HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Website Sekolah: Mengoptimalkan Konten dan Fungsi untuk Kebutuhan Pendidikan

Website sekolah

Perlu diketahui bahwa website sekolah merupakan elemen penting yang menunjang berbagai kegiatan belajar mengajar dan promosi. Namun sebelum membuat website sekolah, penting untuk mengetahui terlebih dahulu konsep-konsep yang akan diterapkan nantinya. Misalnya, sebagai website informasi, sebagai portal pendidikan untuk materi pembelajaran, atau sekadar sebagai keanggotaan sehubungan dengan kelas online. Jika Anda masih pemula, Anda bisa mempelajari lebih lanjut dengan melihat cara membuat website di sini.

Hal-hal yang dibutuhkan saat pembuatan website sekolah

Sebelum kami menjelaskan cara membuat website sekolah, ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan terlebih dahulu, seperti:

  1. Domain

Menentukan nama domain sangatlah penting saat membuat website. Domain ini merupakan alamat website agar orang lain dapat dengan mudah menemukan website Anda. Contoh domainnya adalah hosteko.com. hosteko adalah nama domain dan .com adalah ekstensinya. Di sini Anda dapat memeriksa berbagai domain dengan harga terjangkau. Selanjutnya, ada dua jenis nama domain: gratis dan berbayar. Domain gratis mencakup domain yang diakhiri dengan .blogspot.com dan .wordpress.com. Domain berbayar antara lain .net, .com, .id, dan .org. Domain .com, .net, dan .id biasanya digunakan untuk tujuan bisnis. Nama domain website sekolah Indonesia kini diakhiri dengan sch.id. Namun tidak menutup kemungkinan sebagian orang juga mungkin menggunakan .com atau .id. Jika Anda ingin menggunakan domain sch.id di website sekolah Anda, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan. Perlu anda ketahui bahwa sch.id merupakan top level domain untuk nama website sekolah dan institusi pendidikan.

  1. Web Hosting

Selain itu, web hosting juga memainkan peran penting dalam pengoperasian dan penyimpanan data website. Di Hosteko, Anda bisa menemukan beragam paket web hosting. Ingatlah untuk memilih hosting yang tepat tergantung kebutuhan website yang ingin Anda buat.

  1. Memilih CMS website sekolah

Jika Anda baru mengenal bahasa pemrograman untuk membangun website, mungkin akan lebih mudah menggunakan CMS (Content Management System). Contoh CMS untuk website sekolah antara lain WordPress, Drupal, Joomla, dan Magento.

  1. Data pendukung

Hal terakhir yang perlu Anda persiapkan saat membuat website sekolah adalah konten atau data pendukung website sekolah Anda.

  • Home page. Ini adalah halaman beranda website dan biasanya diisi dengan konten informasi tentang sekolah, seperti visi, misi, dan pengumuman penting dari sekolah.
  • About page. Halaman ini memuat sejarah sekolah dan beberapa tautan media sosial.
  • Contact. Seperti website bisnis atau komersial lainnya, halaman kontak menyertakan alamat sekolah atau nomor telepon. Anda juga dapat menyisipkan map atau peta di dalamnya.
  • Blog. Selain informasi penting yang disebutkan di atas, berbagai dokumentasi kegiatan sekolah juga dapat Anda unggah di halaman blog ini. Tujuannya untuk mengenalkan kegiatan di dalam kelas kepada calon siswa dan orang tuanya. Secara tidak langsung juga meningkatkan kredibilitas website sekolah.

Cara membuat website sekolah

Setelah Anda menyiapkan hal-hal yang Anda perlukan untuk membuat beranda sekolah Anda. Mulailah mempelajari cara membuat website lengkap menggunakan WordPress.

  1. Instal WordPress

Jika penyedia web hosting Anda memiliki Softaculous di panel kontrolnya, Anda dapat menginstal WordPress hanya dengan satu klik. Pertama, login ke cPanel melalui https: //namadomain/cpanel. Selanjutnya masukkan data Anda sesuai dengan informasi akun hosting yang dikirimkan Hosteko melalui email kepada. Lalu, buka halaman cPanel Anda, ketik “softaculous” di mesin pencari Anda, dan pilih “Softaculous Apps Installer.” Jika sudah, Anda akan diarahkan ke dashboard Softaculous. Ada banyak jenis Content Management System (CMS). Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Terakhir, pilih WordPress untuk menginstal WordPress.

  1. Masuk ke dashboard WordPress

Panel admin WordPress disebut dasbor. Bagian ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan aspek website terkait struktur, tampilan, konten, dan fungsinya sesuai keinginan Anda. Untuk masuk atau mengakses WordPress, masukkan nama domain website Anda dan /wp-admin ke mesin pencari. Setelah Anda berada di halaman login, segera masukkan alamat email dan kata sandi yang telah ditentukan sebelum instalasi.

  1. Ubah tampilan website

Setelah website Anda selesai dibuat, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengubah tampilannya agar lebih mudah dipahami dan menarik bagi pengunjung. Ubah tampilan website ini dengan memasang tema WordPress. Setelah masuk ke dashboard WordPress, pilih Appearance → Themes dari menu di sisi kiri layar. Klik tombol Add New dan cari topik yang Anda inginkan. Untuk mempermudah, masukkan kata kunci Anda ke dalam kotak pencarian di kanan atas halaman dashboard WordPress Anda. Setelah Anda menemukan temanya, klik tombol Instal di panel thumbnail. Sebelum memasang tema baru, Anda dapat memeriksa tema terlebih dahulu dengan mengklik tombol Pratinjau. Jika menurut Anda tema yang dipilih untuk website sekolah sudah cocok, jangan lupa klik tombol Aktifkan untuk menginstal tema tersebut. Anda harus tahu bahwa penyesuaian tema juga dimungkinkan. Cukup klik Appearance dan Customize di dasbor Anda.

