Sebagai pengguna WordPress yang menjadikan tempat ini sebagai lahan untuk menumpahkan segara inspirasinya lewat tulisan, terkadang memiliki artikel yang sangat panjang yang harus ditulis. Padahal Anda ingin menjabarkan semuanya diartikel agar tuntas. Alih-alih ingin menulis semuanya malah bisa membuat pembaca Anda meninggalkan website Anda karena terlalu panjang. Maka dari itu Anda harus membuat solusi agar pembaca dapat bertahan di website Anda.

Salah satu solusinya yaitu dengan membuat next page di WordPress. Lalu bagaimana cara membuat next page ini. Mungkin diantara Anda sudah banyak yang bisa, namun tidak ada salahnya jika dalam artikel ini membahas cara untuk membuat next page pada WordPress.

Membuat next page terdapat dua cara yaitu dengan menggunakan kode dan menggunakan plugin.

Membuat next page dengan kode

  • Silahkan buka text editor WordPress

  • Silahkan pilih bagian artikel yang ingin dipotong. Sebagai contoh berikut ini

  • Kemudian letakkan kode <!—nextpage–> pada artikel yang ingin Anda potong

  • Selanjutnya jika Anda membuka visual editor WordPress akan muncul tampilan berikut ini

  • Jika sudah maka Anda telah berhasil membuta next page di WordPress Anda.
  • Silahkan Anda tekan tombol 1 2 atau 3 untuk mengeceknya.

 

Membuat next page dengan plugin

Dengan menggunakan plugin itu artinya Anda tidak perlu memasukkan kode untuk membuat next page. Banyak beberapa kelebihan jika Anda ingin membuat next page dengan plugin salah satunya Anda dapat membuat gaya tombol next sesuai dengan keingingan Anda.

Berikut beberapa plugin yang dapat Anda gunakan untuk membuat next page

  • Pagination for Post

Menggunakan pluin ini akan Anda dapat menambahkan judul, menghilangkan angka dan menggatinya menjadi Next/Previous. Anda juga dapat mengubah tombol next page dengan menggunakan gambar. Plugin ini memiliki versi gratis dan versi pro.

 

  • WP Paginate

Plugin ini menyediakan fitur yang dapat membagi comment section menjadi beberapa halaman. Plugin ini cocok bagi Anda yang banyak mendapatkan komentar di blog sehingga pada bagian komentar akan telihat lebih rapi.

 

  • WP-Page Navi

Plugin ini merupakan yang terpopuler dibandingkan dengan yang lain. Plugin ini dapat berjalan di semua versi WordPress dan pada berbagai tema WordPress,

  • Alphabetic Paginator

Plugin in sangat kompatibel dengan WooCommerce. Menggunakan plugin ini akan memungkin Anda untuk membagi artikel menjadi beberapa halaman yang diurutkan berdasarkan alphabet. Plugin ini lebih cocok digunakan oleh Anda yang memiliki toko online agar dapat membuat produknya terlihat lebih rapi di toko onlinenya.

 

 

Diatas meruapkan sedikit cara untuk membuat next page pada WordPress yang dapat Anda lakukan. Semoga dapat memberikan ilmu dan wawasan yang lebih untuk Anda. Dapat berguna untuk trafik website Anda serta menjadikan website Anda menjadi lebih professional.

 

Terimakasih

 

Semoga Bermanfaat 😀