Apa itu Cloud Hosting?

Sebagian besar orang awam  tidak mengerti apa yang dimakasud dengan Cloud Hosting. Bahkan ada yang baru pertama kali mendengar kata tersebut. Sebenarnya seberapa penting Cloud Hosting tersebut untuk keperluan kita. Mari kita pelajari lebih lanjut tentang Cloud Hosting serta kegunaanya.

Pengertian Cloud Hosting adalah suatu layanan teknologi dengan layanan yang terhubung dengan banyak server yang saling berinteraksi satu sama lain dan saling berbuhungan. Cloud Hosting ini dapat menjadi solusi terbaik untuk kita yang menginginkan kemudahan Share Hosting dengan resource dedicates seperti Virtual Private Server (VPS).

Jadi Cloud Hosting itu tipe web yang digunakan untuk menyeimbangkan beban (load) dan mengoptimalkan jam kerja server (uptime). Daripada menggunakan single server, website akan mengakses cluster yang memanfaatkan resource dari pool terpusat. Jika salah satu server down maka server lain tidak akan gagal atau tetap berfungsi dan berjalan. Hal tersebut membuat uptime Cloud Hosting cenderung tinggi karena server saling mem-backup Semakin banyak mesin yang terhubung dengan jaringan maka  semakin besar resource yang di tambahkan ke cloud secara keseluruhan.

Perlukah Cloud Hosting?

Cloud Hosting jika seperti itu perlukah? Tentu saja perlu, keberadaannya membuat kita dipermudah jika sewaktu-watu terjadi kendala dengan server lain. Teknologi ini memungkinkan kita memiliki resource yang tidak terbatas (Unlimited Bandwidth), sehingga website yang memiliki  trafik yang tinggi dan akan stabil serta dapat di up dengan resource yang unlimited tersebut.

Cloud Hosting ini memiliki batasan karena kita harus berbagi dengan resource pengguna lain. Sehinga menggunakan teknologi ini cocok buat kita dalam skala kecil sampai menengah. Jadi pentingkan Cloud Hosting ini karena Cloud Hosting adalah shared hosting seperti VPS. Karena proses pengelolaan Cloud Hosting sama dan mudah seperti layanan web hosting yang sering kita gunakan tetapi memiliki kualitas dan resource setara dengn VPS.

Alasan Mengapa Kita membutuhkan Cloud Hosting

  1. Mampu Manampung Trafik Masif

Teknologi Cluster yang diterapkan pada Cloud Hosting memungkinkan menampung trafik yang masif. Teknologi ini memungkinkan server dapat diakses ribuan bahkan jutaan orang secara bersamaan. Jika salah satu overload maka akan dibagi dengan server lain yang disebut back-up resource.

  1. Performa Tinggi dan Aman

Keunggulan dari layanan ini adalah memiliki berbagai macam fitur unggulan yang dapat membantu mebangun website menggunakan arsitektur handal. Pengembangan mudah menambahkan resource saat trafik tinggi dan mengurangi ketika trafik sudah mulai normal kembali.

Penyedia layananan cloud hosting memiliki masalah keamanan seperti penyadapan jaringan, invansi illegal, dan penyalahgunaan data. Layanan ini juga menawarkan keamaan dan kerahasiaan data, control akses data dan integritas data. Selain itu juga menambah alogaritma enkripsi untuk melindungi data pribadi dan privasi.

  1. Kemudahan Manajemen (Full Managed)

Manajemen yang digunakan dalam cloud hosting yaitu dengan control panel, sehingga tidak perlu melakukan berbagai macam pengaturan.

Full Managed artinya segala konfigurasi dan pengelolaan server yang dilakukan oleh tim dari penyediaan layanan cloud hosting. Kita dapat menggunakan fitur Auto Installer  untuk menginstall dan mengkonfigurasi website dari awal hingga akhir

Rate this post