Kecepatan situs website saat diakses menjadi faktor penting dalam keberhasilan sebuah website. Blog, toko online, website company profile, website forum, maupun jenis website yang lain akan selalu dituntut loading yang cepat. Disarankan anda mengambil keuntungan dari tools gratis yang tersedia sehingga anda dapat mencapai kinerja yang optimal.

Berikut ini beberapa tools gratis yang digunakan untuk cek kecepatan website

  1. Google Pagespeed Insight

Merupakan tools yang menilai situs website anda pada skala 1-100. Semakin tinggi angkanya, semakin baik situs anda dioptimalkan. Google PageSpeed Insight juga akan memberikan saran untuk meningkatkan kualitas user experience di perangkat mobile.

  1. Pingdom

Pingdom mungkin salah satu alat tes kecepatan situs web yang lebih terkenal. Pingdom menilai kecepatan website menggunakan skala 0 sampai 100. Semakin tinggi nilai yang didapatkan menunjukkan kualitas kecepatan website anda sudah baik. Hal paling penting dari cek kecepatan website di Pingdom adalah saran-saran apa saja yang perlu anda terapkan untuk meningkatkan nilai kecepatan website.

  1. GTMetrix

Tools ini sangat cocok untuk para pemula. Tool ini menyediakan analisis lengkap kecepatan website berdasarkan rekomendasi dari Google PageSpeed Insight dan YSlow. GTMetrix menampilkan ringkasan analisis kecepatan website di bagian atas halaman sehingga mudah dibaca. Ringkasan tersebut berisi page size, jumlah request, dan total waktu loading. GTMetrix juga menyediakan analisis untuk mengidentifikasi masalah apa yang anda hadapi dan rekomendasi yang diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut.

  1. Google Mobile Website Speed Testing Tool

Google Mobile Website Speed Testing Tool menilai kecepatan website dalam skala 0 sampai 100 dan memberikan saran-saran yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kecepatan website di perangkat mobile. Anda bisa mendapatkan laporan kecepatan website melalui email atau langsung dikirimkan ke developer webmaster.

  1. KeyCDN Website Speed Test

KeyCDN Website Speed Test menyediakan cara yang mudah dan cepat untuk menganalisis kecepatan website anda. KeyCDN menampilkan ringkasan analisis beserta preview halaman yang Anda periksa. KeyCDN memberikan analisis dari metode request (GET/POST), status kode HTTP, tipe file, ukuran konten, waktu tunggu/terima, total waktu download, dan lainnya.

  1. Load Impact

Load Impact merupakan salah satu tool kecepatan website yang menyediakan layanan gratis dan berbayar. Anda perlu sign up dan mendapatkan kuota tes kecepatan website gratis maksimal lima kali dalam sebulan.

  1. WebPage Test

Kelebihan dari WebPageTest adalah mendukung HTTP/2 sehingga anda bisa melakukan uji coba kinerja dari WordPress dengan mengikutsertakan SSL dan parallelism dalam penilaian. WebPageTest menyediakan fitur tambahan seperti capture video, pemblokiran konten, perbandingan first view dengan repeat view, mengubah kecepatan koneksi, dan masih banyak lagi.

  1. Web Page Analyzer

Tool ini akan memberitahu kecepatan website Anda pada kecepatan koneksi yang berbeda-beda. Web Page Analyzer memberikan penilaian berdasarkan 11 aspek indikator di mana anda bisa mendapatkan rekomendasi yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kecepatan website.

  1. Chrome DevTools

Chrome DevTools merupakan bagian dari browser Google Chrome dan cukup popular dikalangan para developer karena mudah diakses dan efektif untuk melakukan debugging dan uji coba. Cara menjalankan Chrome DevTools di Google Chrome dengan menekan Command+Option+I (Mac) atau Control+Shift+I (Windows dan Linux). Kemudian anda bisa melakukan cek kecepatan website situs anda dan mendapatkan laporannya. Selain itu, Chrome DevTools memiliki kemampuan untuk memblokir request.