HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Tools Pemeriksa Keamanan Situs Web Paling Populer

Keamanan situs web memang paling penting,tetapi bagaimana kalian mengetahui apakah situs web milik kalian aman atau tidak,akan lebih baik lagi kalau hampir semua alat yang direkomendasikan ini gratis dan satu alat yang dibayar menawarkan uji coba gratis selama empat belas hari.

Semua alat ini membawa sesuatu yang unik ke tabel dan tidak ada alasan untuk tidak memanfaatkan semuanya.Berikut adalah alat pemeriksa kemanan situs web terpopuler :

Detectify

Merupakan alat pemeriksaan keamanan situs web yang lebih berat.Secara total,Detectify memindai situs dari 1.500+ kerentanan,termasuk CORS, OWASP Top 10 dan kesalahan konfigurasi Bucket Amazon S3.Untuk membuat pemindai,Detectify menggunakan pendekatan crowdsourcing yang unik.Lebih dari 150 “peretas etis yang dipilih sendiri”berkontribusi pada pemindai untuk membangun pengujian otomatis.Dengan aplikasi ini kalian dapat mengujinya dengan uji coba gratis selama 14 hari (tidak perlu kartu kredit).Namun,setelah uji coba itu habis, paket akan berbayar.Namun,jika hanya ingin menjalankan pemeriksaan keamanan satu kali,kalian dapat memanfaatkan uji coba gratis untuk menempatkan situs kalian.Untuk memulai,harus memverifikasi situs web kalian terlebih dahulu, yang merupakan langkah ekstra vs alat lainnya. Namun,kalian memiliki beberapa opsi sederhana untuk melakukannya,termasuk Google Analytics,menggungah file atau menambahkan tag meta.

Kelebihan :

  • Memiliki pendekatan crowdsourcing yang unik untuk mengembangkan pemindai keamanan.
  • Pemindaian keamanan yang mendetail memeriksa lebih dari 1.500 kerentanan.
  • Menjalankan pemindaian keamanan di semua halaman,sedangkan sebagian besar alat hanya memeriksa URL spesifik yang kalian masukkan.
  • Uji coba gratis 14 hari tanpa memerlukan kartu kredit.

Kekurangan :

  • Tidak ada paket gratis permanen.
  • Paket berbayar mahal, jadi kalian harus bersedia berinvestasi dalam keamanan situs web.

SSLTrust

Aplikasi ini menyediakan Sertifikat SSL untuk membantu mengenkripsi,mengamankan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.SSLtrust memiliki kemitraan mapan dengan otoritas terkemuka termasuk Geotrust,Digicert dan Comodo.SSLtrust menghadirkan produk dan solusi terkemuka dengan harga fantastis.Membeli Sertifikat SSL bukan hal yang paling menarik untuk dilakukan,namun perlu dilakukan saat kalian mengoperasikan situs web, layanan, atau server email apa pun.Setiap layanan membutuhkan koneksi terenkripsi yang aman.Itulah sebabnya kami mencoba membuat prosesnya sederhana dan semudah mungkin.

Kelebihan :

  • 100% gratis.
  • Penguji situs terhadap 66+ layanan lainnya.
  • Mudah untuk menafsirkan hasilnya,hampir semuanya hanya lulus atau gagal.
  • Ini juga mencakup uji keamanan SSL yang lebih rinci.

Kekurangan :

  • Dengan pengecualian tes SSL,tidak ada tes yang proaktif,semuanya tampak ke belakang dan hanya berfokus pada mendeteksi masalah yang ada.
  • Sifat lulus atau gagal dari sebagian besar tes berarti kalian tidak mendapatkan banyak detail.

Sucuri SieCheck

Merupakan salah satu alat pemeriksaan keamanan situs web gratis paling populer,aplikasi ini sangat sederhana,hanya memasukkan URL kalian, kemudian Sucuri SiteCheck akan memerika : Malware yang dikenal dan muncul di bagian depan situs kalian (tidak dapat menangkap semua malware karena sebenarnya alat ini tidak memindai file di server),Virus,Status daftar hitam,Kesalahan situs web,Software yang sudah kadaluwarsa dan code berbahaya.Kemudian akan menampilkan halaman hasil yang mudah diinterpretasikan yang menyoroti tes yang telah dilewati,serta area dimana dapat meningkatkan keamanan kalian.Jika kalian menggunakan WordPress,kalian juga dapat mengakses banyak informasi ini dari plugin gratis Sucuri Security WordPress.Plugin ini juga menambahkan beberapa pemindaian khusus WordPress,seperti pemantauan integritas file untuk inti WordPress.Sucuri SiteCheck 100% gratis,meski sucuri juga menawarkan layanan firewall atau keamanan berbayar jika kalian menginginkan perlindungan yang lebih proaktif.

