HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Apa Itu Privatter? Fungsi dan Cara Membuatnya

Jika Anda termasuk orang yang suka dengan karya tulis atau aktif menggunakan sosial media Twitter yang notabene memang lebih sering menggunakan teks, mungkin Anda pernah mendengar yang namanya Privatter dengan alamat website Privatter.net.

Biasanya banyak orang yang memanfaatkan website ini untuk membagikan karya AU (Alternate Universe), namun sebenarnya fungsi jauh lebih besar dari pada AU saja lho.

Situs ini juga bisa Anda gunakan membagikan karya tulis lain seperti Novel, Cerpen, atau bahkan konten lain seperti artikel.

Apa itu Privatter?

Privatter adalah platform digital  yang digunakan untuk mengunggah karya dalam bentuk gambar atau teks secara tertutup.

Kata “private” dalam aplikasi ini memiliki arti “tertutup” atau “hanya untuk pribadi”, sehingga semua konten yang diunggah oleh pemilik ke akun Privatter akan terkunci dan hanya bisa dibuka menggunakan password yang sudah ditentukan oleh author atau pemilik akun.

Konten yang bisa diunggah ke Privatter pun tidak memiliki batasan karakter maupun jumlah. Anda bisa menuliskan cerita hingga ribuan kata, atau menambahkan gambar dalam jumlah yang banyak.

Privatter adalah platform yang sering digunakan oleh penulis AU (Alternate Universe) untuk menuliskan karya eksklusif mereka ke pembaca dengan menyebarkan link unggahan Privatter melalui Twitter.

Biasanya, pemilik akun akan memberikan beberapa petunjuk agar pembaca bisa menebak password konten Privatter mereka. Tidak ada aturan tertentu dalam penggunaan password di Privatter. Dengan kata lain, pemilik akun bebas mengkreasikan password, tanpa dibatasi karakter dan penulisan huruf besar atau huruf kecil.

Fungsi Privatter

Sebelum menjelaskan bagaimana cara pakai Privatter, kami akan menjelaskan beberapa fungsi atau manfaat dari website satu ini. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda nikmati jika menggunakan privatter.

1. Platform karya tulis

Fungsi yang pertama adalah sebagai platform karya tulis layaknya cerpen, puisi, novel, artikel atau bahkan AU. Jika Anda adalah content creator yang berhubungan tulisan, privatter bisa kita manfaatkan untuk menyimpan dan membagikan karya tulis kita.

2. Membagikan dengan sedikit orang

Dengan fitur password yang ada di website ini, akan membuat tulisan Anda tidak bisa diakses oleh semua orang. Ini sangat efektif untuk membatasi akses, misalkan tulisan Anda mengandung unsur 17+, maka Anda bisa membagikan passwordnya kepada pembaca yang memang sudah berusia 17 tahun.

3. Menjual karya berbayar

Fitur password ini sebenarnya juga bisa kita manfaatkan untuk menjual karya yang sifatnya berbayar. Jika Anda sudah memiliki pembaca setia, Anda bisa membuat cerita berbayar. Hanya orang yang sudah membeli karya Anda saja yang akan Anda beri tahu passwordnya. Jadi jika ada orang yang tidak membeli, mereka tidak bisa membaca karya Anda.

Cara Menggunakan Privatter

Sederhananya, privatter mirip dengan beberapa palatform membuat novel layaknya storia.co atau goodnovel, hanya saja karya yang ada disini beragam jenisnya, tidak hanya novel saja dan kita bisa menambahkan password.

Tertarik untuk membuat karya tulis di privatter? Berikut kami jelaskan bagaimana cara membuatnya.

  • Pertama harus memiliki akun twitter, yang nantinya akan kita gunakan untuk mendaftar atau login kedalam website privatter.net.

  • Jika sudah memiliki akun twitter, silahkan kunjungi alamatnya di https://privatter.net, lalu klik “Sign in with twitter” seperti yang kami kotaki warna merah diatas.
  • Pastikan pada browser Anda sudah login ke twitter, jika belum silahkan login terlebih dahulu.
  • Lalu akan ada permintaan dari privatter untuk mengakses akun twitter Anda, Klik Izinkan aplikasi, tunggu beberapa saat, nantinya browser akan membawa Anda kembali ke website privatter.

  • Jika Anda berhasil login, pada bagian pojok kanan atas akan ada foto profil yang gambarnya akan sama dengan foto profil di twitter Anda.

  • Untuk membuat postingan, silahkan tanda panah kebawah yang lokasinya berada di sebelah kanan foto profil. Laku klik “Post”.
  • Jika Anda sudah berada pada halaman yang seperti ini, Anda sudah bisa menulis karya Anda di privatter.
  • Bagian subjek adalah judul karya Anda, description adalah deskripsi singkat dari karya Anda, dan contents adalah tempat untuk menulis karya Anda. Jika sudah selesai, silahkan scroll kebawah.

  • Akan ada pilihan tentang publish range, atau siapa saja yang boleh membaca karya Anda. Jika Anda ingin mempublishnya secara publik, Anda bisa pilih publish to anyone.

  • Jika Anda ingin memberikan password pada karya tulis Anda, silahkan pilih menu “password aunthentication“. Jika Anda memilih ini, akan ada pilihan untuk memasukkan password.
  • Jika sudah silahkan pilih “Preview” maka browser akan membawa Anda kepada tampilan dari karya yang sudah kami tulis.
  • Lihat kembali, apakah semua yang Anda masukkan sudah benar? jika sudah Anda bisa pilih submit untuk mempublishnya, jika ingin mengedit, pilih back.
  • Dan kini karya Anda sudah terpublish di privatter.net.

Sangat mudah bukan? cara membuat karya seperti AU di privatter? kini karya Anda akan dibagikan ke follower Anda di privatter, dan selain itu juga Anda bisa membagikan karya tersebut melalui link ke sosial media Anda lainnya.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Risa Y

Recent Posts

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi.…

2 days ago

Belajar Tahap Marekting dengan AIDA

Pernahkah Anda mendengar konsep yang disebut AIDA? Mungkin kata ini masih asing bagi mereka yang…

2 days ago

Apa itu Software Engineering? Pengertian, Elemen, dan Model Pengembangannya

Di era teknologi saat ini, kebutuhan akan komputer dan perangkat komputer tentu saja semakin bertambah,…

3 days ago

Berbagai Cara Simple Atasi ERR_CONNECTION_CLOSED!

Jika Anda sedang sibuk membuka website atau mencari informasi dengan terburu-buru dan menemui error ERR_CONNECTION_CLOSED,…

3 days ago

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

5 days ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

5 days ago