Website menjadi komponen yang penting dalam menjalankan bisnis. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika anda mempunyai website, salah satunya website bisa menjadi sarana promosi untuk bisnis anda.salah satu cara agar website anda terlihat menarik adalah dengan menggunakan Banner Ads. Banner ads adalah gambar atau grafis berbentuk seperti spanduk untuk iklan yang dipasang pada halaman website. Banner ads dapat digunakan untuk mempromosikan website bisnis anda agar lebih dikenal masyarakat. Pada dasarnya banner ads memiliki fungsi yang sama dengan kolom iklan pada media cetak. Perbedaan utamanya, calon pelanggan dapat berinteraksi secara langsung melalui banner ads, baik itu membeli maupun sekedar melihat produk yang diiklankan.

Fungsi Banner Ads

  • Alat Presentasi yang Fleksibel

Selain menghadirkan iklan berikut informasi kreatif dan menarik, Banner ads dapat memberikan pengalaman tersendiri bagi pengunjung. Anda juga dapat menambahkan lebih banyak media untuk banner anda misalnya animasi, slideshow, dan media streaming guna meningkatkan brand awareness pengunjung.

  • Membangun brand perusahaan

Agar berhasil dalam membangun sebuah brand memerlukan strategi khusus. Anda membutuhkan promosi menarik serta kreatif agar calaon pelanggan lebih tertarik dan dapat lebih mudah mengingat bisnis anda.

  • Meningkatkan traffic pengunjung

Banner ads yang dipasang di website lain akan membantu mendorong pengunjung mengklik banner dan selanjutnya membawa pengunjung mengunjungi website anda. Semakin tinggi traffic, semakin tinggi pula potensi suatu website mendapat keuntungan.

  • Menampilkan informasi khusus lebih menarik

Banner ads dapat digunakan untuk menampilkan diskon, promo produk terbaru, sampai update layanan. Dengan cara ini informasi layanan anda dapat tampil lebih menarik.

Cara membuat Banner Ads lebih efektif

  • Perhatikan struktur utama banner iklan

Saat anda mendesain sebuah banner iklan ada struktur yang perlu anda perhatikan agar banner iklan menjadi lebih efektif dalam mempromosikan bisnis anda.

  • Logo perusahaan

Memesang logo perusahaan dalam desain banner iklan sangat penting. Logo perusahaan dapat membangun kepercayaan serta brand awareness. Perhatikan pula proporsi penempatan dan ukuran logo, harus mudah terlihat dan terbaca sebagai identitas bisnis anda.

  • Pesan

Pesan dalam iklan banner ads harus singkat, padat, dan jelas. Pesan bertujuan untuk memperkenalkan produk baru, diskon spesial, dan lainnya. Disaarankan anda menggunakan prinsip bahasa yang mendesak dan terbatas.

  • Gambar pendukung

Dengan menggunakan gambar yang sesuai dengan produk anda lebih efektif dalam menyampaikan pesan dibandingkan teks. Gunakan gambar dengan resolusi yang baik akan menambah professional bisnis anda.

  • CTA (Call To Action)

CTA seperti halnya ajakan bagi pengunjung website untuk bertindak. Bentuk ajakannya misalnya menghubungi, membeli, melihat produk, dan sebagainya. CTA dapat berupa tombol ataupun hanya sebatas teks saja. Agar lebih efektif, CTA harus tampil lebih menonjol dari segi bentuk, tipografi, maupun warna. Hal ini dapat membuat poin ajakan Anda lebih mudah ditangkap oleh pengunjung website.

  • Warna

Menggunakan warna yang tepat untuk tombol CTA, background, maupun teks pesan dalam banner iklan adalah sangat penting, karena setiap warna dapat merangsang perasaan atau suasana hati orang yang melihatnya. Selain itu penggunaan kontras warna juga harus diperhatikan, seperti kontras warna antara teks dan background, warna tombol, maupun warna brand usaha Anda.