Kelebihan :

  • Halaman hasil mudah diinterpretasikan.
  • 100% gratis.
  • Jika kalian menggunakan WordPRess,ada plugin gratis.

Kekurangan :

  • Ini tidak sedetail seperti beberapa alat lain.

 

WPScan

WPScan secara khusus berfokus pada kerentanan WordPress,yakni menjadikannya pilihan yang bagus jika kalian menggunakan WordPress.Wp scan,pemeriksa kerentanan WordPress disponsori oleh Automattic,perusahaan yang sama di belakang WordPress.com dan WooCommerce.Aplikasi ini hanya berfokus pada WordPress,namun kalian juga tidak boleh mengandalkannya sendiri.Aplikasi ini adalah opsi yang bagus untuk memasangkan dengan opsi pemeriksa keamanan dengan opsi pemeriksa keamanan situs web lain di daftar ini.Dengan begitu,kalian dapat menggunakan WPScan untuk menangkap kerentanan khusus WordPress dan alat lain untuk menangkap kerentanan situs web umum.Kalian dapat menemukan plugin WPScan gratis di WordPress.org.

Dua opsi terbaik untuk layanan cloud adalah :

  • WPScan.io :  layanan cloud resmi yang menawarkan satu pemindaian gratis per bulan atau pemindaian otomatis harian dengan harga tertentu.
  • WPSec : layanan pihak ketiga dari Triop AB yang menggunakan kode WPScan dengan beberapa algoritma tambahan di atasnya.Kalian dapat menjalankan pemindaian secara manual kapan pun kalian ingin.

Kelebihan :

  • Memeriksa kerentanan di inti WordPress,plugin dan tema.
  • Berbagai cara untuk menggunakannya,dapat menginstalnya di server sendiri,menggunakan pemindaian cloud atau menginstal plugin gratis.
  • Ada yang gratis (meski ada layanan berbayar jika kalian ingin pemindaian otomatis yang lebih sering).

Kekurangan :

  • Hanya memeriksa kerentanan WordPress,bukan pemeriksaan keamanan situs web lengkap.

Observatory Mozilla

Merupakan tool pemeriksa keamanan situs gratis yang dikelola oleh Mozilla,meski tidak dapat digunakan untuk memindai malware, pemeriksaan yang dilakukannya cukup lengkap,termasuk : Content security policy,HTTP strict transport security,Redirection,X-Frame options dan lainnya.Disini kalian dapat mempelajari tips meningkatkan keamanan website dari hasil pengecekan Observatory.Pada halaman hasil pemeriksaannya,kalian hanya tinggal klik nama tesnya.

Kelebihan :

  • Observatory cukup detail dalam pengujian yang dijalankan dan itu juga mengintegrasikan data uji dari alat pihak ketiga,seperti SSL Labs, yang mungkin layak mendapat tempat mereka sendiri di daftar ini.
  • 100% gratis atau free.
  • Ada banyak sumber dokumentasi yang dibangun di sekitar alat yang menjelaskan arti sebagian besar tes.

Kekurangan :

  • Menafsirkan hasil bisa sedikit sulit jika kalian pengguna biasa.Mozilla menjelaskan semuanya,kalian hanya perlu meluangkan waktu untuk membaca dokumentasi yang disebutkan di atas.

SiteGuarding

Merupakan salah satu penyedia keamanan situs yang menawarkan cek keamanan website gratis di situsnya.Hanya saja, tidak banyak informasi yang diberikan oleh tool gratis SiteGuarding.Namun,kalian dapat mengetahui status SSL dan daftar layanan keamanan yang memblacklist situs kalian.

