HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Apa itu DNS? Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangannya

DNS (Domain Name System) adalah suatu sistem yang berfungsi sebagai tempat menyimpan informasi tentang nama host atau domain dalam suatu jaringan komputer. DNS memudahkan pengguna internet untuk memasukkan nama domain suatu website di internet. Tanpa DNS, pengguna internet harus memasukkan alamat IP yang terdiri dari 10 nomor yang tidak berulang sehingga sulit untuk diingat.

Nah, selain mempermudah pengguna internet dari keharusan mengingat alamat IP, DNS juga memiliki beberapa fungsi lain, diantaranya:

Fungsi DNS

Fungsi DNS adalah penyedia alamat IP ke berbagai host dan untuk mencari alamat host. Kamu dapat menggunakan DNS untuk mengidentifikasi alamat IP dari berbagai host. Dengan adanya DNS, alamat IP, alamat domain, dan alamat host dapat diketahui secara lengkap.

DNS juga sangat penting untuk mail server. Dengan adanya DNS, semua e-mail masuk dan keluar bisa dimonitor aktivitasnya. Bahkan, DNS juga menyimpan dan mencatat semua data dari proses masuk dan keluarnya semua e-mail. Selain itu, DNS juga memudahkan komputer untuk mengidentifikasi alamat website gratis. Komputer dapat secara langsung mengidentifikasi alamat IP suatu website dan sebaliknya.

Singkatnya, DNS akan menerjemahkan alamat host menjadi alamat IP yang lebih mudah dipahami komputer. Saat pengguna mengakses salah satu alamat website, perangkat yang terhubung dengan internet akan segera mengirim permintaan ke alamat IP tujuan dengan menggunakan DNS yang telah ditentukan oleh ISP. Jika server DNS yang disediakan oleh ISP tidak mengetahui alamat IP dari website tersebut maka server DNS akan segera melakukan query ke salah satu root DNS server. Setelah itu, DNS ISP akan segera menerima dan menyimpan data tentang alamat IP yang diterima dari root DNS. Informasi alamat IP yang baru diterima diteruskan ke perangkat yang terhubung ke nternet tadi oleh DNS ISP. Dengan begitu, DNS akan memberikan alamat IP ke perangkat dan browser pada perangkat akan terhubung lke halaman website yang dituju.

DNS juga dapat mempengaruhi kecepatan akses internet. Proses query biasanya hanya memerlukan waktu sepersekian detik, namun dapat menjadi memakan waktu beberapa menit, dan proses query bisa gagal jika ada masalah teknis dari DNS. Tentu hal tersebut sangat merugikan bagi pengguna internet saat akan melakukan pembayaran online atau mengirimkan pesanan.

Kelebihan menggunakan DNS

DNS (Domain Name System) adalah sistem yang menerjemahkan alamat IP (Internet Protocol) ke dalam nama domain, begitu pun sebaliknya. Beberapa kelebihan dari komputer yang menggunakan DNS, yaitu:

  • Memudahkan akses ke website: DNS memungkinkan komputer mengakses website dengan nama domain yang mudah diingat sehingga lebih mudah dibandingkan harus mengingat alamat IP yang panjang dan rumit.
  • Mengurangi beban server: DNS mengurangi beban server dan meningkatkan kinerjanya karena server tidak lagi harus memberikan semua alamat IP yang terdaftar di jaringan.
  • Mempercepat akses ke website: DNS dapat mempercepat akses ke website dengan menyimpan data alamat IP dari website yang sering diakses ke dalam cache sehingga komputer tidak perlu mengalihkan alamat IP setiap kali pengguna mengakses website tersebut.
  • Menyediakan fitur tambahan: DNS menyediakan fitur tambahan, seperti pembagian beban dan pemetaan nama domain ke alamat IP yang berbeda sehingga dapat meningkatkan keamanan dan kinerja jaringan.
  • Mengurangi kesalahan penulisan alamat: DNS memungkinkan komputer mengakses website dengan nama domain yang mudah diingat sehingga mengurangi kesalahan penulisan alamat yang dapat menyebabkan kegagalan akses ke website.

Kekurangan menggunakan DNS

Beberapa kekurangan dari menggunakan DNS adalah sebagai berikut:

  • Tergantung pada jaringan internet: Penggunaan DNS tergantung pada jaringan internet yang tersedia. Jika jaringan internet tidak tersedia atau terputus, komputer tidak akan dapat mengakses website melalui nama domain.
  • Dapat menimbulkan masalah keamanan: DNS mudapat menajdi celah keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menyerang jaringan.
  • Dapat menyebabkan gangguan layanan: Jika terjadi gangguan pada server DNS atau jaringan internet maka penggunaan DNS dapat menyebabkan gangguan layanan yang dapat mempersulit akses website.
  • Diperlukan biaya tambahan: Menggunakan DNS biasanya memerlukan biaya tambahan, terutama jika ingin memanfaatkan fitur tambahan, seperti pembagian beban atau pemetaan nama domain ke alamat IP lain.
  • Membutuhkan lebih banyak waktu: Menggunakan DNS biasanya membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan menggunakan alamat IP langsung karena memerlukan proses pengalihan alamat IP  pada server DNS.

Nah, itulah beberapa fungi, kelebihan, dan kekurangan dari DNS. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

19 hours ago

Solusi Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Siapa pun yang mengelola website perlu mengetahui cara mencari kata kunci untuk meningkatkan traffic ke…

21 hours ago

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi.…

3 days ago

Belajar Tahap Marekting dengan AIDA

Pernahkah Anda mendengar konsep yang disebut AIDA? Mungkin kata ini masih asing bagi mereka yang…

3 days ago

Apa itu Software Engineering? Pengertian, Elemen, dan Model Pengembangannya

Di era teknologi saat ini, kebutuhan akan komputer dan perangkat komputer tentu saja semakin bertambah,…

4 days ago

Berbagai Cara Simple Atasi ERR_CONNECTION_CLOSED!

Jika Anda sedang sibuk membuka website atau mencari informasi dengan terburu-buru dan menemui error ERR_CONNECTION_CLOSED,…

4 days ago