SEO merupakan hal yang sangat penting untuk sebuah situs website. SEO yang optimal pada situs akan menaikakn peringkat di mesin pencarian dan  mendatangkan pengunjung yang banyak. Namun ada beberapa kesalahan yang bisa dilakukan oleh pengguna pemula WordPress. Bagi anda yang masih baru dalam penggunaan WordPress, berikut ini kesalahan SEO yang harus anda hindari di WordPress.

  • Tidak Mengoptimalkan URL Untuk SEO

URL yang sesuai dengan judul dan mengandung kata kunci, maka dapat membantu anda dalam menaikan peringkat pada mesin pencarian. Saat menggunakan WordPress, anda hanya perlu melakukan perubahan pada pengaturan permalink. Setelah itu anda dapat memodifikasi URL pada bagian bawah judul dan disesuaikan dengan keinginan anda.

  • Tidak Membuat XML Sitemap

Sebuah sitemap adalah file XML, yang memiliki daftar URL untuk situs. Dengan bantuan sitemap, maka webmaster tools dapat membuat lebih mudah untuk mesin pencari dalam menjelajahi situs dengan lebih mudah dan efisien. Disarankan agar anda membuat XML Sitemap untuk memaksimalkan situs anda di mesin pencarian.

  • Tidak Membuat Kategori Dan Tag Dengan Benar

Memiliki posting web tanpa tag dan kategori bisa mengakibatkan situs anda kehilangan peringkat di mesin pencari. Pada WordPress mudah untuk membuat tag dan kategori, jadi harus anda manfaatkan. Menggunakan kategori dan tag yang tepat di blog dan artikel akan mendorong pembaca untuk menjalajahi melalui seluruh isi website.

  • Tidak Menyiapkan Google Authorship

Ada dua keuntungan jika anda menggunakan google authorship. Pertama, dapat digunakan untuk promosi merek anda karena penunjung dapat melihat gambar selain artikel anda.  Kedua, jika konten anda terlepas dari platform maka tetsp terhubung dengan nama anda.

  • Link Eksternal Yang Tidak Relevan

SEO akan memperhatikan link yang anda miliki ke situs lain dan membandingkan isi tematik untuk memastikan bahwa ada keterkaitan. Oleh karena itu penting untuk melihat link eksternal sebelum posting karena link tersebut harus sesuai dengan isi artikel anda.

  • Kurangnya Backlink Yang Berkualitas

Backlink pada situs anda digunakan untuk menilai seberapa populernya situs anda pada mesin pencari. Backlink yang berkualitas buruk akan memberikan kesan yang buruk pula untuk situs anda di mesin pencarian.

  • Tidak Mengupdate WordPress

Anda harus rutin mengupdate WordPress ke versi baru. Dengan mengupdate WordPress ke versi baru, maka anda akan mendapat keuntungan dari fitur-fitur seperti peningkatan keamanan dan yang lainnya. Jika anda tidak melakukan update maka situs anda akan sangat berisiko menjadi rentan dan tidak berfungsi secara optimal. Melakukan update WordPress sangat mudah, anda harus melakukannya setiap WordPress memberikan notifikasi update pada dashboard anda.

  • Tidak Menginstal Plugin SEO WordPress

Ada beberapa plugin seperti WordPress SEO by Yoast dan plugin All in One SEO, yang memiliki keunggulan luar biasa untuk mengoptimasi situs anda. Masing-masing plugin ini dapat membantu mengoptimalkan SEO situs anda dengan cara berbeda. Anda harus memilih salah satunya dengan bijaksana berdasarkan kebutuhan anda.

  • Tidak Mengupdate Konten Secara Teratur

penting untuk meninjau konten lama di situs anda dan memastikan konten tersebut up to date. Pastikan bahwa konten tersebut relevan untuk pengunjung di masa sekarang dan anda punya cukup kepedulian dengan pengunjung dengan mengupdate konten anda.

  • Pengisisan Kata Kunci

Perlu anda pahami bahwa isian kata kunci haruslah dengan tepat dan tidak memasang kata kunci secara berlebihan yang dapat mengakibatkan situs anda mendapatkan hukuman dari mesin pencari.

 

0 Shares