Website yang anda miliki harus terindex oleh google. Jika tidak dapat di detect oleh Google Index, ini akan menjadi masalah besar, karena website tidak akan muncul di mesin pencarian dan orang-orang tidak dapat mengetahui jika website anda eksis di dunia maya.

Untuk itu, anda harus mengetahui cara agar website terindex dengan google. Tetapi sebelum itu, anda harus mengetahui dulu apa yang di maksud Google Index.

Apa itu Google Index?

Google Index merupakan kumpulan database Google yang berisi berbagai informasi dan halaman dari sebuah website. Sehingga, dari kumpulan ini Google dapat dapat menampilkan berbagai hasil pencarian untuk penggunanya.

Database sendiri diperoleh dari proses crawling dan indexing yang dilakukan oleh Google. Crawling merupakan proses untuk “menemukan” berbagai halaman website, sedangkan indexing merupakan proses untuk “menyimpan” setiap halaman website ke database agar muncul di hasil pencarian. Dari kedua proses tersebut, Google mampu menemukan halaman-halaman website baru menggunakan suatu teknologi bernama spiders. Spiders Google sendiri dinamakan Googlebot.

Untuk melihat website anda sudah masuk ke Google Index, anda dapat melakukan pencarian “site:domainwebsite.com”.

Jika website anda sudah berhasil masuk ke Google Index, maka akan muncul hasil sebagai berikut:

Jika website anda belum terindeks, maka akan muncul hasil sebagai berikut:

Untuk membuat website anda terindex oleh Google dengan cepat. Anda dapat melakukan dengan beberapa langkah berikut:

1. Tambahkan Website Anda ke Google Search Console

Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu dengan menambahkan website anda ke Google Search Console.

Google Search Console merupakan tools Google yang berguna untuk memonitoring kinerja website.

Dengan tools ini, anda dapat mengidentifikasi halaman paling populer, mengetahui keyword yang populer untuk bisnis serta mengevaluasi konten-konten yang ada pada website.

Fungsi Google Search Console yaitu untuk melihat seberapa sering Googlebot crawling ke website anda dan memasukkan sitemap, serta memperbaiki apabila ada proses crawl yang error.

2. Perbaiki Indexing Error

Anda dapat mengetahui indexing error melalui Google Search Console yang dapat mempengaruhi pada ranking website.

Berikut beberapa error yang paling sering ditemukan:

404 Error

Merupakan error yang terjadi ketika Google melakukan crawling terdapat sebuah halaman website 404 error.

Soft 404 Error

Merupakan error yang terjadi Google melakukan crawling dan menemukan halaman 404 error, tetapi status pada kode halaman mengirimkan pesan 200 (sukses) ke browser.

Server Error

Error yang menunjukkan server anda mengalami time out (tidak dapat merespon).

Not Followed

Error yang terjadi ketika Google tidak bisa memahami tipe konten di website, seperti iframe, flash, atau javascript.

 

Adapun cara untuk mengatasi error diatas yaitu

404 error

Lakukan langkah berikut ini untuk mengatasi 404 error

1. Perhatikan penulisan URL.
2.Reload atau refresh halaman.
3. Bersihkan cache dan history browser anda.
4. Jika website anda berbasis wordpress, dapat di coba dengan mereset permalink, restore file .htaccess, dan nonaktifkan tema dan plugin jika masih belum berhasil (masih error).

Server Error

Salah satu penyebab server error yaitu karena mengalami time out. Untuk itu gunakan Fetch as Google untuk memastikan apakah halaman tersebut benar-benar error. Jika fetch as Google menunjukkan halaman tersebut masih berjalan dengan baik, anda dapat mengabaikan error tersebut.

 

3. Buat Sitemap

Sitemap XML merupakan daftar dari halaman website yang ditujukan pada mesin pencari agar website mudah ditemukan. Ini akan memudahkan Googlebot memahami isi website.

Jika sitemap XML ditujukan untuk mesin pencari, sitemap HTML ditujukan untuk mesin pencari dan dibuat untuk pengunjung website anda.

Cara membuat sitemap XML dapat anda lihat pada https://hosteko.com/kb/membuat-sitemaps-dengan-plugin-google-xml-sitemap-wordpress/

 

4. Buat Robot.txt

Robot.txt merupakan file yang berfungsi untuk memberitahu mesin pencarian mengenai halaman yang perlu di index atau halaman yang tidak perlu di index. Pada kondisi tertentu, ada halaman yang tidak perlu masuk ke index Google seperti jika ada konten duplikat pada website anda.

Keberadaan konten duplikat bisa membuat Google menghapus website anda dari index. Sehingga, apabila terdapat konten duplikat, sebaiknya tak perlu masuk ke Google Index.

 

5. Buat Konten

Jika website anda belum terindex oleg Google, belum berarti anda tidak bisa menerbitkan konten sama sekali. Disini anda harus mulai menerbitkan konten agar dapat membantu website lebih cepat untuk masuk ke Google Index. Tetapi, anda harus membuat konten yang berkualitas secara rutin untuk memberikan informasi up to date kepada pengunjung agar Google sering melakukan crawling pada website.

Adapun tips untuk membuat konten yang berkualitas yaitu

  • Tentukan topik konten sebelum membuat konten.
  • Gunakan kata kunci (keyword) yang tepat.
  • Buatlah judul yang menarik.
  • Ciptakan engaging content (konten yang menawarkan suatu perspektif baru, suatu pengetahuan, sesuatu yang bermanfaat dan menginspirasi pembaca).
  • Masukkan link terkait (menghubungkan satu konten dengan konten lain yang saling berhubungan).

 

6. Buat Kategori Konten

Jika anda membuat konten dalam jumlah banyak, sebaiknya anda membuat kategori konten. Kategori ini akan membantu pengunjung menemukan konten dan membantu Google mengcrawling website dengan cepat.

 

7. Perbanyak Internal Link

Internal link merupakan link dari satu halaman ke halaman lainnya dalam satu website yang sama. Anda perlu menghubungkan satu konten dengan konten lainnya melalui internal link untuk membantu Googlebot dalam memahami konteks serta hubungan antara halaman di website.

Internal link berkaitan dengan anchor text yang  berisi link berkaitan, gunakan kata-kata yang memberikan nilai bagi pembaca, karena kata anchor text yang salah akan berdampak buruk terhadap SEO.

 

8. Dapatkan Backlink yang Berkualitas

Backlink merupakan sebuah link yang terdapat pada suatu website lain yang mengarah ke website anda. Backlink memiliki peran penting dalam indexing, karena Google menemukan halaman website melalui backlink. Sehingga, jika anda mendapatkan banyak backlink berkualitas dari banyak website, maka akan semakin mudah Google menemukan website anda.

Berikut cara untuk mendapatkan backlink berkualitas

  • Sediakan konten yang berkualitas.
  • Mencari tahu strategi backlink kompetitor menggunakan tools Open Site Explorer, Ahrefs, Majestic SEO, OpenLinkProfiler, atau SEO Spy Glass.
  • Manfaatkan website direktori.
  • Buat konten link bait.
  • Silahkan ikuti berbagai forum diskusi agar banyak orang yang mengenal website anda.

 

 

 

 

0 Shares