Hosting atau webhosting merupakan suatu infrakstruktur yang digunakan untuk menyimpan data dari website atau aplikasi lainnya sehingga mudah untuk diakses melalui internet. Hosting mempunyai kapasitas yang dapat digunakan sesuai kebutuhan website atau aplikasi tersebut. Secara sederhana hosting merupakan rumah dari sebuah website yang didalamnya tedapat banyak poperti (data).

Hosting mempunyai beberapa manfaat, antara lain:

  1. Penyimpanan data secara praktis

Salah satu layanan domain hosting murah adalah web hosting yang dapat memberikan manfaat sebagai solusi penyimpanan data yang praktis. Adanya web hosting semua data penunjang yang berhubungan website akan dikumpulkan dalam satu wadah sehingga membuat ruang penyimpanan menjadi lebih hemat, serta dalam penggunaannya juga sangat mudah karena dapat diakses kapan saja menggunakan internet.

  1. Konstumisasi yang mudah

Layanan hosting dapat memberikan kenyamanan kepada setiaqp pengguna karena memiliki kostumisasi yang mudah dikelola melalui cPanel. cPanel ini dapat digunakan untuk mengatur dan menambah fitur-fitur yang diinginkan.

  1. Hemat waktu dan tenaga

Penyedia jasa layanan hosting akan membantu dalam mengelola server serta dapat membantu memfasilitasi dalam memasarkan produk melalui website sebagai media online, sehingga para pembeli tidak perlu mengunjungi toko. Hal ini dapat menghemat waktu dan tenaga.

  1. Menghemat anggaran

Dengan adanya layanan hosting kita tidak perlu mengeluarkan dana besar untuk membeli banyak media penyimpanan.

  1. Pelestarian alam

Dengan adanya hosting dapat menghemat penggunaan kertas atau alat lainnya yang biasanya digunakan untuk menyebarkan informasi ke banyak orang, sehingga dapat diganti dengan menyebarkan informasi melalui perangkat elektronik yang jauh lebih mudah, cepat, dan ramah lingkungan. Dalam hal ini kita dapat berpartisipasi mengikuti program pelestarian alam.

Dalam menentukan jasa layanan hosting tidak dapat dilakukan dengan sembarangan agar tidak merugikan anda sendiri. Anda harus benar-benar teliti dalam menentukan penyedia jasa layanan hosting.

Berikut ciri-ciri web hosting yang baik:

a. Dapat memberikan jaminan

Sebaiknya pilih web hosting yang memberikan jaminan dimana kita dapat selalu mengakses situs web kita kapan saja dan dalam kondisi apapun.

b. Web hosting yang mudah digunakan

Web hosting yang mudah digunakan sangat membantu para pengguna karena tidak dipersulit dalam menggunkannya.

c. Tersedia control panel (cPanel)

Web hosting yang baik akan menyediakan cPanel pada situs web kita yang dapat digunakan untuk login ke akun kita kapan saja serta kita dapat menambahkan beberapa fitur-fitur dalam situs web kita.

d. Tersedia akses menuju traffic log

Akses menuju traffic log digunakan untuk mencatat semua pengunjung situs web anda.

e. Kapasitas yang memadai

Web hosting yang baik akan menyediakan kapasitas penyimpanan yang memadai sesuai dengan kebutuhan situs web kita, sehingga kita dapat dengan leluasa mengisi dan mendesain situs web yang dimiliki.