Pengiat artikel dengan CMS WordPress untuk membangun website mungkin akan sulit, terutama yang masih awam karena bahasa pemrograman. Namun pada saat ini jika membuat website akan lebih mudah karena banyak yang tidak perlu menggunakan bahasa pemrograman karena hanya tinggan memilih theme yang diinginkan saja. Pada artikel ini akan dibahas mengenai membuat website WordPress menggunakan plugin page builder.

Plugin WordPress page builder merupakan solusi untuk Anda yang ingin membangun website tanpa perlu mengusai kode CSS dan HTML. Plugin ini akan memungkinkan Andan untuk membuat, mengedit dan melakukan kostumisasi tataletak website tanpa coding. Disana Anda akan menemukan yang menarik seperti baris, kolom, gamabr tombol maupun tulisan pada posisi yang Anda inginkan.

Menggunakan plugin page builder WordPress ini Anda akan mendapatkan beberapa manfaat diantaranya berikut ini.

  • Memudahkan untuk upgrade konten website
  • Menghemat waktu dalam pembuatan website
  • Website siap digunakan tanpa coding
  • Costum layout dan desain

Jika Anda sebagai pemula ataupun yang sudah berpengalaman ingin menggunakann plugin page builder dengan gratis maka berikut ini terdapat beberapa plugin yang dapat Anda gunakan untuk membuat website Anda.

  1. Elementor Page Builder

Plugin elementor ini powerfull dan user friendly. Plugin ini juga dapat membuat website dengan drag and drop. Anda juga dapat merancang website langsung di satu halaman saja yang dilengkapi dengan fitur preview untuk melihat hsail rancangan website yang Anda buat.

Menggunakkan fitur baru page builder elementor yaitu template library, Anda daapt menikmati berbagai template yang tersedia, Anda juga dapat mengupload desain yang telah Anda buat ke halaman atau website lainnya.

Anda dapat melakukan perubahan berupa Undo dan Redo dengan menekan tombol CTRL+Z. Anda juga dapat melihat perubahan yang Anda lakukan dengan menggunakan daftar action yang tersedia.

Plugin ini memiliki beberapa fitur, antara lain

  • Real-time editing
  • Fitur unix (bix shadows, background overlays,  hover effects, headline effects, animations dan masih banyak lagi)
  • Template library
  • Undo/redo dan revision history
  • Template kosong untuk landing page
  • Mode maintenance dan under construction
  • 28 widget gratis.

 

  1. Themify

Plugin selanjutnya untuk page builder yaitu Themify. Plugin ini juga friendly, Anda dapat menambahkan elemen website dasar seperti widget, button, icon dan page dengan fitur preview.

Plugin ini tersedia secara gratis maupun berbayar.

 

  1. Site Origin

Plugin Site Origin ini dapat membuat website tanpa melakukan coding. Jadi sangat menguntungkan bagi Anda yang tidak mengerti bahasa pemrograman. Site Origin ini juga terdapat widget menarik yang dapat di temui pada page builder WordPress berbayar.

 

  1. MotoPress Content Editor

Plugin keempat yaitu MotoPress Content Editor ini sangat kompatibel dengan segara tema WordPress premium yang Anda pakai. Plugin ini juga menggunakan drag and drop untuk mempermudah Anda dalam merancang sebuah website dalam waktu yang singkat.

Plugin ini memiliki 3 lisensi berbayar yaitu untuk Personal, Bisnis dan Developer, Anda dapat memilih sesuai dengan kebuuthan Anda.

 

  1. WooRockets Page Builder

Plugin ini juga menawarkan fitur drag and drop untuk mengkostumisasi konten dengan mudah dengan fitur live preview. Selain itu, elemen website lainya yang tidak kalah penting untuk bisnis yaitu Price Table, Coneten List, Promotion Box.

 

  1. Unyson

Unyson memiliki lisensi gratis ini juga menjadi andalan untuk membuat website karena memiliki banyak fitur yang tak kalah lengkap dengan yang lainya. Plugin ini juga dilengkapi dengan pengaturan optimasi SEO.

 

  1. Aqua Page Builder

Plugin ini memiliki tampilan editor website yang sederhana dan dapat memunkginkan Anda untuk membuat website dalam waktu yang singkat. Plugin ini juga menyediakan layout dasar utama yang dapat Anda jadika sebagai patokan untuk membuat website.

 

 

Diatas beberapa plugin page builder yang dapat Anda pakai untuk membuat website anda. Ketujuh plugin tersebut gratis jadi Anda dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda. Semoga artikel ini dapat menambahkan wawasan dan pengetahuan lebih untuk Anda.

 

Terimakasih

 

Semoga Bermanfaat 😀