  1. Menambahkan fitur pada website

Cukup klik Plugins untuk menemukan plugin yang sesuai dengan kebutuhan. Kemudian klik Add New. Kemudian masukkan kata kunci plugin yang diinginkan ke mesin pencari di halaman tersebut. Untuk menginstal, klik tombol Instal Sekarang dan klik Aktifkan. Selain itu, Anda dapat mengubah pengaturan untuk setiap plugin dari menu.

  1. Atur urutan halaman website sesuai kebutuhan

Urutan halaman website menjadi salah satu hal yang cukup penting.  Halaman penting yang harus disertakan di website sekolah mencakup halaman home page, about page, contact, dan blog. Untuk memulai halaman di website, klik Halaman dan klik tombol Tambah Baru. Anda kemudian akan diarahkan ke halaman editor WordPress. Di sini Anda dapat membuat konten berbeda untuk halaman yang diinginkan. Atur halaman sesuai kebutuhan untuk menghindari kebingungan. Untuk melakukan ini, klik page > Edit dan perhatikan panel pengaturan di sisi kanan layar. Kemudian dengan mengklik Page Attributes, Anda dapat mengubah angka pada kolom pesanan sesuai urutan yang Anda inginkan.

Manfaat website sekolah:

  1. Sebagai media promosi dan branding sekolah
  2. Sebagai sarana mencari dan mendapatkan informasi
  3. Membangun kredibilitas dan kepercayaan calon peserta didik
  4. Menunjukan bahwa sekolah memiliki kualitas pendidikan yang memadai

Contoh website sekolah

Seperti yang telah dijelaskan pembuatan website sekolah harus disesuaikan dengan jenis konsepnya. Untuk menghindari kebingungan, berikut beberapa contoh situs web sekolah yang sangat menarik dan ilustratif:

  1. SMK Negeri 1, Cimahi

Contoh website sekolah yang menarik adalah SMKN 1 Cimahi. Jika dicermati, Anda akan melihat bahwa website Sekolah SMK Negeri 1 Cimahi disusun dengan sangat jelas berdasarkan kategori. Baground website didominasi warna hijau tosca dan warna putih, perpaduan dua warna ini cukup menarik dan nyaman dilihat. Selain itu, konten website dimuat dengan sangat cepat. Hal itulah yang menciptakan nilai lebih ketika orang mengunjungi situs. Mereka tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan informasi dari website sekolah.

  1. SMA Negeri 1, Yogyakarta

Saat pertama kali membuka website SMA Negeri 1 Yogyakarta, Anda akan melihat form pencarian mirip Google. Website sekolah nampak modern dan memiliki tata letak yang sangat bersih. Geser atau scroll halaman ke bawah dan Anda akan melihat beberapa fitur, antara lain: Contoh:

  • Ekstrakurikuler
  • Prestasi
  • Tenaga Pendidik
  • Hingga profil alumni
  1. SMA Negeri 78, Jakarta

Berikutnya adalah SMA Negeri 78 Jakarta. Pengelolaan website sekolah ini juga memanfaatkan ICT. Websitenya responsif dan modern. Inilah salah satu alasan mengapa pengunjung bertahan lebih lama di situs website. Selain itu website sekolah SMA Negeri 78 Jakarta juga menerapkan E-Learning, E-Point dan E-KBM.

Pentingnya Memiliki Website Sekolah

Itulah penjelasan dan tutorial membuat web sekolah serta contohnya yang bisa digunakan sebagai referensi. Di zaman dengan semakin majunya teknologi, informasi tentang sekolah tidak lagi diberikan dalam bentuk tertulis. Namun melalui pengumuman di website sekolah. Karena semua informasi tersedia online untuk siapa saja dan kapan saja. Termasuk berita terbaru dan promosi dari pihak sekolah. Sebelum mulai membuat website sekolah, sebaiknya Anda tentukan terlebih dahulu jenis konsep yang ingin diterapkan dan persiapkan beberapa hal penting.

5/5 - (1 vote)
Rinta Noviana

Recent Posts

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

18 hours ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

23 hours ago

Pentingnya Caption dalam Branding: Cara Menyampaikan Pesan Secara Efektif

Media sosial bukan lagi hal baru di masyarakat. Sebelumnya masyarakat menggunakan media sosial hanya untuk…

4 days ago

Apa Itu Gateway? Yuk Simak Ulasan Lengkapnya!

Gateway merupakan komponen penting dalam jaringan, baik jaringan komputer maupun internet, dan mempunyai fungsi yang…

4 days ago

Strategi Efektif untuk Memulai Perjalanan Wirausaha

Belakangan ini banyak istilah-istilah kewirausahaan yang sering terdengar dan dibicarakan di masyarakat. Ya, banyak sekali…

5 days ago

Kamu Harus Tau! Berbagai Kode Domain Negara Berdasarkan Pembagian Benuanya

Sekarang, Anda harusnya sudah tidak asing website apa saja yang memiliki domain .id. Domain ini…

5 days ago