Penggunaan webmail atau email domain untuk media promosi sudah banyak digunakan oleh beberapa perusahaan. Hal ini dilakukan sebagai langkah strategis marketing. Adapun keuntungan penggunaan webmail yaitu harganya terjangkau dan lebih profesional. Email yang tercantum dalam webmail merupakan nama domain anda, sehingga inilah yang disebut mail untuk domain. Berikut penjelasan lebih lanjut terkait webmail.

Webmail/Email Domain

 Webmail merupakan fitur mail yang berperan dalam dunia bisnis. Layanan email ini dapat diakses didalam cPanel website melalui browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera dan lain sebagainya. Disini anda hanya dapat melakukan konfigurasi, sehingga anda tidak perlu untuk menginstal perangkat lunak. Webmail juga bisa diakses melalui komputer yang berbeda tanpa harus melakukan setting dan install ulang layanan.

Fasilitas layanan yang disediakan lebih fleksibel, karena dapat diakses melalui perangkat seluler yang terhubung ke internet dan melalui browser bawaan atau aplikasi tambahan seperti opera mini. Namun, demi keamanan, jika anda mengaksesnya melalui komputer di warnet, pastikan selalu logout untuk menghindari orang lain login ke akun anda atau disalahgunakan.

Adapun beberapa fasilitas yang disediakan webmail yaitu

  • Mengirim Email
  • Membaca Email
  • Menghapus Email
  • Membalas Email
  • Menyimpan Email
  • Meneruskan Email
  • Mengembalikan Email yang sudah terhapus ke tempat semula
  • Menggunakan lampiran dokumen
  • Mencetak Email

Manfaat Penggunaan Webmail

Beberapa manfaat dari penggunaan Webmail yaitu dapat mendatangkan sesuatu yang berbeda  dan dapat dipergunakan untuk keperluan bisnis. Tentunya juga anda lebih bebas untuk mengatur email anda dibandingkan dengan aplikasi email client. Seperti sudah di sebutkan diatas, anda dapat menggunakan nama email dengan menggunakan domain sendiri.

Hal-hal yang perlu anda persiapkan sebelum membuat email domain yaitu

1. Menggunakan Google Suite / G-suite

Salah satu produk yang dapat anda gunakan yaitu G-Suite sebagai perangkat (tools) kolaborasi berbasis Cloud dari Google agar terhubung menjadi satu dengan berbagai layanan. Layanan tersebut terdiri dari Google Mail/Gmail, Google Drive, Hangouts, Kalender, Google+, Serta layanan Dokumen, Spreadsheet, Formulir, Slide, dan Sites yang dapat dikelola dengan menggunakan Konsol Admin dan Vault. Tetapi perlu diingat bahwa fitur ini berbayar sehingga anda harus memiliki niat yang serius jika ingin menggunakannya.

2. Menggunakan Microsoft Outlook

Microsoft Outlook banyak digunakan karena keunggulannya untuk menggunakan email dengan domain sendiri secara gratis. Kebutuhan anda akan terpenuhi secara lebih signifikan dan mudah. Tetapi perlu diingat penggunaan Microsoft Outlook juga memiliki kekurangan yaitu kurang fleksibel. Contohnya jika akun email akan dipakai lebih dari 5 pengguna, hosting/server yang murah akan terlalu mudah dalam melakukan blocking pada user ID atau password yang salah dalam hal penginputan, sehingga server akan memblock seluruh login dari perusahaan dan akan menganggu kinerja perusahaan sendiri.

Contoh-contoh Webmail

1. Google Mail atau Gmail

Tentu anda sudah familiar dengan gmail untuk layanan email. Gmail dapat menerima file dengan kapasitas besar. Salah satu kelebihan webmail Gmail yaitu jika file yang dikirim berukuran besar, tentu attachmentnya juga besar, sehingga akan dihubungkan langsung dengan Google Drive. Gmail juga dapat terhubung ke akun YouTube, blogger, Google Drive, Google Docs, dan lain sebagainya.

2. Yahoo Mail

Merupakan keluaran email dari Yahoo Group yang terintegrasi dengan fitur Yahoo Messenger sehingga dapat digunakan untuk chatting. Selain itu, juga memiliki user interface yang mudah digunakan dan memiliki kapasitas yang besar.

 

 

 

0 Shares