Saat anda membangun sebuah bisnis online, dipastikan anda akan memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi. Produk anda yang ada di website akan dishare di sosial media milik anda, misalnya facebook, twitter, instagram, dan lainnya.

Saat anda melakukan promosi di media sosial, anda perlu berhati-hati agar tidak melakukan kesalahan. Anda harus menghindari kesalahan yang sering dilakukan oleh marketers di media sosial yang akan berdampak buruk untuk keberlangsungan bisnis anda.

Berikut ini beberapa kesalahan di media sosial yang perlu anda hindari, antara lain:

1. Hanya membagikan konten tentang produk saja

Media sosial digunakan dengan tujuan untuk menyampaikan informasi tentang produk kepada pembaca/pelanggan. Postingan yang isinya tentang produk terus menerus akan membuat bosan para pembaca. Disarankan saat memposting produk diselingi dengan tips dan informasi lainnya yang berkaitan dengan produk.

2. Mengabaikan pelanggan

Media sosial menjadi tempat untuk pelanggan dapat berkomunikasi dengan pemilik bisnis atau pedagang. Anda usahakan jika ada komentar yang masuk, agar anda segera membalasnya. Semakin cepat anda merespon pelanggan, maka kredibilitas anda akan semakin meningkat. Namun jika anda mengabaikan komentar atau pertanyaan dari pelanggan dan membiarkan pelanggan berlama-lama dalam kondisi kebingungan, bisa jadi mereka akan kabur dan memilih kompetitor anda.

3. Jarang update konten ke media sosial

Akun remis media sosial milik anda harus sering muncul di hadapan khalayak untuk meraih awareness. Postingan anda di media sosial harus selalu update. Jangan sampai anda berikan jeda yang terlalu jauh antara satu postingan dengan postingan lainnya. Cukup satu sekali sehari agar pengikut anda semakin aware dan bertambah.

4. Tidak melakukan pendekatan dengan follower

Media sosial tidak hanya untuk beriklan tentang produk saja. Tetapi media sosial juga sebagai media untuk membangun hubungan dekat dengan pelanggan. Anda juga perlu memahami kebutuhan mereka, menggali insight, dan berusaha mewujudkan apa yang mereka butuhkan.

5. Sering salah eja dalam penulisan

Sedikit saja anda melakukan kesalahan dalam penulisan di media sosial akan berdampak buruk untuk bisnis anda. Misalnya kesalahan penulisan bahasa asing atau penulisan yang tidak sesuai dengan EYD. Penulisan kata atau kalimat yang benar akan menunjukkan profesionalitas dan membangun kredibilitas bisnis anda.