XAMPP adalah singkatan X (Operating System), Apache (Web server), MySQL Database, PHP Bahasa dan PERL. X-OS berarti dapat digunakan untuk setiap sistem operasi.

XAMPP mudah digunakan daripada WAMP, dengan cpanel sangat bagus dan baik untuk pemula dari mulai, jeda dan berhenti tombol bekerja sangat baik dengan fungsionalitas. Anda juga dapat menambahkan layanan lainnya untuk xampp.

X : Program ini dapat dijalankan dibanyak sistem operasi seperti Windows, Linux, Mac OS, dan Solaris.

A : Apache, merupakan aplikasi web server. Tugas utama Apache adalah menghasilkan halaman web yang benar kepada user berdasarkan kode PHP yang dituliskan oleh pembuat halaman web

M : MySQL, merupakan aplikasi database server. SQL kepanjangan dari Structured Query Language, merupakan bahasa terstruktur yang digunakan untuk mengolah database.

P : PHP, merupakan bahasa pemrograman web untuk membuat web yang bersifat server side scripting. PHP memungkinkan kita untuk membuat halaman web yang bersifat dinamis. Sistem manajemen basis data yang sering digunakan bersama PHP adalah MySQL. namun PHP juga mendukung sistem manajemen database Oracle, Microsoft Access, Interbase, d-base, PostgreSQL, dan sebagainya.

P : Perl, merupakan bahasa pemrograman untuk segala keperluan yang dikembangkan pertama kali oleh Larry Wall di mesin Unix. Perl dirilis pertama kali pada tanggal 18 Desember 1987 ditandai dengan keluarnya Perl 1. Pada versi-versi selanjutnya, Perl tersedia pula untuk berbagai sistem operasi varian Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC.

 

WAMP adalah singkatan untuk Windows (OS), Apache (web server), MySQL (database), PHP (bahasa).

Keuntungan terbaik menggunakan WAMP adalah sangat mudah untuk setup konfigurasi di WAMP.

 

XAMPPWAMP
lebih kuat dari WAMPlebih simpel dari XAMPP
menyediakan dukungan untuk MYSQL, PHP dan PERLmenyediakan dukungan untuk PHP dan MySQL
memiliki fitur SSLWAMP tidak memiliki fitur SSL
digunakan jika Anda memerlukan fitur lanjutan sebagaimana dinyatakan di atasdigunakan jika aplikasi Anda perlu berurusan dengan aplikasi web asli saja
tidak cross-platformlebih ringan (kebanyakan dasar-dasar)

 

Rate this post