Mengapa SiteGuarding berbeda :

  • Sasaran strategis yaykni mengembangkan alat keamanan tingkat tinggi yang memberikan perlindungan situs web maksimum tanpa kecuali. Alat ini membedakan dirinya dari semua produk vendor lain dengan tidak mengikuti jadwal pembaruan.Rilis pembaruan virus segera setelah ancaman baru muncul dan dianalisis.
  • Memiliki layanan pemantauan virus dan laboratorium analitik sendiri,ini memberikan respons cepat terhadap ancaman terbaru dan memungkinkan untuk menyelesaikan masalah pelanggan dalam beberapa jam.
  • Akan mendapatkan dukungan profesional 24/7/365 dari pakar keamanan kami.
  • Algoritma Heuristik yang kuat dan unik untuk mendeteksi virus yang tidak dikenal dan ancaman baru.
  • Pemindaian mendalam setiap file di situs web kalian dan solusi keamanan unik dapat menjamin bahwa situs web Anda akan selalu aktif dan terlindungi.
  • Tidak hanya menggunakan pemindaian dan metode otomatis. Setiap website kami bersihkan secara manual untuk mendapatkan hasil yang akurat.Bantuan untuk menghapus situs web kalian dari daftar hitam.
  • Alat keamanan kami dapat bekerja pada semua jenis server (bersama, VPS, berdedikasi) dan CMS apa pun (Sistem Manajemen Konten: WordPress, Joomla, Drupal, dll.) serta situs web dan aplikasi web yang dikembangkan secara khusus.

Probely

Merupakan tool cek keamanan website yang tepat untuk kalian,meskipun merupakan layanan premium,tool ini juga menyediakan versi gratis. Dengan versi ini,sudah dapat melakukan pemeriksaan security headers,cookie flags dan SSL/TLS. Menariknya dapat menjadwalkan pemeriksaan berkala.Apabila kurang puas dengan fitur terbatas,dapat mencoba salah satu versi berbayarnya secara gratis untuk 14 hari.Versi ini memungkinkan untuk melakukan pengecekan menyeluruh,mendapatkan laporan hasil dan lainnya.Meski merupakan layanan premium,tool ini menyediakan versi gratis yang dapat melakukan pemeriksaan security headers, cookie flags, dan SSL/TLS.Disini kalian juga dapat menjadwalkan pemeriksaan berkala.Apabila kurang puas dengan fitur terbatas,dapat mencoba salah ssatu versi berbayar secara gratis untuk 14 hari.Versi ini memungkinkan untuk melakukan pengecekan menyeluruh,mendapatkan laporan hasilnnya  dan lainnya.

Immuni Web

Merupakan salah satu penyedia layanan keamanan berbasis kecerdasan buatan yang populer.Disamping itu,penyedia layanan ini juga menawarkan tes keamanan website gratis di situsnya.Meski gratis,pemeriksaan yang dilakukan cukup menyeluruh.

Berikut ini beberapa tes yang dilakukan oleh tool immuni web :

  • Mencari celah keamanan pada content management system dan komponennya.
  • Cek keamanan server.
  • Pemeriksaan terhadap HTTP headers.
  • Menganalisa library JavaScript yang digunakan untuk website.
  • Mencari situs kalian di daftar blacklist keamanan.
  • Menentukan bahwa situs kalian sudah lolos GDPR dan PCI DSS compliance atau belum.

UpGuard

Merupakan tool cek keamanan website yang berbayar.Namun,kalian dapat memanfaatkan versi gratis untuk pemeriksaan sederhana.Hasil cek keamanan website yang ditampilkan oleh aplikasi ini akan menampilkan dua kategori, yaitu website risks dan email risks.Dalam kategori website risks akan diberitahu tentang aspek situs kalian yang tidak aman.Contoh seperti :protokol SSL yang kurang aman dan versi CMS yang outdated atau perlu diperbarui.

Sedangkan dalam kategori email risks,informasi yang diberikan tool ini meliputi : DMARC policy, SPF policy dan lainnya.Sayangnya,kalian perlu membeli versi berbayar dari UpGuard  ini untuk dapat melihat laporan lengkap keamanan website dan detail solusi.Aplikasi UpGuard membantu bisnis mengelola risiko keamanan siber.Platform risiko terintegrasi UpGuard menggabungkan peringkat keamanan pihak ketiga,kuesioner penilaian keamanan dan kemampuan intelijen ancaman untuk memberi bisnis pandangan lengkap dan komprehensif tentang permukaan risiko mereka.

3/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

12 hours ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

16 hours ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

3 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

3 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

4 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

4 days ago