukkan interest dilakukan dengan cara aktif memberikan komentar untuk blog pribadinya, memberikan salam atau komentar ringan saat meraka membuat status.

Pandangan mereka, cara hidupnya, aktifitasnya mungkin sudah kita kenal melalui sosial media, hal ini akan menambah wawasan ketika anda berjumpa dan membuat komunikasi menjadi jauh lebih lancar.

2. Berikan Nilai Tambah

Bagikan informasi apa saja yang bermanfaat bagi mereka. Berikan ide-ide, pengalaman anda, apa yang anda ketahui bahkan sekalipun dari artikel atau hasil sharing dengan kawan lain, bisa di bagikan dan yakinkan bahwa hal ini berguna bagi teman ini. Semakin banyak koneksi semakin banyak kesempatan bisnis terbuka bagi anda. Jadi tidak ada salahnya kalau anda memulai untuk membuka koneksi dengan memberi nilai tambah bagi para teman kita ini.

3. Memanfaatkan Tools Sosial Media

Manfaatkan tools yang ada di sosial media untuk memperdalam pertemananan, misalkan aplikasi-aplikasi yang berguna untuk mengingatkan meeting, memberi selamat ulang tahun, memberi selamat teman yang naik pangkat atau menduduki jabatan baru, banyak aplikasi telah disediakan di sosial media yang bisa mempererat pertemanan.

4. Upayakan untuk Bertemu

Upayakan untuk ada kesempatan bertemu muka langsung kepada teman online anda. Pada prinsipnya orang hanya akan memulai bisnis pada relasi yang dikenal, dipercaya dan yakin bahwa tidak merugikan.

Kesempatan bisnis selalu ada di dalam pertemanan baik online maupun offline, tetapi peran anda adalah mengubah potensi kesempatan ini menjadi sebuah relasi bisnis yang nyata.